Comscore Tracker

9 Kebiasaan yang Cuma Dilakukan oleh Orang dengan Kreativitas Tinggi 

Idenya gak pernah mati!

Beberapa darimu mungkin heran dengan seseorang yang selalu ada saja ide yang dilontarkannya. Kadang idenya tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh orang lain, dan cukup cemerlang. Itulah ciri seseorang yang memiliki tingkat kreativitas tinggi.

Mereka memiliki kebiasaan yang berbeda dengan orang lain, dimana kebiasaan ini menjadi ciri khas bagi si kreatif. Melansir dari Huff Post dan Power Of Positivity, inilah 9 Kebiasaan yang dilakukan oleh orang dengan kreativitas tinggi.

1. Melamun, bermimpi dan berimajinasi

9 Kebiasaan yang Cuma Dilakukan oleh Orang dengan Kreativitas Tinggi unsplash/@chne_

Melamun mungkin terlihat sebagai suatu aktivitas yang sia-sia, namun ini tidak berlaku bagi mereka yang kreatif. Berbeda dengan melamunnya orang pada umumnya, pikiran orang kreatif berkelana ke masa depan atau sibuk menggali masa lalu.

Dengan melamun, mereka mampu mengeksplorasi cara pandang yang baru dalam melihat sesuatu. Orang yang berpikir kreatif juga suka berimajinasi, dan tidak pernah merasa malu meskipun imajinasinya terasa terlalu tinggi atau tidak mungkin bagi orang lain. 

2. Terbuka pada pengalaman dan juga hal baru

9 Kebiasaan yang Cuma Dilakukan oleh Orang dengan Kreativitas Tinggi unsplash/@portuguesegravity

Orang yang kreatif suka sekali mengeksplorasi dirinya dengan peristiwa, kegiatan, sensasi atau kondisi yang belum pernah dicoba atau dialami sebelumnya. Mereka tidak ragu mencoba peluang dan menerima ide yang baru dari orang lain.

Pengalaman merupakan salah satu bahan bakar untuk memunculkan sisi kreativitas mereka. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, maka ide kreatif akan semakin banyak ditemukannya.

3. Mereka bekerja atau berkreasi di jam tertentu

9 Kebiasaan yang Cuma Dilakukan oleh Orang dengan Kreativitas Tinggi pexels/@olly

Orang yang kreatif memiliki jam-jam tertentu, dimana mereka merasa otaknya bekerja secara maksimal. Tentu saja jam kreatif ini berbeda satu sama lain. Ada yang merasa jika bisa lebih mengekspresikan diri di malam hari, sementara yang lainnya berada di jam sore hari.

Jam terbaik ini bukan dengan sengaja diciptakan, namun mereka menemukannya sendiri. Meskipun begitu, orang yang kreatif tetap mampu menjadi kreatif, selain di jam terbaiknya itu. 

4. Hidup adalah tentang mengekspresikan diri

9 Kebiasaan yang Cuma Dilakukan oleh Orang dengan Kreativitas Tinggi unsplash/@aditya_ali

Bagi orang kreatif, hidup itu adalah tentang bagaimana mereka bisa mengekspresikan apa yang dirasakan dan dipikirkan olehnya. Mereka tidak ragu mengenai pendapat orang lain, karena memahami bahwa keinginan setiap orang itu berbeda dan unik.

Terkadang mereka tidak memerlukan tepuk tangan dari sekitarnya, namun mereka sangat membutuhkan kepuasan dalam diri mereka. Itu sebabnya ketika kreativitasnya dibatasi, mereka akan tetap mencari jalan keluar untuk dapat mengekspresikannya.

5. Orang kreatif selalu berusaha untuk dikelilingi oleh 'keindahan'

9 Kebiasaan yang Cuma Dilakukan oleh Orang dengan Kreativitas Tinggi pexels/@zhuhehuai

Coba perhatikan, orang yang kreatif akan selalu berusaha mengelilingi dirinya dengan suatu 'keindahan'. Mereka cukup peka untuk melihat sebuah seni yang artistik. Jangan heran, terkadang mereka bisa melihat suatu nilai seni pada sesuatu hal yang mungkin dianggap biasa saja oleh orang lain.

Selain itu, orang kreatif juga sangat senang untuk berkumpul dengan mereka yang juga kreatif, karena merupakan sarana bertukar pikiran yang menyenangkan. 

Baca Juga: Kreatif Abis, 5 Zodiak Konon Paling Banyak Akal

6. Menyempatkan waktu untuk menyendiri

9 Kebiasaan yang Cuma Dilakukan oleh Orang dengan Kreativitas Tinggi unsplash/@zis_view

Sekalipun orang kreatif senang bersosialisasi untuk mendapatkan ide, mereka ternyata juga membutuhkan waktu untuk sendirian. Mereka memanfaatkan waktu dalam kesendiriannya yang sunyi itu melamun dan berpikir.

Orang kreatif memberikan waktu pada dirinya sendiri, khususnya pada pikirannya, untuk berkelana. Mereka berusaha mendengarkan apa yang dikatakan oleh suara kreatif dalam dirinya, berimajinasi dengan bebas, tanpa ada judgement dari orang lain.

7. Tidak bosan untuk selalu bertanya atau merasa penasaran

9 Kebiasaan yang Cuma Dilakukan oleh Orang dengan Kreativitas Tinggi unsplash/@brucemars

Salah satu kebiasaan orang kreatif adalah selalu merasa penasaran. Bahkan hingga menjelang usia tua, para orang kreatif ini akan mempertahankan rasa keingintahuannya itu. Cara mereka mencari tahu itu bisa diwujudkan dengan bertanya-tanya pada diri sendiri, berdiskusi dengan orang lain, atau melihat sekitarnya.

Mereka tidak pernah puas dengan satu jawaban saja, sehingga akan terus mencari jawaban itu sepuasnya. Hal ini karena proses pencarian jawaban inilah yang kerap memunculkan ide bagi para orang kreatif.

8. Orang yang kreatif tidak menjadikan perubahan sebagai musuhnya

9 Kebiasaan yang Cuma Dilakukan oleh Orang dengan Kreativitas Tinggi pexels/@brett-sayles

Dunia ini selalu berkembang dan mengalami perubahan. Orang kreatif selalu siap menghadapi hal tersebut. Sekalipun mereka telah membuat rencana, mereka tidak keberatan untuk mengubahnya.

Tak jarang, mereka secara spontan akan menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. dan hasilnya pun tetap membuat orang di sekitarnya menjadi kagum.

9. Sebuah makna terkadang lebih berharga di atas segalanya

9 Kebiasaan yang Cuma Dilakukan oleh Orang dengan Kreativitas Tinggi pexels/@gustavo-fring

Orang yang kreatif terkadang mengedepankan sebuah makna dibandingkan nilai lainnya. Mereka berprinsip bahwa keindahan terkadang tidak dapat diperjualbelikan atau ditukar dengan apa pun selain rasa puas.

Jangan heran ketika orang yang kreatif, bekerja sepenuh hati ketika mengerjakan apa yang disukainya tanpa mempedulikan keuntungan secara materi untuk mereka.

Itu dia beberapa kebiasaan dari orang yang kreatif. Kalau kamu ingin kreatif juga, bisa kamu sontek tuh!

Baca Juga: Tiru, yuk! 7 Sifat Inspiratif yang Biasa Dimiliki Orang-orang Kreatif

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya