Comscore Tracker

7 Cara Hemat Ganti Suasana Rumah, Gak Bakal Bosan Saat WFH

Gak akan menguras kantong!

Selama masa pandemi ini, memang ada baiknya kamu lebih banyak menghabiskan waktumu di rumah aja. Tapi, tak dapat dipungkiri, rasa bosan sering menyerang jika terus-terusan berada di rumah.

Sebagai solusi dari rasa bosanmu itu, bagaimana kalau manfaatkan waktu luangmu untuk mengganti suasana rumah? Gak mesti mahal kok, coba saja ikuti 7 trik hemat ganti suasana rumah berikut ini. Biar kamu gak bosan saat harus di rumah saja!

1. Ganti tata letak furnitur di setiap ruang

7 Cara Hemat Ganti Suasana Rumah, Gak Bakal Bosan Saat WFHhttps://www.maisonsdumonde.com/

Cara paling sederhana untuk mengganti suasana rumahmu, tanpa perlu mengeluarkan uang sama sekali adalah dengan mengganti tata letak setiap furnitur. Misalnya, kamu bisa mengganti letak sofa, kursi, meja dan lemari yang ada di ruang tamu ke posisi yang berbeda dari sebelumnya. 

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan suasana yang baru dalam suatu ruang. Kamu juga bisa melakukannya pada kamar tidurmu ataupun ruangan lainnya. Biasanya sambil mengubah tata letak furnitur, otomatis kamu juga akan membersihkan ruangan tersebut. Sehingga, rumahmu akan ikut menjadi lebih bersih dan nyaman.

2. Tambahkan tanaman di setiap sudut ruangan

7 Cara Hemat Ganti Suasana Rumah, Gak Bakal Bosan Saat WFHhttps://www.urbanoutfitters.com/

Baik itu tanaman hidup atau sekadar tanaman artifisial, keduanya sama-sama bisa memberikan efek yang positif. Selain untuk mengubah suasana rumahmu menjadi lebih asri, tanaman yang diletakkan di dalam ruangan juga dapat meredakan stres dan membuat matamu menjadi lebih segar.

3. Pasang wallpaper pada dinding yang kosong

7 Cara Hemat Ganti Suasana Rumah, Gak Bakal Bosan Saat WFHhttps://www.etsy.com/

Alih-alih mengecatnya, kamu juga bisa mengganti dinding rumahmu dengan cara menempelkan wallpaper. Kamu bisa memilih warna atau motif sesuai selera. Kisaran harga dari wallpaper ini juga cukup terjangkau lho.

Biasanya, wallpaper ini banyak dijual di e-commerce atau toko-toko online yang ada di Instagram. Harganya pun beragam, mulai dari belasan hingga ratusan ribu, tergantung dari warna, motif dan juga ukurannya.

4. Buat DIY vision board untuk hiasan kamar kamu

7 Cara Hemat Ganti Suasana Rumah, Gak Bakal Bosan Saat WFHhttps://www.persnicketyprints.com/

Biar tambah semangat, kamu juga bisa membuat vision board sendiri. Sesuai namanya, vision board ini biasanya digunakan untuk menggambarkan visi hidupmu. Kamu bisa meletakkan foto tempat wisata yang ingin kamu kunjungi, foto orang-orang tersayang, atau kutipan motivasi yang dapat membangkitkan semangatmu.

Cukup letakkan vision board ini di dalam kamar. Dengan begitu, setiap pagi kamu pun akan lebih bergairah untuk memulai hari-harimu karena melihat vision board tersebut.

Baca Juga: Ini 5 Tipsnya agar Anak Gak Gampang Bosan dan Betah Main di Rumah

5. Buat dekorasi dinding yang colorful

7 Cara Hemat Ganti Suasana Rumah, Gak Bakal Bosan Saat WFHhttps://www.apartmenttherapy.com/

Biar suasana rumahmu jadi lebih hidup dan ceria, tak ada salahnya untuk membuat dekorasi dinding yang penuh warna. Kalau kamu jago menggambar atau melukis, coba saja pajang hasil karyamu di dinding.

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa mengambil gambar di internet dan mencetaknya. Atau jika masih punya cukup anggaran untuk mengubah dekorasi rumah, kamu bisa membeli dekorasi dinding yang penuh warna untuk diletakkan di ruang tamu atau ruangan lainnya.

6. Gunakan pembatas ruangan yang tampak natural

7 Cara Hemat Ganti Suasana Rumah, Gak Bakal Bosan Saat WFHwww.urbanoutfitters.com

Buat pecinta desain rustic ataupun eclectic, mungkin kamu akan suka dengan pembatas ruangan yang tampak natural seperti ini. Kamu bisa lho mencoba untuk membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumahmu.

Jika ingin membelinya, kamu dapat dengan mudah menemukannya di sejumlah toko online. Kisaran harganya pun beragam, tergantung dari kualitas dan bahannya. Rentang harganya dimulai dari puluhan ribu saja lho!

7. Tambahkan lampu LED

7 Cara Hemat Ganti Suasana Rumah, Gak Bakal Bosan Saat WFHhttps://www.etsy.com/

Lampu LED hias memang sangat cocok untuk mempercantik rumahmu. Kamu bisa meletakkannya di ruang keluarga, kamar tidur, atau bahkan di taman belakang rumahmu. Efek cahayanya bisa menambah kesan romantis lho.

Apalagi jika lampu LED disatukan dengan tanaman artifisial seperti pada gambar di atas. Jadi makin cantik, kan? Selain itu, harganya pun juga cukup murah. Untuk ukuran dua meter, harganya dimulai dari belasan ribu saja.

Nah, itu tadi cara hemat untuk mengganti suasana rumahmu. Jika kamu mau memanfaatkan kreatifitasmu, maka tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk mempercantik rumah. Jadi mau mencoba yang mana nih?

Baca Juga: 5 Cara Mengecat Rumah Agar Dinding Tampil Beda, Rumah Pun Bikin Betah!

Ahsani Rangkuti Photo Verified Writer Ahsani Rangkuti

Read, write and share!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya