Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini untuk Membangun Energi Positif Pagi Hari

Jadi siap on seharian

Kita harus menyambut pagi hari dengan suasana hati yang gembira. Sebab, keseluruhan hari kita tergantung dari bagaimana cara kita mengawali pagi.

Membangun energi positif di pagi hari akan sangat membantu kita untuk lebih produktif menjalani rutinitas sepanjang hari. Jadi, jangan lagi memulai pagi dengan malas-malasan, apalagi bersungut-sungut. Agar bisa semangat seharian, lakukan lima hal ini untuk membangun energi positif di pagi hari. 

1. Bersyukur dan berdoa

Lakukan 5 Hal Ini untuk Membangun Energi Positif Pagi Hariilustrasi berdoa (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Keindahan pagi hari adalah salah satu momen yang dapat kita nikmati. Oleh karena itu, kita patut bersyukur karena masih diberikan satu kesempatan lagi untuk menjalani hari yang penuh dengan berbagai peluang baik ini.

Terlebih lagi, rasa syukur bisa mendatangkan kedamaian bagi jiwa dan pikiran. Selain itu, kita juga dapat memanjatkan doa-doa agar segala aktivitas dan rencana kita hari ini dapat berjalan lancar, sesuai dengan yang kita harapkan. 

2. Sedikit berolahraga 

Lakukan 5 Hal Ini untuk Membangun Energi Positif Pagi Hariilustrasi jogging (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meskipun hari ini kamu akan menghadapi segudang kesibukan, sebisa mungkin tetaplah sempatkan diri untuk berolahraga ringan walau sebentar saja. Justru ini dilakukan agar rasa malasmu segera sirna, sehingga kamu bisa lebih berenergi ketika memulai sederet rutinitas harian.  

Melakukan olahraga ringan di pagi hari tak akan serepot yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu menyisihkan waktu kurang dari 15 menit. Jenis olahraganya pun cukup yang sederhana saja, seperti jogging santai berkeliling lingkungan rumah. 

Baca Juga: 7 Kebiasaan Pagi Hari Bikin Hidup Lebih Bahagia

3. Memilih menu sarapan sehat

Lakukan 5 Hal Ini untuk Membangun Energi Positif Pagi Hariilustrasi menyantap sarapan (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Kalau pagi-pagi saja sudah salah makan, bisa-bisa nantinya kamu tidak fokus seharian karena masalah pencernaan. Untuk mencegah itu terjadi, pilihlah menu sarapan yang sehat dan bernutrisi, jangan hanya asal mengenyangkan. 

Pastikan juga kamu tidak melewatkan sarapan karena sarapan ini penting untuk memastikan kamu punya cukup energi hingga jam makan berikutnya. Jangan sampai aktivitas penting jadi terganggu gara-gara perut yang keroncongan.

4. Menulis daftar kegiatan

Lakukan 5 Hal Ini untuk Membangun Energi Positif Pagi Hariilustrasi menulis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terkadang kita bingung dalam menentukan hal apa yang sebaiknya kita laksanakan terlebih dulu. Nah, untuk mengatasinya, cobalah menuliskan jadwal kegiatan yang hendak dikerjakan seharian ini. Dengan begini, tindakan dan langkah kita akan lebih terarah.

Supaya lebih mudah, kamu boleh mengurutkannya dari yang paling mendesak hingga yang dapat dikerjakan kapan saja.

Jika ingin lebih spesifik lagi, kamu juga bisa menambahkan detail tambahan, seperti target-target yang ingin kamu capai dari setiap jenis pekerjaan. Misalnya, membaca buku minimal sepuluh halaman.

5. Mendengarkan musik

Lakukan 5 Hal Ini untuk Membangun Energi Positif Pagi Hariilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Menyambut mentari pagi sambil mendengarkan lantunan musik favorit merupakan cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan suasana hati. Bahkan, penelitian juga menunjukkan bahwa kebiasaan mendengarkan musik di pagi hari dapat menurunkan kadar hormon kortisol, penyebab stres.

Kamu bisa mendengarkan musik sembari menjalankan aktivitas pagi yang lainnya, seperti saat menyantap sarapan, atau ketika berolahraga.

Mulai sekarang, jangan lagi menyepelekan rutinitas yang kamu lakukan di pagi hari karena hal ini bisa berdampak pada keseluruhan harimu. Memulai kebiasaan baru yang lebih positif memang terkadang sulit, tapi jangan pernah ragu untuk mencobanya. Semangat!

Baca Juga: Ternyata 5 Rutinitas Pagi Ini Bisa Bantu Kamu Semangat Kerja, Setuju?

Prasetya Buana Photo Verified Writer Prasetya Buana

Sedang belajar membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya