Comscore Tracker

Ini Lho 6 Hikmah Ketika Wifi di Rumah Sedang Error, Jangan Sedih!

Wifi error? Not bad, kok!

Mungkin sekarang ini kamu gak akan bisa hidup tanpa internet. Secara, semua hal sekarang sudah berkaitan dengannya. Order ojek lewat online, stalking gebetan di sosial media, pajang portofolio di instagram, cari info di Google buat ngerjain tugas, sampai belanja lewat online.

Kalau kamu lagi butuh banget wifi saat itu, mungkin kamu bakalan langsung auto aktifin paketan internet. Bahkan mungkin langsung cabut buat cari kafe yang ada wifi-nya. Tapi kalau lagi gak terlalu butuh banget, coba deh kamu pasrah aja sebentar. Ada hikmahnya, lho.

1. 'Break' dari sosial media yang bisa bikin addicted dan stres!

Ini Lho 6 Hikmah Ketika Wifi di Rumah Sedang Error, Jangan Sedih!unsplash.com/Brooke Cagle

Kalian pasti tahu kan, kalau internet dan sosial media bisa menjadi toxic jika kita gak bisa mengontrolnya?  Ketagihan sosial media itu gak bagus, lho. Selain berbahaya untuk kesehatan mata karena terlalu lama terpapar, bikin psikologis kita jadi gak damai.

Secara, kita melihat hal yang 'indah' saja di sosial media. Padahal mungkin kenyataanya gak sekece itu. Semua orang berburu like, saling melontarkan kalimat bernada kebencian di media sosial. Bikin muak! Anggaplah wifi yang error ini sebagai pengingat bahwa kamu perlu break alias istirahat sejenak dari aktivitas itu. Psst, bikin hati lebih damai, lho.

2. Mengembalikan kita dari dunia maya ke kehidupan nyata

Ini Lho 6 Hikmah Ketika Wifi di Rumah Sedang Error, Jangan Sedih!Unplash/ Autri Taheri

Keadaan ini membuatmu 'kembali' ke dunia realita yang kamu jalani. Kamu bisa sekadar memandangi pemandangan melalui jendela, berjalan-jalan sebentar di teras, dan mungkin kamu menyadari bahwa ada hewan peliharaan yang harus diajak bermain. Jalanilah kehidupanmu dan jangan terperangkap dalam dunia maya yang mungkin tak seindah kelihatannya.

Kamu juga mungkin akan kembali mengingat kewajibanmu di dunia nyata, ngobrol secara langsung dengan tetangga sebelah rumahmu. Terasa lebih real, kan?

3. Ngobrol santai dan ringan bareng keluarga pun bisa dilakukan

Ini Lho 6 Hikmah Ketika Wifi di Rumah Sedang Error, Jangan Sedih!unplash.com

Keasyikan menjelajahi dunia internet, membuat kita tak sadar telah mengurangi interaksi secara langsung dengan orang sekitar. Apalagi dengan keluarga yang merupakan orang-orang terdekat kita. Coba deh jangan buru-buru 'menyambungkan diri' lagi ke dunia internet.

Ajak mama, papa, atau saudaramu buat ngobrol. Komunikasi yang hangat antaranggota keluarga bisa menambah keharmonisan, lho. Komunikasi via online sah saja, tapi kalau bisa secara langsung, lebih bagus kan?

Baca Juga: 5 Kelebihan Ralph Breaks the Internet, Rugi Kalau Kamu Gak Nonton

4. Manfaatkan untuk mengistirahatkan mata. Sayangi matamu!

Ini Lho 6 Hikmah Ketika Wifi di Rumah Sedang Error, Jangan Sedih!Unsplash/Andrei Lazarev

Coba hitung, berapa jam lamanya kamu menatap layar ponsel dan laptopmu buat internetan? Sinar yang dihasilkan oleh ponsel dan juga laptop itu gak bagus jika terpapar ke mata kita. Apalagi kalau terpaparnya lama banget!

Ini kesempatan yang pas buat sekedar mengistirahatkan matamu. Sembari menunggu wifi kembali normal, kamu bisa memijat mata, maskeran mata, bahkan mungkin tidur.

5. Bisa memberikanmu waktu untuk merenung sekejap. Hari ini ngapain aja, ya?

Ini Lho 6 Hikmah Ketika Wifi di Rumah Sedang Error, Jangan Sedih!Unplash/Sharon Christina Rørvik

Yup, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk merenung sebentar. Mungkin mengintrospeksi diri sendiri atau mengingat memori dan kenangan manis yang pernah terjadi. Kira-kira hari ini sudah melakukan hal baik apa, ya? Atau mungkin memikirkan apa usaha yang sudah kita lakukan untuk kelestarian bumi yang semakin tua ini.

Kalau kamu selalu sibuk dan asyik sendiri dengan dunia internet, mungkin kamu gak akan punya kesempatan untuk melakukannya. Padahal introspeksi itu penting untuk diri sendiri, supaya bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik.

6. Membuatmu melakukan aktivitas kesukaanmu yang lainnya. Melukis, mungkin?

Ini Lho 6 Hikmah Ketika Wifi di Rumah Sedang Error, Jangan Sedih!unplash.com/Jack Sharp

Berselancar di dunia maya mungkin menjadi aktivitas yang menyenangkan bagimu. Sampai-sampai kamu melupakan hobi dan aktivitas favoritmu yang lainnya. Letakkan ponsel atau matikan laptopmu, dan lakukan aktivitas lain yang kamu sukai.

Kamu suka melukis? Melukislah. Kamu suka nonton film? Coba pergi ke bioskop dan tonton film kesukaanmu. Percayalah, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan ketika wifi di rumah mendadak eror. Pastinya gak kalah menyenangkan dibandingkan dunia maya!

Baca Juga: 5 Pelajaran Penting Tentang Keuangan yang Jarang Orang Tahu

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya