Comscore Tracker

6 Tanda Jika Kamu Harus Segera Mulai Membangun Self Respect

Jangan lupa menghargai diri sendiri!

Self respect adalah suatu rasa menghormat dan menghargai yang diperuntukkan untuk diri sendiri. Ketika kamu memiliki self respect, maka kamu tidak membiarkan orang lain untuk memanfaatkan, melecehkan, menganiaya hingga merendahkan dirimu. Seseorang yang menghargai dirinya sendiri, akan memiliki self esteem atau harga diri yang juga tinggi. 

Jika kamu tidak memiliki self respect,  maka berarti kamu memberikan kesempatan kepada orang lain untuk memperlakukanmu sesuka hati. Kamu seakan tidak bernilai dan tidak penting untuk dihormati oleh orang lain. Dampaknya, self esteem kita pun juga menjadi rendah. Kamu harus segera mulai membangun self respect, jika kamu merasakan tanda-tanda di bawah ini!

1. Kamu membiarkan orang lain untuk memanfaatkan dirimu sesuka hatinya

6 Tanda Jika Kamu Harus Segera Mulai Membangun Self Respectpixabay/marcellomigliosi1956

Kita memang sebaiknya saling tolong menolong di dunia ini. Akan tetapi ada suatu aturan atau etika yang harus dipahami. Saat meminta tolong kepada orang lain, harus memintanya dengan baik, meminta bantuan sewajarnya, dan juga tidak memaksa.

Ketika kamu tidak menghargai dirimu sendiri, maka kamu juga membiarkan orang lain untuk terus memanfaatkan dirimu sesuka hatinya. Mereka menyuruhmu untuk melakukan hal yang mungkin terasa sulit untukmu, memeras uang atau kepintaranmu, memohonmu untuk melakukan sesuatu namun meninggalkanmu setelah itu. Tak jarang juga, mereka malah menghilang ketika kamu membutuhkannya.

2. Sulit untuk berkata "tidak" atau menolak permintaan orang lain

6 Tanda Jika Kamu Harus Segera Mulai Membangun Self Respectpixabay/julia_photo367

Tidak semua permintaan orang lain, harus dituruti. Contohnya adalah ketika kamu disibukkan dengan pekerjaan kantor, namun ada rekan kerja yang memintamu untuk mengerjakan bagiannya. Padahal dia bisa mengerjakannya sendiri.

Seseorang yang tidak memiliki self respect akan selalu menjadi 'yes people' atau orang yang kerap meng-iya-kan permintaan orang lain. Mereka terlalu takut untuk menolak permintaan orang lain, karena takut akan penilaian mereka terhadapmu. Akhirnya mereka memanfaatkan kondisi ini untuk memperlakukanmu sesuka hatinya, karena kamu tidak pernah dengan tegas dan berani menolak permintaan mereka. 

3. Kamu selalu merasa jika orang lain lebih baik dari dirimu dan juga meremehkan kekuatan yang kamu punya

6 Tanda Jika Kamu Harus Segera Mulai Membangun Self Respectpixabay/jarmoluk

Meskipun kamu telah memiliki segudang prestasi dan berbagai kelebihan, namun kamu masih menganggap hal tersebut tidaklah penting. Kamu juga merasa jika kelebihan dan kesuksesanmu itu tidak ada apa-apanya, dibandingkan kekuatan dan kesuksesan milik orang lain. Dari kacamata orang lain, mungkin kamu akan dianggap sebagai seseorang yang tidak menghargai dirimu sendiri, atau sengaja merendah agar dipuji oleh orang lain.

Meremehkan kekuatan diri sendiri ini berdampak buruk, lho. Kamu menyia-nyiakan potensi yang kamu punya. Kamu sebenarnya bisa menjadi seorang penyanyi. Namun tidak akan pernah terjadi karena kamu selalu menganggap suaramu tidak bagus, meskipun banyak orang memuji suaramu. Dampak lainnya adalah kamu tidak bisa menunjukkan kekuatanmu semaksimal mungkin. Sebenarnya kamu bisa melakukan yang lebih baik, hanya saja kamu merasa ragu. 

Baca Juga: 9 Tips Bikin Kamu Lebih Fasih dan Percaya Diri Bicara Bahasa Inggris

4. Kamu terlalu takut mengenai apa yang orang lain pikirkan tentang dirimu

6 Tanda Jika Kamu Harus Segera Mulai Membangun Self Respectpixabay/stocksnap

Sekeras apa pun kamu mencoba, kamu tidak akan pernah bisa membungkam semua mulut yang ada di dunia ini. Sekuat apa pun kamu mencoba untuk menjadi sempurna, pasti orang lain akan berhasil menemukan 'celah' untuk menjatuhkan atau menggagalkanmu. Lantas, mengapa kamu harus takut dan khawatir akan penilaian orang lain kepadamu?

Seseorang yang tidak memiliki self respect, akan selalu khawatir akan penilaian orang lain terhadap dirinya. Alhasil tindakan apa pun yang dilakukan, akan selalu diliputi keraguan. Kamu mungkin akan bertanya, "Kira-kira orang lain suka tidak ya dengan apa yang aku lakukan?". Saking takutnya, bahkan kamu terpaksa melakukan sesuatu yang kamu tidak suka, dan melakukan apa yang orang lain suka. Ingatlah jika kamu tidak akan pernah bisa sepenuhnya mengontrol apa yang orang lain pikirkan tentang dirimu. 

5. Kamu memang bisa berbicara, namun kesulitan untuk bersuara

6 Tanda Jika Kamu Harus Segera Mulai Membangun Self Respectpixabay/dotigabrielf

Ada kalanya seseorang merasa tidak diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi. Akan tetapi terkadang diri sendirilah yang membuat seakan tidak diberikan kesempatan untuk bersuara. Setiap kali ingin bicara, ada suatu keraguan dan kekhawatiran dalam diri. Ada sesuatu yang menahan diri untuk tidak mengatakan apa pun dan hanya pasrah mengikuti suara orang lain.

Kamu seakan ragu untuk menyampaikan pendapat atau perasaanmu akan suatu hal. Keraguan ini muncul karena kamu merasa apa yang kamu sampaikan, bukanlah sesuatu yang penting untuk didengarkan. Padahal kita juga bisa menyampaikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, lho.

6. Saking sibuknya meladeni orang lain, kamu tidak punya waktu untuk diri sendiri

6 Tanda Jika Kamu Harus Segera Mulai Membangun Self Respectpixabay/pexels

Berkaitan dengan poin sebelumnya, seseorang yang tidak memiliki self respect akan selalu menuruti keinginan orang lain meskipun sebenarnya tak sanggup melakukannya. Seluruh waktu dan kekuatannya, seakan didedikasikan untuk orang lain. 

Kamu terlalu sibuk untuk memanjakan orang lain, hingga kamu lupa mendengarkan jeritan hatimu sendiri untuk berhenti. Waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk menggali potensimu, terbuang untuk orang lain yang mungkin tidak melakukan hal yang sama untukmu. Kamu juga tidak punya waktu untuk mengobrol dengan dirimu sendiri, mengenai pemikiran dan juga perasaanmu.

Jika kamu merasakan keenam tanda di atas, itu berarti sudah waktunya kamu mulai membangun self respect-mu. Jangan biarkan orang lain memperlakukanmu dengan semena-mena, karena kamu layak untuk diperlakukan dengan baik.

Baca Juga: 5 Mindset Ini Perlu Ditanamkan Biar Gak Merasa Minder dan Percaya Diri

Topic:

  • Putri Aisya
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya