Comscore Tracker

8 Bantuan yang Bisa Kamu Berikan Buat Teman yang Berusaha Move On!

Gak cuma sekadar kasih quotes bijak

Move on pasca putus cinta itu bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Terkadang kamu memerlukan bantuan orang lain untuk melakukannya. Bagaimana jika temanmu merasa kesulitan untuk move on? Sebagai teman yang baik, kamu sebaiknya membantu temanmu untuk bisa berhasil move on. Dilansir Her Campus dan Your Tango, inilah 8 bantuan yang bisa kamu berikan pada temanmu yang lagi berusaha untuk move on!

1. Adakan acara Girls atau Boys day out yang seru!

8 Bantuan yang Bisa Kamu Berikan Buat Teman yang Berusaha Move On!pexels/@wendywei

Orang yang habis putus cinta itu terkadang masih teringat-ingat dengan momen menyenangkan bersama mantan. Alhasil kenangan itu sukses bikin galau dan mellow. Alihkan perhatiannya dengan mengadakan girls/boys day out. Buatlah acara tersebut menjadi menyenangkan dan seru, supaya temanmu merasakan kebahagiaan.

Kegiatannya bisa datang ke festival, nonton konser, nonton film di bioskop, makan enak, dan lainnya sesuka kamu dan juga temanmu. Lagipula kamu dan temanmu mungkin sudah lama tidak melakukannya, karena si teman sibuk berkencan.

2. Bantu transformasi penampilannya

8 Bantuan yang Bisa Kamu Berikan Buat Teman yang Berusaha Move On!pexels/@multimediayreaccion

Seakan membuka lembaran baru, penampilan pun juga harus diubah. Ini adalah kebiasaan yang kerap dilakukan oleh mereka yang barusan putus cinta. Jika mantannya menyukai rambut hitam dan panjang, maka perubahan yang dilakukan biasanya berkebalikan dengan itu.

Bantulah temanmu untuk melakukan 'make over'. Bisa dengan ganti gaya rambut atau stylenya. Selain itu, kamu juga bisa menyemangati temanmu untuk olahraga. Biar badannya makin sehat dan segar. Mantannya pasti menyesal!

3. Ajak temanmu untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuannya

8 Bantuan yang Bisa Kamu Berikan Buat Teman yang Berusaha Move On!pexels/@josh-hild-1270765

Tidak cukup hanya penampilannya saja yang diubah. Jika selama ini temanmu terlalu sibuk berkencan, cobalah ajak dia untuk melakukan keterampilannya. Temanmu suka bermain skate? Coba ajaklah dia untuk kembali bermain skate. Mintalah dia untuk menekuni atau mendalami hobinya.

Selain melakukan keterampilan yang telah dikuasainya, kamu juga bisa mengajak teman untuk menjajal kemampuan baru. Kamu dan teman bisa mengambil kursus bahasa asing atau mengambil les merajut. Lumayan kan, putus cinta malah bikin kualitas diri jadi oke!

Baca Juga: 7 Tanda Gebetan Sudah Bosan sama Kamu, Mending Move On Aja

4. Dengarkan curhatannya dengan penuh perhatian dan kepedulian

8 Bantuan yang Bisa Kamu Berikan Buat Teman yang Berusaha Move On!pexels/@olly

Ada kalanya teman akan curhat, betapa sulit untuk mengabaikan mantannya. Sekalipun temanmu telah berusaha menghindar, namun terkadang tidak bisa secepat yang kamu bayangkan.Berusaha mengabaikan atau melupakan si mantan yang sudah melalui berbagai kejadian indah bersama, tidak mudah untuk dilupakan begitu saja.

Dengarkan saja curhatannya dengan penuh kasih sayang. Jangan keburu-buru menghakimi jika usaha yang dilakukan temanmu kurang maksimal. Jadilah pendengar yang baik dengan fokus mendengarkan dan melakukan kontak mata. Sesekali kamu mungkin perlu memeluk atau menepuk pundaknya. Ini akan membuat temanmu merasa dihargai dan disayangi.

5. Tawarkan bantuan untuk menjualkan barang pemberian mantan

8 Bantuan yang Bisa Kamu Berikan Buat Teman yang Berusaha Move On!pexels/@quang-nguyen-vinh-222549

Barang pemberian mantan itu jangan dibuang begitu saja. Cobalah untuk menawarkan bantuan untuk menjual barang pemberian mantannya. Apalagi jika barang yang diberikan oleh mantan cukup bagus atau bernilai tinggi. Kamu bisa membantu temanmu menjual boneka, tas, jam tangan, topi, kemeja atau apa pun hadiah yang diberikan mantan. Membersihkan kamar, kenangan dan dapat uang!

6. Ingatkan teman untuk tidak stalking kehidupan mantannya, baik secara langsung atau media sosial

8 Bantuan yang Bisa Kamu Berikan Buat Teman yang Berusaha Move On!unsplash/@thomholmes

Sesekali temanmu akan penasaran dengan kehidupan si mantan pasca putus dengannya. Sebenarnya tidak apa-apa, sih. Akan tetapi ini akan membuat proses move on menjadi lebih lambat. Ingatkan temanmu untuk tidak melakukan stalking media sosial si mantan. Kemudian kamu bisa mengalihkan perhatiannya dengan mengajak temanmu untuk melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

7. Kenalkan orang baru pada temanmu

8 Bantuan yang Bisa Kamu Berikan Buat Teman yang Berusaha Move On!pexels/ Buro Millennial

Berlagak seperti mak comblang? Boleh saja, kok. Kamu bisa mengenalkan temanmu kepada temanmu yang lain, khususnya lawan jenis. Akan tetapi jangan memaksa temanmu untuk segera berkenalan atau melakukan pendekatan.

Biarkan saja mereka saling mengenal dan menganalisa kecocokan masing-masing. Kalau bisa, kenalkan kepada semua temanmu. Meskipun tidak jadi pacar, namun bisa memperluas pertemanannya.

8. Peringatkan teman untuk tidak terburu-buru mencari pengganti. Takut hanya jadi pelampiasannya saja!

8 Bantuan yang Bisa Kamu Berikan Buat Teman yang Berusaha Move On!pexels/@adrienn-638530

Meski begitu, ingatkan pada temanmu untuk tidak terburu-buru mencari pacar pengganti. Apalagi jika tujuannya hanya untuk pamer kepada si mantan. Bahkan, temanmu bisa saja menganggap pacar pengganti sebagai pelampiasan saja. Katakan padanya bahwa cinta akan datang di saat yang tepat, dan tidak perlu terburu-buru untuk mencarinya. 

Daripada kamu hanya memberinya quotes bijak untuk move on, kamu juga bisa membantunya secara langsung dengan sebuah aksi!

Baca Juga: 7 Cara Move-On Ini Ampuh, Layak Coba Karena Sudah Teruji Secara Ilmiah

Topic:

  • Putri Aisya
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya