Comscore Tracker

Buat Dirimu Kuat, Yuk Atasi Perasaan Kehilangan Lewat 5 Cara Ini

Kamu wajib ikuti langkahnya

Ada banyak tekanan yang luar biasa saat kamu kehilangan dia yang masih kamu cintai. Perasaan ini seringkali membuatmu berubah mood karena kamu juga berjuang buat benar-benar melepaskannya, tapi nyatanya gak bisa sama sekali. 

Semua yang dilalui akan terasa sulit. Kamu harus bisa berusaha jika memang ingin melepaskan dia dengan lapang dada biar hatimu pun gak terus-terusan merasa tekanan. Langkah dan cara di bawah ini bisa kamu lakukan untuk melupakan semua tentangnya. 

1. Ingatlah bahwa semuanya butuh waktu

Buat Dirimu Kuat, Yuk Atasi Perasaan Kehilangan Lewat 5 Cara IniIlustrasi seorang wanita (pexels.com/Engin Akyurt)

Ingatlah bahwa semua proses melupakan dan mengembalikan perasan yang baik-baik saja itu memerlukan waktu. Kamu harus bisa sabar untuk memulai kembali hidup tanpa ada dirinya lagi. 

Agar waktu yang kamu lalui bisa berjalan lebih cepat, maka cobalah untuk menyibukkanmu diri dengan berbagai macam hal yang produktivitas. Buat dirimu untuk gak lagi teringat tentangnya selama proses mengikhlaskan ini. 

2. Rangkul kenangan tersebut

Buat Dirimu Kuat, Yuk Atasi Perasaan Kehilangan Lewat 5 Cara Iniilustrasi melihat HP (pexels.com/SHVETS Productions)

Ketika kamu mencoba menerima bahwa kini telah kehilangannya, masa lalu dengan segala kenangan pasti akan selalu hadir. Jangan coba paksa untuk melupakan semua yang terbayangkan. 

Akuilah bahwa kenangan itu memang begitu indah dalam hidupmu. Dengan merangkul kenangan ini, maka kamu akan jauh lebih bisa menerima keadaan yang ada. Masa lalu akan jadi masa lalu dan biarkan jika memang itu indah. 

Baca Juga: 5 Strategi Atasi Rasa Sedih karena Kehilangan Orang Tersayang

3. Jangan pernah mengubur perasaanmu

Buat Dirimu Kuat, Yuk Atasi Perasaan Kehilangan Lewat 5 Cara Iniilustrasi bersedih (pexels.com/cottonbro)

Jangan hindari perasaan sakit hati karena kehilangan yang kamu rasakan. Fokuslah pada perasaan kamu saat ini karena ketika kamu fokus, maka itu bisa membuatmu bisa menerima rasa saat kamu benar-benar telah kehilangan dirinya. 

Kamu bisa mengetahui bahwa perasaan seperti ini akan selalu ada dalam kisah percintaan. Kamu hanya sedang melaluinya dan semuanya akan berlalu seiring bertambahnya waktu. 

4. Menemukan makna dari kehilangan

Buat Dirimu Kuat, Yuk Atasi Perasaan Kehilangan Lewat 5 Cara Iniilustrasi wanita (pexels.com/Вальдемар)

Banyak orang yang menemukan arti dari kehilangan saat benar-benar telah melalui proses melupakan, dan kamu pun bisa seperti itu. Hal ini tentu sangat releven dengan penerimaan segala kesedihan yang kamu rasakan. 

Jika kamu bisa melalui semua prosesnya, maka kamu aman lebih mudah mengatur emosi. Gak ada lagi kamu yang menangisi kepergiannya karena sekarang kamu sudah benar-benar ikhlas. 

5. Ingatlah bahwa perasaan negatif itu akan selalu ada

Buat Dirimu Kuat, Yuk Atasi Perasaan Kehilangan Lewat 5 Cara Iniilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/ArtHouse Studio)

Akan sangat sulit sekali mengatasi rasa kehilangan atas seseorang yang amat kamu cintai jika kamu gak bisa berdamai dengan keadaan. Kenangan negatif dan perasaan bersalah menjadi hal normal yang dirasakan. 

Kamu harus bisa meyakinkan dirimu sendiri bahwa perawan negatif saat ini wajar kamu rasakan. Kamu mencintainya dan gak ada seorang pun yang ingin kehilangan orang yang dicintai. 

Bagaimanapun rasa kehilangan yang kamu rasakan, penting untukmu memperhatikan perasan dan mentalmu. Move on gak pernah mudah untuk dijalani. Cobalah untuk gak membandingkan saat kamu melakukan semua hal di atas. 

Baca Juga: 5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kehilangan Tujuan Hidup, Yuk Bangkit!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya