Comscore Tracker

5 Cara Membangun Disiplin untuk Diri Sendiri, Mudah Asal Niat 

Yuk, mulai berusaha melakukannya!

Apakah kamu sering membuat aturan untuk diri sendiri, tapi selalu gagal menaatinya? Itu artinya kamu gak memiliki disiplin diri. Punya kedisiplinan itu membutuhkan usaha dan perjuangan, apa lagi jika kamu memiliki tujuan dan impian.

Jika kamu gak melatih dirimu, maka kedisplinan gak akan ada. Untuk itu, mari mulai melakukan lima cara di bawah ini agar kamu disiplin untuk dirimu sendiri.

1. Kurangi jumlah goals yang kamu tuju 

5 Cara Membangun Disiplin untuk Diri Sendiri, Mudah Asal Niat ilustrasi pria sedang berpikir (pexels.com/Vanessa Gracia)

Adanya aturan yang harus kamu taati, tentu ada goals yang ingin kamu capai, bukan? Nah, agar kamu dapat disiplin untuk dirimu sendiri dan menaati setiap aturan yang kamu buat, maka kurangi goals-nya.

Jika kamu terlalu banyak goals yang ingin kamu capai, kamu akan merasa kewalahan dan akhirnya mudah menyerah hingga berakhir dengan kegagalan lagi dan lagi. Olah karenanya, ketahui goals yang sebenarnya kamu inginkan. Goals-mu harus selaras dengan kebahagiaanmu.

2. Mulai dari yang kecil 

5 Cara Membangun Disiplin untuk Diri Sendiri, Mudah Asal Niat illustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu ingin memulai sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya, maka jangan membuat kesalahan dengan berusaha keras. Semakin mendadak perubahannya, semakin sulit pikiran dan tubuh untuk menerimanya.

Oleh karenanya, beri dirimu waktu untuk membiasakan diri dengan perubahan. Mulai taati aturannya dari hal terkecil dulu. Selanjutnya, tingkatkan kedisiplinan itu secara perlahan agar bisa menjadi bagian dari dirimu.

Baca Juga: 5 Kekacauan Hidup Akibat Tidak Disiplin, Segera Perbaiki!

3. Mengatur waktu, tenaga dan pola pikir agar gak bertentangan 

5 Cara Membangun Disiplin untuk Diri Sendiri, Mudah Asal Niat ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Poli Godoy)

Jika kamu mencoba untuk menumbuhkan banyaknkebiasaan disiplin pada saat yang sama, seperti waktu, tenaga dan pola pikir, maka pastikan ketiganya gak bertolak belakang dan mengganggu satu sama lain. Semuanya harus lurus sesuai dengan tujuan awalmu.

Kamu bisa mulai melakukannya secara satu persatu, entah dari mana yang harus kamu mulai. Jangan dilakukan bebarengan jika kamu baru menerapkan kedisplinan pada dirimu sendiri karena itu nantinya akan menyiksamu karena gak terbiasa.

4. Lacak kemajuanmu 

5 Cara Membangun Disiplin untuk Diri Sendiri, Mudah Asal Niat ilustrasi wanita melihat jam (pexels.com/Gustavo Fring)

Temukan cara untuk melacak kemajuan yang kamu buat untuk mendisiplinkan dirimu. Tanda hal apa saja yang bisa kamu patuhi sekarang dan ceklis jika kamu bisa menerapkannya dalam kebiasaan sehari-harimu.

Pencapaian yang kamu buat akan meningkatkan motivasi untuk terus melakukan hal yang sama dan meningkatkannya. Semakin sering kamu mencatat, maka semakin berpeluang banyak untuk kamu berhasil mendisiplinkan dirimu dalam segala aspek.

5. Fokus pada waktu yang kamu jalani  

5 Cara Membangun Disiplin untuk Diri Sendiri, Mudah Asal Niat ilustrasi pria bekerja (unsplash.com/Luke Peters)

Dalam keseharian, entah kamu bekerja atau sedang menempuh pendidikan, banyak sekali godaan yang datang mengacaukan semuanya. Ketika kamu ingin mendisiplinkan dirimu, maka cobalah untuk fokus pada apa yang kamu jalani.

Hindari setiap godaan yang ada. Jika kamu sedang mengerjakan sesuatu, maka kerjaan dulu sampai selesai. Jangan menunda dan tergoda dengan segala hal yang mengalihkan fokusmu.

Mendisplinkan diri itu butuh waktu dan usaha. Awal-awal menerapkan dan menjalan prosesnya akan terassa berat, tapi jika kamu bisa melewatinya dan terus melakukan, maka disiplin dapat menjadi kebiasaanmu. Jadi, yuk mulai terapkan dan jangan patah semangat.

Baca Juga: 5 Manfaat jika Kamu Mulai Disiplin dalam Membagi Waktu

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya