Comscore Tracker

5 Tips Membangkitkan Semangat dan Motivasi di Hari Jumat, Mudah!

Tidak ada lagi hari yang melelahkan menuju weekend

Masih memiliki satu hari lagi untuk bekerja adalah hal yang menyebalkan sekali. Kamu harus bagun, mulai bekerja dan menjadi produktif saat kamu sudah merasa lelah, tidak termotivasi, dan lebih suka untuk kembali lagi tidur. 

Bagian tersulit tentang apa yang kamu rasakan sekarang adalah tidak hanya kamu yang merasakannya. Banyak orang di luaran yang juga pasti merasakan hal yang sama. Jumat kadangkala menjadi hal yang buruk dan menjadi satu-satunya hari yang tersisa akibat dari kelelahan aktivitas yang dilalui dari senin sampai kamis. 

Jika kamu tidak menyukai hari Jumat karena alasan tersebut, tapi kamu masih tetap harus menjalaninya, maka cobalah lakukan lima hal di bawah ini untuk kembali membuatmu semangat. 

1. Sarapan dengan makanan bergizi seimbang dan rencanakan makan siang

5 Tips Membangkitkan Semangat dan Motivasi di Hari Jumat, Mudah!ilustrasi makan sehat (pexels.com/Nathan Cowly)

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan semangat dan motivasi di hari Jumat adalah makan sarapan yang bergizi seimbang. Sarapan pagi dapat membantu meningkatkan daya ingat, suasana hati, dan fungsi visual-motorik. Oleh karena itu, merencanakan untuk sarapan dan makan siang pada hari ketika kamu merasa lelah dapat memberimu dorongan ekstra yang kamu butuhkan untuk menjalani hari.

Melewatkan waktu makan dapat menyebabkan gula darah rendah, yang dapat membuatmu merasa lemah dan lelah. Jika kamu ingin tetap produktif dan semangat untuk melalui hari terakhir sebelum weekend ini, tidak makan hanya akan membuatmu merasa lebih lamban dan kurang bersemangat untuk menyelesaikan sesuatu.

2. Prioritaskan pekerjaan yang mendesak

5 Tips Membangkitkan Semangat dan Motivasi di Hari Jumat, Mudah!ilustrasi bekerja (pexels.com/Edmond Dantès)

Tidak seorang pun ingin membuang energi berharga untuk mencoba mencari tahu apa yang harus dilakukan ketika sudah merasa tidak termotivasi. Tidak peduli siapa kamu, ada kemungkinan besar bahwa pada hari Jumat, pada minggu tertentu, kamu memiliki setidaknya satu atau dua item yang seharusnya diselesaikan di awal minggu tetapi tidak selesai. Oleh karena itu, hal tersebut dapat dijadikan trik untuk kamu selesaikan di hari ini. 

Jika kamu tidak tahu, mulailah tanyakan tentang proyek apa yang belum kamu selesaikan, tapi sudah melewati deadline, atau apakah jika tidak diselesaikan akan berdampak pada pekerjaanmu? Hal itu akan membantumu untuk mengingat. 

Baca Juga: 5 Penyebab Hilangnya Semangat di Pagi Hari menurut Sains

3. Lakukan hal yang lebih mudah

5 Tips Membangkitkan Semangat dan Motivasi di Hari Jumat, Mudah!ilustrasi kerja (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Tidak ada salahnya melakukan hal yang mudah terlebih dahulu. Mungkin kamu sangat lelah dan tugas-tugas mendesak akan menghabiskan terlalu banyak energi. Tidak ada yang salah dengan menyelesaikan hal-hal mudah terlebih dahulu. Email, pengarsipan, entri data, rekonsiliasi dokumen, mengedit atau merevisi pekerjaan tertulis adalah buah-buah yang tidak penting dan ini semua adalah tugas yang mudah.

Menyelesaikan tugas-tugas yang lebih mudah ini akan memberimu rasa pencapaian. Kamu dapat memanfaatkan rasa pencapaian ini untuk membantumu mengatasi beberapa tugas yang lebih sulit atau menyelesaikan semua tugas yang mudah sehingga minggu berikutnya, kamu dapat mendedikasikan waktumu untuk proyek yang lebih sulit.

4. Dengarkan beberapa lagu yang mengasyikkan

5 Tips Membangkitkan Semangat dan Motivasi di Hari Jumat, Mudah!ilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/cottonbro)

Cara lain untuk meningkatkan motivasi hari Jumatmu adalah dengan mendengarkan beberapa lagu yang ceria. Musik adalah obat untuk rasa lelah yang kini kamu rasakan. Bukan misteri bahwa getaran suara dapat mempengaruhi suasana hatimu. 

Kebanyakan orang dapat mengingat setidaknya satu momen dalam hidup mereka ketika musik atau suara telah membantu mengubah suasana hati mereka. Musik telah terbukti memiliki efek langsung pada pendengar. Mendengarkan musik saat kamu bekerja dapat menyebabkan peningkatan mood dan kualitas kerja.

5. Beri dirimu sesuatu untuk dinantikan

5 Tips Membangkitkan Semangat dan Motivasi di Hari Jumat, Mudah!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kita semua senang dihargai, terutama ketika kita melakukan sesuatu yang tidak ingin kita lakukan. Memberi dirimu sesuatu untuk dinanti-nantikan adalah cara untuk menjamin bahwa kamu akan dihargai atas kerja keras melewati hari itu.

Hadiahnya tidak harus besar. Hadiah bisa berupa sesuatu yang kecil seperti membeli es krim, berjalan-jalan, menghabiskan waktu bersama teman, atau bermain dengan smartphone selama beberapa jam. Pikirkan tentang sesuatu yang dapat kamu nantikan, tidak peduli seberapa kecilnya, dan perhatikan bagaimana hal itu dapat mengubah energimu.

Jumat hanyalah hari seperti hari-hari lainnya sebelum menuju weekend. Satu hal yang dapat kamu andalkan adalah waktu tidak menunggu siapa pun, jadi terlepas dari betapa sulit rasanya untuk melewati satu haru, ketahuilah bahwa waktu ada di pihakmu. Kamu bisa mengubahnya. 

Baca Juga: 5 Cara untuk Mengatasi Sunday Scaries, Jangan Takut Sama Hari Senin!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya