Comscore Tracker

7 Cara Jitu Introvert Bisa Cepat Akrab dengan Orang Baru

Nomer 3 jitu banget!

Memulai percakapan dengan orang baru mungkin jadi hal yang biasa atau bahkan mudah dilakukan. Namun hal ini tak berlaku sama bagi para introvert. Suka menikmati waktunya seorang diri, para introvert cenderung menutup diri dari orang lain.

Namun sebenarnya ada 7 cara sederhana kok yang bisa dicoba. Dijamin para introvert jadi mudah membangun percakapan dengan orang lain.

1. Pertahankan kontak mata dan temukan kepercayaan dirimu di sana

7 Cara Jitu Introvert Bisa Cepat Akrab dengan Orang BaruUnsplash/Christin Hume

Langkah pertama, pertahankan kontak mata dengan lawan bicara. Jangan takut atau malah merasa terintimidasi. Ketika kamu berhasil mempertahankan kontak mata, kamu bakal lebih merasa percaya diri dari sebelumnya. Selain itu, mempertahankan kontak mata adalah tanda kamu memposisikan diri setara dengan lawan bicara.

2. Gak perlu khawatir orang lain bakal gak tertarik dengan gaya bicaramu, katakan saja apa yang memang ingin kamu katakan

7 Cara Jitu Introvert Bisa Cepat Akrab dengan Orang BaruUnsplash/Matthew Henry

Buang jauh-jauh kekhawatiran ini. Justru ketakutan ini yang bakal membuatmu takut berbicara. Katakan saja apa yang memang ingin kamu katakan dan jangan memikirkan tanggapan orang lain.

3. Temukan momen "Aku juga lho" dalam percakapan kalian

7 Cara Jitu Introvert Bisa Cepat Akrab dengan Orang BaruUnsplash/Priscilla Du Preez

Momen ini penting untuk membuat percakapan lebih seru. Temukan momen 'aku juga' ketika kamu berbincang dengan lawan bicara. Misalnya saja dia memiliki hobi sepakbola yang sama denganmu atau memiliki pengalaman yang sama. Selain obrolan makin lancar, kamu dan dia jadi menemukan perasaan 'senasib' yang bisa membuat hubungan makin akrab.

4. Tanya pendapat orang yang kamu ajak bicara untuk membangun percakapan

7 Cara Jitu Introvert Bisa Cepat Akrab dengan Orang BaruUnsplash/Cole Hutson

Menanyakan pendapat lawan bicara penting untuk dilakukan. Selain membuat percakapan lebih mengalir dan berjalan seimbang, kamu juga bisa mendapatkan waktu 'istirahat' sejenak. Tentunya berbicara di depan orang lain membuat para introvert harus memiliki effort lebih. Nah, momen mendengarkan si lawan bicara ini bisa jadi momen untuk mengambil jeda sejenak.

Baca juga: Introvert Harus Bangga, Ini 7 Alasan Kenapa Mereka Itu Lebih Produktif

5. Beri perhatian penuh dan jangan terdistraksi pada gadget

7 Cara Jitu Introvert Bisa Cepat Akrab dengan Orang BaruUnsplash/Joshua Ness

Kamu pasti ingin kan jika si lawan bicara memberi perhatian penuh dan tertarik pada pembicaraanmu? Lakukanlah hal yang sama kepadanya. Beri perhatian penuh dan jangan biarkan gadget jadi distraksi karena bisa menyinggung si lawan bicara.

6. Sesekali beri pujian pada lawan bicara

7 Cara Jitu Introvert Bisa Cepat Akrab dengan Orang BaruUnsplash/Felix Russell-Saw

Siapa sih yang tak suka dipuji? Hampir setiap orang suka dipuji karena kelebihannya disoroti. Nah, kamu bisa melakukan teknik ini. Sesekali pujilah si lawan bicara dengan porsi yang sewajarnya. Dia pasti bakal merasa dihargai dan dia juga akan melakukan hal yang sama padamu.

7. Jika sudah kehabisan cara, cari kesamaan minat atau hobi

7 Cara Jitu Introvert Bisa Cepat Akrab dengan Orang BaruUnsplash/Andrea Tummons

Jika kamu merasa stuck dan tak bisa menemukan topik pembicaraan yang pas, lakukanlah hal ini. Cari kesamaan minat, hobi, film, musik, atau apapun. Cari benang merah di antara kalian. Dijamin topik pembicaraan bakal ada dengan sendirinya dan berjalan mengalir.

Sudah siap mempraktekkan 7 hal di atas? Jika kamu punya tips lainnya, jangan malu untuk membagikannya di kolom komentar ya!

Baca juga: 6 Cara Ampuh Introvert Bisa Percaya Diri Berbicara di Depan Umum

Topic:

Just For You