Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Praktikkan Cinta pada Diri Sendiri, Ternyata Mudah!

Tertarik mencoba?

Daripada mencintai diri sendiri, mencintai orang lain kadang lebih mudah dilakukan karena kamu bisa mengekspresikan langsung rasa cintamu pada pasangan. Sedangkan saat mencintai diri sendiri, mengekspresikan rasa cintamu sangatlah sulit dilakukan karena kamu yang melakukan dan kamu yang menerima cintamu sendiri. 

Jika kamu sulit melakukannya, maka cobalah praktikan beberapa cara sederhana di bawah ini. Dijamin, perlahan kamu bisa mencintai dirimu sendiri. 

1. Tanamkan rasa bersyukur dalam dirimu

5 Cara Sederhana Praktikkan Cinta pada Diri Sendiri, Ternyata Mudah!pexels.com/Andrea Piacquadio

Hal pertama yang harus kamu mulai untuk mempraktikkan rasa cinta pada diri sendiri adalah bersyukur. Kamu harus bersyukur dengan hidupmu saat ini, mulai dari segi tubuhmu, keluarga, ekonomi dan juga teman-teman yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga harus bisa menerima dirimu sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihan yang ada. Jika sudah begitu, maka kamu akan merasa tenang dan cintaimu pada diri sendiri akan perlahan tumbuh. 

2. Jadilah dirimu sendiri yang apa adanya

5 Cara Sederhana Praktikkan Cinta pada Diri Sendiri, Ternyata Mudah!pexels.com/cottonbro

Jangan mengubah diri hanya karena ingin disukai oleh banyak orang yang ada di sekelilingmu. Jadilah dirimu sendiri yang apa adanya.

Jika ada yang harus ubah, yakin adalah kebiasaan jelekmu. Yang lainnya gak perlu kamu ubah. Ketika kamu sudah bisa jadi dirimu sendiri, orang yang dekat denganmu pun akan merasa nyaman denganmu.

kamu pun akan merasa tenang dengan dirimu saat ini tanpa harus memikirkan keinginan banyak orang tentang dirimu yang harus sesuai dengan ekspektasi mereka. 

Baca Juga: 5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuh

3. Jalani pola hidup sehat

5 Cara Sederhana Praktikkan Cinta pada Diri Sendiri, Ternyata Mudah!pexels.com/Andrea Piacquadio

Mencintai diri sendiri juga harus kamu lakukan dengan cara merawat tubuhmu. Mulailah dengan menjalani hidup sehat karena investasi paling berharga adalah kesehatan tubuhmu. Selain itu, kamu juga harus melakukan perawatan agar tubuh yang kamu miliki jadi lebih bagus untuk dilihat sehingga kamu akan menyayangi dirimu sendiri. 

4. Jangan pelit, bahagiakan dirimu sendiri

5 Cara Sederhana Praktikkan Cinta pada Diri Sendiri, Ternyata Mudah!pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu pelit pada dirimu sendiri, maka itu menunjukkan bahwa kamu gak mencintai dirimu sendiri. Kerja kerasmu selama ini patut kamu nikmati. Jangan terlalu pelit untuk dirimu sendiri.

Jika kamu punya keinginan dan kamu mampu membelinya, maka belilah. Senangkan dirimu dulu, baru setelah itu menyenangkan orang lain. Ketika dirimu bahagia, maka hidupmu akan jauh lebih berwarna. 

5. Hindari orang-orang yang toxic dalam lingkunganmu

5 Cara Sederhana Praktikkan Cinta pada Diri Sendiri, Ternyata Mudah!pexels.com/Andrea Piacquadio

Untuk bisa memulai mencintai dirimu sendiri saat ini, maka kamu harus tegas pada dirimu sendiri. Jauhi orang-orang yang toxic dalam hidupmu dan mulailah bersosialisasi dengan orang-orang yang bisa memberikanmu semangat dalam hidup ini. Jangan takut dianggap buruk, justru menjauhi orang toxic wajib kamu lakukan. 

Mulai sekarang bulatkan tekadmu untuk mempraktikkan mencintai diri sendiri agar hidupmu jauh lebih menyenangkan. Setelah kamu bisa mencintai dirimu sendiri, percayalah akan kekecewaan yang akan kamu rasakan nantinya akan jauh lebih kecil karena kamu gak akan berharap lebih lagi pada seseorang.  

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Bentuk Self Love Kamu dari Zodiakmu!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya