Comscore Tracker

7 Cara Melontarkan Lelucon yang Elegan Tanpa Menyakiti Orang Lain

Berakhir dengan tertawa, bukan dengan amarah

Kendurkan ketegangan dan keseriusan di sekitarmu dengan lelucon. Lelucon akan membuat suasana menjadi penuh kehangatan dan keceriaan.

Sayangnya terkadang candaan justru berujung pada kemarahan dan ketidaknyamanan, karena menyinggung perasaan orang lain. Dilansir dari Wiki How dan Media Smarts, inilah 7 cara melontarkan lelucon tanpa menyakiti orang lain. 

1. Perhatikan orang yang kamu ajak bercanda

7 Cara Melontarkan Lelucon yang Elegan Tanpa Menyakiti Orang Lainpexels/@apgpotr

Memahami karakter atau sifat dari orang yang kamu ajak bercanda, akan membantumu menentukan batasan lelucon yang kamu lontarkan. Jika kamu mengajak nenekmu bercanda, maka pikirkanlah lelucon yang pantas untuk dikatakan kepada orang tua.

Lelucon bersama teman dekat dan rekan kerja tentu berbeda. Sekalipun kamu bercanda bersama teman, kamu juga harus memperhatikan sifatnya. Kamu harus menjaga lelucon yang kamu katakan, terutama ketika temanmu cukup sensitif.

2. Selektif dalam memilih bahan atau sasaran untuk leluconmu

7 Cara Melontarkan Lelucon yang Elegan Tanpa Menyakiti Orang Lainpexels/@michael-morse

Ada beberapa hal yang tidak boleh dijadikan sebagai bahan lelucon. Contohnya adalah lelucon mengenai ras, agama, pilihan politik, penyakit dan sebagainya. Topik perbincangan di atas cukup sensitif bagi beberapa orang dan mampu menimbulkan perdebatan.

Pilihlah lelucon yang tidak ofensif seperti film komedi, kartun, atau kelucuan pada tingkah laku hewan. Selain membuat suasana menjadi hangat, topik di atas memiliki kemungkinan kecil untuk menyinggung atau memunculkan perdebatan 

3. Perhatikan juga konteks atau situasi saat kamu melakukan lelucon

7 Cara Melontarkan Lelucon yang Elegan Tanpa Menyakiti Orang Lainunsplash/@youxventures

Selain memperhatikan karakter dan bahan untuk lelucon, kamu juga wajib memperhatikan situasi untuk melontarkannya. Hal yang lucu dalam suatu situasi, mungkin terasa canggung atau tidak lucu bagi situasi yang lain.

Kamu mungkin bisa membuat lelucon mengenai cara pemakaman dari negeri lain yang viral karena berjoget ria. Akan tetapi, ini bukanlah lelucon yang pantas dikatakan ketika kamu sedang menghadiri pemakaman seseorang, entah teman dekatmu atau kerabatmu. Bayangkan betapa kesalnya keluarga yang ditinggalkan jika kamu membuat lelucon di atas kesedihan mereka. 

4. Lakukan pemilihan kata dan kalimat yang tepat

7 Cara Melontarkan Lelucon yang Elegan Tanpa Menyakiti Orang Lainunsplash/@yxvi

Meskipun bahan lelucon yang kamu gunakan tidak termasuk topik yang sensitif, namun akan sama saja jika kamu memilih kata atau kalimat yang tidak tepat. Hindari kata yang cukup kasar seperti "bodoh" atau "idiot", di dalam leluconmu.

Ini hanya akan membuat orang yang kamu ajak bercanda menjadi tidak nyaman. Mereka juga akan menganggapmu kurang sopan. Pilihlah kalimat yang lebih sopan, seperti "kocak" atau "konyol".

Baca Juga: 5 Momen yang Gak Tepat untuk Dijadikan Lelucon, Bersimpatilah!

5. Melihat dari sudut pandang orang yang menjadi sasaran lelucon

7 Cara Melontarkan Lelucon yang Elegan Tanpa Menyakiti Orang Lainunsplash/@etienneblg

Ketika kamu melontarkan lelucon pada orang lain, maka orang yang seharusnya menjadi target untuk tertawa adalah orang tersebut. Cobalah untuk melihat dari sudut pandangnya, mengenai lelucon yang akan kamu sampaikan.

Apakah kira-kira bisa diterima, tidak menyinggung perasaannya, atau bisa membuatnya merasa kesal? Jangan merasa egois dengan hanya memperhatikan kelucuan dari sudut pandangmu saja.

6. Pikirkan dampak dari leluconmu

7 Cara Melontarkan Lelucon yang Elegan Tanpa Menyakiti Orang Lainunplash/kevcostello

Meskipun hanya lelucon, namun harus tetap memiliki kebermanfaatan yaitu menjadikan suasana menjadi menyenangkan. Coba pikirkan kembali candaanmu. Bukan tidak mungkin, sasaran atau bahan candaanmu mendengarkan lelucon itu tanpa kamu ketahui. Jika itu terjadi, apakah lelucon masih bisa diterima? 

7. Berbesar hatilah dengan meminta maaf pada orang lain yang tersinggung atas leluconmu

7 Cara Melontarkan Lelucon yang Elegan Tanpa Menyakiti Orang Lainpexels/@olly

Sekalipun kamu telah berusaha membuat lelucon sebaik dan sesopan mungkin, namun bisa saja tetap ada yang tersinggung atas ucapanmu. Jika sudah begini, ada baiknya kamu meminta maaf pada mereka. Mau bagaimana pun, kamu tidak akan pernah tahu hal apa yang membuatnya tersinggung ataupun tidak.

Tidak perlu membela diri dengan mengatakan jika orang tersebut tidak bisa diajak bercanda. Ini akan membuatmu terlihat sebagai orang yang menyebalkan. Bertanggung jawablah dengan lelucon yang kamu sampaikan. 

Yuk, lebih bijak ketika bercanda. Jangan sampai keinginanmu untuk menghangatkan suasana dan membuat orang lain tertawa, malah berubah menjadi kebencian dan memunculkan amarah!

Baca Juga: Tunjukkan 5 Sikap Elegan Ini Saat Bertemu Mantan yang Dulu Menyakitimu

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya