Comscore Tracker

Ini 9 Tanda Kalau Kamu Sudah Melakukan Self Love, Coba Cek!

Love yourself jauh lebih penting daripada pacar

Sebagian orang mungkin menganggap self love itu adalah menjadi seseorang yang narsis, bahkan mungkin egois. Padahal bukan itu lho arti dari self love. Self love itu adalah salah satu caramu untuk memperlakukan dirimu sendiri dengan baik. Caranya? Tentu dengan menjaga serta merawat dirimu baik-baik, secara fisik maupun psikis. Coba cek beberapa poin di bawah ini. Apakah kamu sudah melakukan salah satunya? Kalau sudah, kamu telah melakukan self love!

1. Mengenali dan menerima dirimu. Baik dari kelebihan hingga kekurangan yang kamu miliki

Ini 9 Tanda Kalau Kamu Sudah Melakukan Self Love, Coba Cek!unsplash.com/Mitchell Orr

Semua orang gak ada yang sempurna. Pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Gimana dengan kamu? Coba deh list apa aja yang menjadi kelebihan dan juga kelemahanmu. Ini merupakan salah satu cara untuk mengenali mengenai siapa sih dirimu sebenarnya.

Kamu tahu apa yang menjadi kekuatanmu dan tahu hal apa yang dapat dibanggakan. Begitu juga dengan kelemahan yang mungkin bisa kamu kembangkan dan ubah menjadi lebih baik. Maksimalkanlah kelebihanmu sembari mempelajari atau mengatasi kekurangan yang dimiliki. Gak berpura-pura mengenai kelemahan yang kamu punya juga merupakan self love, lho. 

2. Mulai melakukan pola hidup sehat. No junk food, no begadang dan mulai olahraga!

Ini 9 Tanda Kalau Kamu Sudah Melakukan Self Love, Coba Cek!medium.com

Mencintai dan menjaga tubuh bisa dimulai dari hal kecil, seperti membiasakan diri untuk menjalani pola hidup sehat. Mulai mengkonsumsi sayur dan buah, mengurangi konsumsi junk food, gak malas berolahraga, dan menghindari rokok. Ketika kita menjalani pola hidup sehat, maka tubuh kita juga akan terjaga dan terbebas dari penyakit.

Melakukan self care seperti ini tentu merupakan bagian dari self love. Tubuh yang kebal akan penyakit, membantumu untuk melakukan aktivitas dengan lebih maksimal. Ayo, jangan lupa untuk olahraga dan makan makanan yang bergizi!

3. Berani berkata 'tidak' untuk sesuatu yang gak sanggup dilakukan atau gak bermanfaat

Ini 9 Tanda Kalau Kamu Sudah Melakukan Self Love, Coba Cek!unplash.com

Self love itu tahu mengenai hal apa yang gak bagus untuk dilakukan dan hal apa yang gak sanggup kamu lakukan. Ketika kamu gak ragu untuk 'menolak' ajakan seseorang untuk melakukan hal yang kurang bermanfaat, maka kamu sudah melakukan self love. begitu pula apabila kamu merasa gak sanggup mengemban suatu hal. Gak membiarkan dirimu merasa tertekan dan terbebani merupakan self love

Namun terkadang hal ini masih sulit untuk dilakukan, karena berbagai pertimbangan. Ketika sahabatmu yang mengajak, maka kamu akan cukup sulit untuk menolak. Mungkin mengingat bahwa sahabat telah banyak membantumu dan juga berbuat baik padamu. Tapi kembalilah kepada dirimu. Hanya dirimu sendiri yang mampu menyayangi dirimu seutuhnya.

4. Menjauh dari toxic people juga salah satu bentuk self love, lho

Ini 9 Tanda Kalau Kamu Sudah Melakukan Self Love, Coba Cek!unplash.com

Gimana kamu bisa jadi orang yang berkualitas, kalau kamu selalu berkumpul dengan orang-orang yang negatif? Orang negatif disini maksudnya adalah orang yang memberikanmu contoh dan mengajak untuk berbuat hal yang merugikan dan kurang penting. Contohnya? Malas, menunda, tukang fitnah, bergossip dan seabrek sifat jelek lainnya.

Ketika kamu tahu bahwa mereka akan memberikan dampak buruk, seharunya segera kamu tinggalkan. Itu adalah salah satu bentuk sayang pada diri sendiri. Ada toxic people di sekitarmu? Menyingkirlah dari sana.

Baca Juga: Usir Rasa Insecure, Ini 6 Langkah Ampuh untuk Tanamkan Self-Love

5. Selain menjauh dari toxic people, kamu juga menjauh dari toxic relationship

Ini 9 Tanda Kalau Kamu Sudah Melakukan Self Love, Coba Cek!pexels.com

Pacar juga bisa menjadi salah satu toxic people bagi seseorang. Kekuatan cinta yang gak mudah dipahami ini, mampu membuat orang bertindak lebih dari yang seharusnya. Seakan telah menjadi hak milik, pacar jadi semena-mena, bahkan menyakiti kita. Kalau kamu merasa tersiksa karena perilakunya, segera hentikan.

Kenapa? Karena kamu sudah terjebak di dalam toxic relationship. Masak kamu tega membiarkan dirimu disiksa oleh toxic people? Orangtua, dirimu bahkan mungkin sahabatmu saja menghargai keberadaanmu dan menyayangi dirimu. Kalau pacarmu malah merusak dan melukaimu, jauhi! Dekatilah orang yang mampu memberikan manfaat dan dampak positif bagi hidupmu.

6. Gak melulu membandingkan dirimu dengan orang lain. Aku ya aku, dia ya dia!

Ini 9 Tanda Kalau Kamu Sudah Melakukan Self Love, Coba Cek!unsplash.com

Sebenarnya sifat membandingkan ini memang merupakan sifat alami manusia. Membandingkan ukuran pakaian, membandingkan harga dan juga mungkin membandingkan diri. Mungkin untuk beberapa hal, kamu melakukan bahkan perlu membandingkan diri dengan orang lain. Tujuannya tentu memotivasi agar lebih baik, misalnya nilaimu yang rendah dengan nilai ujian teman yang lebih tinggi.

Namun, gak semua hal bisa dibandingkan, bukan? Ada hal yang gak bisa dibandingkan sepenuhnya, seperti kesuksesan seseorang. Sukses menurut kita, belum tentu merupakan definisi sukses bagi orang lain, bukan? Membandingkan hal yang sedemikian kadang bisa bikin stres, lho. Kalau kamu tahu kapan harus membandingkan dirimu dan tahu kapan harus jadi diri sendiri, itu menandakan kamu telah melakukan self love!

7. Mengapresiasi kerja kerasmu dan memberikan reward untuk diri sendiri. Boleh banget lho, untuk dilakukan

Ini 9 Tanda Kalau Kamu Sudah Melakukan Self Love, Coba Cek!Unsplash/Lina Trochez

Gak ada salahnya lho, kalau kita mau memberikan apresiasi berupa hadiah pada diri sendiri atas kerja keras yang dilakukan. Kamu seperti menghargai dirimu yang telah mengerahkan segala usaha dan tenaga untuk menyelesaikan suatu problem itu dengan baik. Kalau bukan kamu dulu yang menghargai diri sendiri, siapa lagi?

Merayakan dengan makan enak atau membeli barang kesukaanmu juga merupakan salah satu bentuk memberikan reward ke diri sendiri. Bisa juga dengan hal yang lebih sederhana, seperti meluangkan waktu untuk menyelesaikan novel kesukaanmu, setelah berhasil menuntaskan pekerjaan. Hargailah hasil kerja kerasmu sendiri.

8. Mengekspresikan hobi dan passionmu dengan mengikuti sebuah kelas atau perlombaan. Jangan dipendam sendiri!

Ini 9 Tanda Kalau Kamu Sudah Melakukan Self Love, Coba Cek!Unplash.com

Kamu punya hobi dan minat atas sesuatu hal? Kembangkanlah. Kalau kamu hobi banget untuk memotret, gabunglah bersama komunitas fotografer. Hobi membuat kue? Coba deh kamu bikin kue untuk acara keluarga. Suka banget bikin karya tulis? Jangan ragu untuk mengikutsertakan dalam perlombaan. Ekspresikanlah hobi dan passionmu. Jangan biarkan mereka tertahan sia-sia dalam dirimu.

Percayalah, ketika kamu membiarkan mereka 'keluar' dari dalam dirimu, kamu akan merasa sangat bebas di dalam hidup ini. Self love itu juga berbicara mengenai bagaimana kamu mengembangkan hobi yang merupakan kelebihanmu, menjadi sesuatu yang bermanfaat. 

9. Melakukan aksi sosial. Membantu sesama juga bagian dari self love, lho

Ini 9 Tanda Kalau Kamu Sudah Melakukan Self Love, Coba Cek!unplash.com

Membantu orang lain dengan ikhlas, akan membuat hati kita merasa bahagia. Melihat mereka terbantu dan tersenyum atas bantuan kita, membuat diri kita serasa hangat dan dipayungi kasih sayang. Membiarkan dirimu merasakan kehangatan kasih sayang dan kebahagiaan tentu merupakan salah satu misi menjalankan self love. Sudahkah kamu membantu orang lain hari ini?

Melakukan self love akan membuatmu lebih semangat dan damai dalam menjalani hidup, lho. Kamu sudah melakukannya? Share di kolom komentar dong, self love apa yang sudah kamu lakukan?

Baca Juga: Menenangkan, 5 Rekomendasi Film yang Bagus Buat Self-Healing

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya