Comscore Tracker

10 Tips Supaya Fotomu Jadi Instagramable, Siap-Siap Dihujani Likes!

Siapa tahu bisa jadi selebgram?

Mengunggah foto di Instagram, bukan lagi sekadar pengganti album foto. Pengunggah foto lebih memperhatikan lagi akan foto yang ingin diposting. Tidak sembarang foto, namun hanya yang bagus dan terkesan bermakna saja.

Tujuannya untuk memperindah feed dan mendapatkan banyak like. Ada beberapa tips supaya foto yang kamu hasilkan, sangat pas untuk diunggah di Instagram. Dilansir dari laman Home BT dan Post Planner, ini lho 10 tips supaya fotomu jadi instagramable!

1. Mintalah pertolongan kepada temanmu yang pintar memotret

10 Tips Supaya Fotomu Jadi Instagramable, Siap-Siap Dihujani Likes!pexels/@jayberrytech

Ada dua pilihan ketika kamu ingin foto, yaitu mengandalkan diri sendiri (selfie) atau meminta bantuan orang lain. Ketika kamu meminta bantuan, terkadang kamu mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.

Ini jelas akan berbeda jika kamu meminta bantuan pada seseorang yang profesional, di mana ia sangat mahir memotret. Seorang fotografer tentu saja memiliki berbagai perlengkapan yang cukup canggih, sehingga akan membuat fotomu semakin bagus.

Jika tidak ada yang menolongmu dan kamu tidak bisa memotret dengan tanganmu sendiri, cobalah gunakan tripod! Ini sangat membantu, apalagi kalau kamu ingin foto OOTD.

2. Sesuaikan gayamu dengan lokasi foto. Jangan salah kostum!

10 Tips Supaya Fotomu Jadi Instagramable, Siap-Siap Dihujani Likes!pexels/@enginakyurt

Hal yang membuat sebuah foto tampak bagus adalah keserasian semua elemen di dalamnya. Hal yang kerap terlupakan adalah perpaduan antara lokasi foto dengan pakaian yang kamu kenakan.

Akan sangat penting untuk menentukan baju apa yang akan kamu pakai, dengan menyesuaikan tempatnya. Jika tempatnya di kafe, kamu bisa menggunakan gaya kasual dengan celana jeans.

Kamu bisa mengenakan dress ringan sebagai outfit untuk pantai. Jangan sampai salah kostum, ya!

3. Meskipun ada aplikasi beauty, tetaplah untuk memoles wajahmu dengan sedikit makeup

10 Tips Supaya Fotomu Jadi Instagramable, Siap-Siap Dihujani Likes!pexels/@kaboompics

Kecanggihan teknologi sudah menjamah dunia foto. Kamu bisa menemukan banyak sekali aplikasi beauty, di mana aplikasi ini akan membuatmu semakin cantik. Kamu bisa menambahkan eyeliner, lipstik atau mewarnai rambut.

Sekalipun sudah ada aplikasi edit, cobalah untuk tetap berdandan! Bagaimana pun, dandanan dari editan mungkin akan terlihat cukup jelas. Akan lebih aman jika kamu berdandan, namun ditambahkan sedikit efek dari aplikasi beauty.

Hal ini hanya untuk mempertegas makeup yang mungkin kabur atau tidak terlihat karena efek cahaya.

4. Bermainlah dengan sudut pencahayaan

10 Tips Supaya Fotomu Jadi Instagramable, Siap-Siap Dihujani Likes!pexels/@h-i-nguy-n

Jika kamu membaca buku mengenai teknik foto, maka kamu akan menemukan sebuah bab berisi teknik pencahayaan. Pencahayaan dalam foto adalah hal yang utama, seperti natural dari matahari, flash, golden hour ataupun pencahayaan tambahan.

Jenis pencahayaan ini harus kamu perhatikan. Selain itu, cobalah untuk mencari sudut cahaya yang pas. Meletakkan cahaya di samping dan di depan, akan memberikan efek yang berbeda pada foto. 

5. Gunakan bantuan lampu hias ketika memotret pada malam hari

10 Tips Supaya Fotomu Jadi Instagramable, Siap-Siap Dihujani Likes!pexels/@bertellifotografia

Perlu teknik tersendiri untuk dapat memotret dalam gelap. Salah satu tipsnya adalah dengan menggunakan bantuan cahaya dari lampu hias.

Cahayanya tidak terlalu terang, namun akan memberikan efek romantis. Jika menggunakan kamera ponsel, maka mungkin kamu perlu sedikit mengeditnya untuk mempertegas cahaya.

Baca Juga: 11 Foto Ini Jadi Bukti Situasi Absurd Memang Ada di Sekitar Kita, Duh!

6. Temukan sudut instagramable di tempat yang kamu kunjungi

10 Tips Supaya Fotomu Jadi Instagramable, Siap-Siap Dihujani Likes!pexels/@ronailson

Ada suatu tempat yang didesain khusus untuk terlihat Instagramable. Contohnya, kafe. Hampir di setiap sudutnya dirancang supaya bisa dijadikan tempat berfoto. Tak heran jika orang akan berdandan modis ketika pergi ke kafe untuk keperluan foto.

Padahal, kamu bisa menemukan sudut Instagramable di tempat yang mungkin kelihatannya tidak cukup bagus untuk berfoto. Temukan sudut tersebut, lalu dipadukan dengan teknik pengambilan gambar yang baik. Contohnya seperti foto di atas!

7. Manfaatkan aplikasi untuk mengedit foto

10 Tips Supaya Fotomu Jadi Instagramable, Siap-Siap Dihujani Likes!pexels/@matan-segev

Aplikasi edit foto berfungsi untuk menambahkan, melengkapi, atau mempertegas foto. Aplikasi tersebut memiliki banyak fitur, seperti pencahayaan, ketajaman, saturasi, dan sebagainya.

Sebelum kamu mengunggahnya di Instagram, cobalah untuk sedikit mengedit fotomu! Ada banyak aplikasi edit foto yang terkenal, seperti Adobe Photoshop, VSCO, Lightroom, atau Kuji.

8. Jangan lupa untuk memperhatikan komposisi

10 Tips Supaya Fotomu Jadi Instagramable, Siap-Siap Dihujani Likes!pexels/@meo-fernando

Komposisi dalam sebuah foto jug harus diperhatikan. Hal ini supaya foto terlihat seimbang dan nyaman untuk dipandang. Mereka yang belum ahli untuk memotret namun ingin menghasilkan foto yang bagus, bisa menggunakan bantuan grids.

Grids ini berupa garis kotak-kotak yang akan memudahkanmu untuk menempatkan objek foto supaya berada di tengah atau tempat yang diinginkan. Ada banyak sekali jenis komposisi foto. Cobalah untuk mempelajarinya!

9. Gunakan properti buat kamu yang bingung untuk berpose

10 Tips Supaya Fotomu Jadi Instagramable, Siap-Siap Dihujani Likes!pexels/@godisable-jacob

Terkadang, kamu harus menambahkan properti untuk menunjang foto. Contohnya, ketika kamu memegang minuman di kafe, menggenggam tali tas, atau berpose di perpustakaan dengan membawa buku.

Ini juga cara yang menolong buat mereka yang berfoto, namun tidak tahu harus membuat tangannya seperti apa. Fotomu jadi kelihatan menarik dan kamu juga jadi terbebas dari pose awkward!

10. Jangan ragu untuk mengeksplor berbagai angle foto dan juga pose!

10 Tips Supaya Fotomu Jadi Instagramable, Siap-Siap Dihujani Likes!pexels/@zun1412

Biar gaya tidak monoton, cobalah untuk mengeksplorasi berbagai sudut. Kamu bisa sontek gaya-gaya di internet jika kamu merasa kehabisan ide alias mati gaya. Kamu bisa berpose berdiri, bersandar, duduk, atau tiduran.

Kamu juga bisa mengubah-ubah posisi tangan atau kaki. Mintalah bantuan temamu untuk mencarikan ide. Kamu pun bisa mencoba memotret dari sudut tinggi, sejajar dengan mata, ataupun sudut rendah. 

Cobalah beberapa tips tadii supaya fotomu Instagramable! Lalu, unggah dan dapatkan banyak likes!

Baca Juga: Tak Kesampaian Foto Bareng Artis, 10 Editan Foto Ini Bikin Ngakak!

Topic:

  • Putri Aisya
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya