Comscore Tracker

Catat Nih! 5 Hal Ini Bisa Kasih Tahu Kalau Lawan Bicaramu Nggak Jujur

Lidah memang bisa bohong, tapi yang ini belum tentu

Salah satu hal penting yang harus ada setiap kali kita menjalin kerjasama atau bahkan hubungan sebagai pasangan adalah kepercayaan. Sayangnya, kepercayaan jadi barang langka karena berkata jujur jadi suatu hal yang cukup sulit dijaga konsistensinya sekarang. Nah kali ini IDN Times mau membahas beberapa hal yang harus diperhatikan buat ngebedain mana ucapan yang jujur dan yang bohong nih dari lawan bicaramu. Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Mulut bisa berbohong, tapi mata selalu ungkapkan kebenaran

Catat Nih! 5 Hal Ini Bisa Kasih Tahu Kalau Lawan Bicaramu Nggak JujurShutterstock/Narith Thongphasuk

Menurut ilmu fisiologi, salah satu anggota badan yang bisa menunjukkan apakah seseorang nggak jujur sama kamu adalah mata. Saat sedang berbicara dengan lawan bicaramu, coba deh perhatiin matanya, apakah dia berkedip terlalu cepat? Apakah ia sering menutup mata dalam durasi waktu yang lama? Karena jika iya, lawan bicaramu ini terindikasi berbohong dan sedang mencari-cari jawaban lainnya. Pernah bertemu orang yang seperti ini, guys?

2. Perhatikan bagian kelopak mata saat mereka tersenyum

Catat Nih! 5 Hal Ini Bisa Kasih Tahu Kalau Lawan Bicaramu Nggak JujurShutterstock/StudioByTheSea

Kamu mau lihat seberapa tulus orang yang tersenyum kepadamu? Coba perhatikan bagian kelopak mata di bagian atas. Jika ada lekukan dan muncul kerutan di sekitar sana, tandanya lawan bicaramu memang benar-benar tulus tersenyum untukmu. Nah, coba deh lebih peka lagi saat menerima senyum dari orang di sekitarmu.

3. Nggak panas tapi lawan bicara berkeringat

Catat Nih! 5 Hal Ini Bisa Kasih Tahu Kalau Lawan Bicaramu Nggak JujurShutterstock/aslysun

Salah satu bentuk respon tubuh lainnya adalah lewat keringat yang dikeluarkan tubuh terutama di bagian-bagian tertentu seperti dahi, wajah, hingga leher bagian belakang. Ini merupakan salah satu respon alami tubuh saat melakukan self-defense mechanism atau pertahanan diri di waktu-waktu kita merasa terdesak. Jadi jika lawan bicaramu tiba-tiba berkeringat padahal suhu ruangannya rendah, kamu patut berhati-hati ya.

4. Perhatikan bagaimana mereka bicara sama kamu

Catat Nih! 5 Hal Ini Bisa Kasih Tahu Kalau Lawan Bicaramu Nggak JujurShutterstock/Mentaldgt

Sebelumnya, penting banget nih buat tahu bagaimana lawan bicaramu bersikap dan berbicara sehari-hari. Setelah itu baru deh perhatikan beberapa indikasi ini seperti, apakah lawan bicaramu berbicara terlalu cepat atau bahkan jadi sangat berhati-hati dalam berbicara? Kalau iya, ada kemungkinan kalau dia sedang nggak berterus terang nih sama kamu. Alasannya bermacam-macam, bisa karena menghindar dari fakta tertentu hingga ingin sebar janji-janji manis. Wah, hati-hati ya!

Ngomong-ngomong soal janji manis, di antara banyak janji-janji manis yang ternyata jadi janji palsu, masih ada kok janji yang beneran. Kayak Janjji Pedes-nya Pop Mie! Nggak kayak janji palsu apalagi janji mantan, Janjji yang satu ini bakal bikin kamu ketagihan deh. 

Gimana nggak, Janjji Pedes dari Pop Mie ini ada dalam dua varian seru, yaitu Pop Mie Gledeek Goreng dan Dower Kuah. Oh iya, Pop Mie Pedes ini punya sensasi pedes yang lebih gurih, lebih nagih, dan tentu saja kamu bisa atur sendiri level pedesnya! Duh, kebayang nggak tuh nikmatnya Pop Mie Pedes pas banget nih buat ngebalikin mood kamu apalagi kalo habis dibohongin sama janji manis mantan. Nah, daripada “makan ati” gara-gara janji mantan, mendingan nikmatin Janjji Pedes-nya Pop Mie yang dijamin nagih!

5. Coba perhatikan gestur yang lawan bicara lakukan pada mulutnya

Catat Nih! 5 Hal Ini Bisa Kasih Tahu Kalau Lawan Bicaramu Nggak JujurShutterstock/Konontsev Artem

Terakhir, coba deh perhatikan bagian mulut lawan bicara kamu. Orang yang nggak berkata jujur seringkali mendapati bagian bibir mereka yang cenderung lebih cepat kering. Nafas yang tidak beraturan membuat bagian bibir menjadi lebih mudah kering. Akhirnya, orang yang berbohong akan lebih sering menekan area bibir hingga sesekali membasahi bagian bibirnya. Untuk gestur yang ini cukup terlihat kan?

Wah, ternyata macam-macam ya indikasi orang yang sedang nggak jujur saat berbicara dengan kita. Walau tetap butuh klarifikasi lebih lanjut dari lawan bicara, paling nggak sekarang kamu bisa berhati-hati biar nggak tertipu lagi sama janji-janji yang manisnya di depan aja, ok guys?

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya