Comscore Tracker

5 Alasan Bikin Jurnal Suasana Hati Itu Baik untuk Kesehatan Mental

Mulai tulis perasaan setiap harinya!

Melacak suasana hatimu adalah cara yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental. Jika kamu tidak mengendalikan emosi, emosimu pada akhirnya akan mengendalikanmu dan itu adalah sebab munculnya sebuah bencana dalam hidup. 

Ada beberapa alasan mengapa membuat jurnal itu penting sekali, terutama untuk kesehatan mentalmu. Penasaran? Cek jawabannya di bawah ini. 

1. Jurnal membantumu menentukan arah tindakan

5 Alasan Bikin Jurnal Suasana Hati Itu Baik untuk Kesehatan Mentalilustrasi pria tersenyum (pexels.com/Howapicx Fotografia)

Ketika kamu menyadari perasaanmu, kamu dapat lebih memahami apa yang kamu butuhkan. Pikirkan tentang terakhir kali kamu mendapati dirimu berputar-putar secara emosional. Apakah kamu merasa dapat membuat keputusan pada saat itu? Jawabannya, mungkin tidak.

Ketika kamu kewalahan, kamu merasa lumpuh untuk mengambil tindakan. Namun, jurnal suasana hati akan membantumu memperhatikan emosi sehari-hari sehingga kamu dapat menemukan cara terbaik untuk menanggapinya.

2. Dapat membantumu dalam mengekspresikan emosi

5 Alasan Bikin Jurnal Suasana Hati Itu Baik untuk Kesehatan Mentalilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Rafael Bartos)

Jika kamu adalah seseorang yang cenderung terlalu banyak berpikir dan mengkhawatirkan segalanya, sangat penting bagimu untuk mengekspresikan emosimu melalui tulisan.
Jurnal suasana hati adalah wadah yang aman, di mana kamu diberi ruang untuk merasakan tanpa penilaian. 

Ini adalah proses yang terapeutik dan memberdayakan. Kamu tidak perlu khawatir tentang bagaimana seseorang mungkin menerima kata-katamu karena kamu sedang berdialog dengan diri sendiri.

3. Jurnal akan mendukung proses penyembuhan trauma dalam dirimu

5 Alasan Bikin Jurnal Suasana Hati Itu Baik untuk Kesehatan Mentalilustrasi menulis (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Setiap kali kamu mengalami trauma serius dalam hidup, membuat jurnal dapat menjadi bagian inti dari proses penyembuhan. Sebaliknya, ketika kamu mencoba menekan atau mengabaikan emosi sulit yang terkait dengan masa lalumu, maka itu hanya membuatmu merasa lebih buruk.

Penjurnalan suasana hati memungkinkanmu untuk memilah-milah peristiwa sulit yang telah terjadi dalam hidup sehingga kamu dapat mulai memahaminya. Tentu saja hal ini dapat membuatmy merasa lebih baik. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Cenderung Menyembunyikan Emosi, Gak Ekspresif

4. Membantu mengungkapkan apa pemicu emosi dirimu

5 Alasan Bikin Jurnal Suasana Hati Itu Baik untuk Kesehatan Mentalilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Bruno Feitosa)

Pemicu emosi adalah orang, kata-kata, opini, situasi, atau situasi lingkungan yang memicu reaksi emosional yang intens dan berlebihan dalam diri kita.Ketika kamu tidak berusaha untuk mencari tahu akar dari pemicu ini, emosimu akan menguasai dirimu.

Gunakan jurnal suasana hati untuk menuliskan saat-saat ketika kamu merasa terpicu. Catat bagaimana perasaanmu dan apa reaksimu. Saat kamu menulis, kamu akan mulai membawa kesadaran ke pemicumu dan mulai memperhatikan pola antara perasaan dan perilakumu.

5. Ini membantumu mengendalikan emosi

5 Alasan Bikin Jurnal Suasana Hati Itu Baik untuk Kesehatan Mentalilustrasi pria sedang berpikir (pexels.com/Danil Pavilyuk)

Ketika emosi negatif menguasai dirimu, mau tidak mau kamu akan tenggelam dalam hal negatif. Dalam keadaan ini, hampir tidak mungkin untuk menjadi positif. Di sinilah jurnal suasana hati berperan. Semakin banyak kamu menulis, semakin kamu merasa mengendalikan keadaan emosi dan semakin sedikit stres yang kamu rasakan. 

Menulis jurnal memberikan kesempatan untuk katarsis emosional, yang dengan demikian membantu otakmu mengatur emosi. Pada gilirannya, ketika kamu menghadapi kesulitan dalam hidup, kamu akan lebih cenderung untuk menemukan hikmahnya.

Ketika kamu mulai menyaksikan perubahan yang terjadi sebagai akibat dari pekerjaan batin yang kamu lakukan, kamu akan merasa lebih berdaya mengetahui dampak yang kamu miliki terhadap suasana hatimu sendiri. Dan, ini adalah saat-saat berharga yang ingin kamu tarik ketika kamu mengalami hari-hari yang buruk.

Baca Juga: 5 Hal yang Dirasakan Ketika Kamu Kurang Tidur, Mudah Emosi

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya