Comscore Tracker

6 Hal yang Harus Diingat Saat Masih Tinggal dengan Orangtua di Usia 25

Bertanggungjawab pada kebutuhan bulananmu sendiri!

Tak semua orang memiliki kesempatan untuk merantau. Ada beberapa yang masih hidup dengan orang tua meski usia sudah makin dewasa. Tentu orangtua tak akan keberatan ketika anak-anaknya masih tinggal dengan mereka.

Namun, kamu sendiri juga harus memiliki batasan yang jelas sehingga nantinya gak jadi beban orangtua. Kira-kira apa sih batasan yang harus diingat?

1. Wajib menyisihkan pendapatan untuk orangtua

6 Hal yang Harus Diingat Saat Masih Tinggal dengan Orangtua di Usia 25imdb.com

Kamu wajib menyisihkan pendapatan untuk ayah dan ibu. Entah untuk menambahi tabungan hari tua mereka atau kamu ikut membayar asuransi kesehatan mereka. Ingat, sekarang adalah tugasmu untuk merawat mereka yang usianya makin senja.

2. Usahakan untuk membiayai kebutuhan bulananmu sendiri

6 Hal yang Harus Diingat Saat Masih Tinggal dengan Orangtua di Usia 25imdb.com

Kamu memang hidup dengan orangtua. Namun bukan berarti kamu bisa bebas menggunakan fasilitas rumah. Ingat, usiamu sudah dewasa, kamu seharusnya bertanggung jawab atas kebutuhanmu sendiri. Seperti makan, kebutuhan mandi, hingga listrik dan air yang kamu pakai.

3. Berkontribusilah pada kebutuhan rumah tangga

6 Hal yang Harus Diingat Saat Masih Tinggal dengan Orangtua di Usia 25Photo by Saeed Adyani

Kamu memang hidup di rumah orang tua tanpa perlu membayar, namun kamu wajib tahu diri. Ikutlah berkontribusi untuk meringankan pengeluaran rumah tangga. Misalnya saja kamu yang menanggung biaya listrik, air, atau internet tiap bulannya.

Baca juga: Coba Introspeksi Diri, 7 Gejala Sifat Kompetitifmu Mulai Kebablasan

4. Selalu luangkan waktu untuk meringankan beban ayah dan ibu di rumah

6 Hal yang Harus Diingat Saat Masih Tinggal dengan Orangtua di Usia 25movpins.com

Mungkin kamu sudah punya banyak aktivitas dan pekerjaan lain, namun jangan lantas lupa waktu. Selalu luangkan waktu untuk meringankan beban ayah dan ibu di rumah. Salah satu keuntunganmu yang masih tinggal di rumah adalah, kamu bisa sering bertemu mereka dan meringankan beban orangtua secara langsung.

5. Menolak secara halus uang saku dari orangtua

6 Hal yang Harus Diingat Saat Masih Tinggal dengan Orangtua di Usia 25newslab.ru

Ada orangtua yang masih memberikan uang saku kepada anak-anaknya meskipun mereka sudah dewasa. Kamu harus menolak secara halus pemberian mereka ini. Tegaslah pada diri sendiri dan keluarlah dari zona nyaman. Jika kamu masih bergantung terus pada orangtua, kapan kamu bisa mandiri?

6. Jangan sedikit pun menyusahkan ayah maupun ibu

6 Hal yang Harus Diingat Saat Masih Tinggal dengan Orangtua di Usia 25vogue.com

Masih tinggal di rumah orangtua adalah berkah sendiri karena kamu gak perlu membayar uang kos dan bisa berhemat. Namun jangan menambah beban ayah dan ibu dengan keberadaanmu di rumah. Justru kamu harus bisa meringankan pekerjaan mereka.

Gimana, ada hal yang tanpa sadar masih sering kamu lakukan?

Baca juga: 7 Cara Membahagiakan Ibu Meski Sampai Sekarang Kamu Belum Mapan

Topic:

Berita Terkini Lainnya