Comscore Tracker

5 Cara Menemukan Motivasi Kembali setelah Kamu Alami Kegagalan

Kegagalan menawarkanmu untuk bangkit lagi

Ketika kamu mengalami kegagalan, maka kamu memiliki pilihan untuk dibuat. Pilihan itu adalah kamu dapat membiarkan kegagalan itu membuatmu terjebak, atau kamu dapat menggunakannya sebagai motivasi untuk bekerja lebih keras. Hanya saja perasaan dan emosi cenderung mengambil alih pada saat-saat kamu alai kegagalan dan membuat para pencari sukses tidak maju menuju tujuan mereka.

Pertanyaannya kemudian menjadi, bagaimana kamu bisa mencapai tujuanmu setelah mengalami kemunduran? Jika kamu akan bangkit kembali dan mencapai tujuan itu, kamu memerlukan motivasi untuk melakukannya. Motivasi adalah bahan bakar dalam mobil pencapaian tujuanmu.

Inilah cara menemukan motivasi untuk mencapai tujuan setelah kamu mengalami kemunduran.

1. Proses emosimu dan bicarakan tentang apa yang kamu rasa pada seseorang yang dipercaya

5 Cara Menemukan Motivasi Kembali setelah Kamu Alami Kegagalanilustrasi teman saling berbicara (pexels.com/cottonbro)

Setelah alami kegagalan, pikiran dan hatimu pasti kacau dan kamu akan merenungi itu semua. Selama momen itu, nikmatilah waktumu dan kemudian masuklah ke kondisi visual. Setelah itu, inilah saatnya untuk mengungkapkan perasaan itu. Cari tahu apa yang mengganggumu dan jujurlah pada diri sendiri 

Hal ini akan membantu jika kamu memiliki seseorang untuk melampiaskan emosimu. Baik itu keluarga, teman atau kelompok sosial yang mendukung, mampu membicarakannya akan membantumu pulih. Proses melalui perasaan itu dan dapatkan dukungan adalah kunci untuk bangkit kembali setelah mengalami kegagalan.

2. Habiskan menit pertama setiap pagi untuk diri sendiri

5 Cara Menemukan Motivasi Kembali setelah Kamu Alami Kegagalanilustrasi meditasi (pexels.com/Oluremi Adebayo)

Cara terbaik untuk memahami cara menavigasi kegagalan adalah melalui pengoptimalan dirimu sendiri. Salah satu cara untuk menjadi versi terbaik dari dirimu adalah menghabiskan setiap pagi untuk diri sendiri. Prioritas diri memungkinkanmu melakukan pekerjaan untuk mengurus diri sendiri.

Merawat diri sendiri dapat memperkuat kemampuanmu untuk menghadapi masa-masa sulit. Kamu akan mencapai lebih banyak tujuanmu ketika kamu menjadikan dirimu sebagai prioritas. Kamu tidak dapat memberikan apa yang tidak kamu miliki, dan prioritas diri memberimu energi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu.

Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan Motivasi Hidup yang Hilang Selepas Putus Cinta

3. Fokus pada kebiasaan untuk optimalisasi diri yang sehat

5 Cara Menemukan Motivasi Kembali setelah Kamu Alami Kegagalanilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kebiasaanmu adalah kunci untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. Membangun segudang kebiasaan sehat adalah bagaimana kamu akan menciptakan pola pikir yang cukup kuat untuk mengatasi kemunduran. 

Memulai setiap hari bekerja pada diri sendiri adalah bagaimana kamu menciptakan kebiasaan sehat yang membuatmu lebih kuat. Ketika kamu menciptakan kebiasaan yang membuatmu lebih kuat, kamu akan memiliki bahan bakar yang kamu butuhkan untuk mengatasi kemunduran dan menemukan motivasi untuk terus bekerja pada tujuanmu.

4. Temukan sumber konten yang menginspirasimu

5 Cara Menemukan Motivasi Kembali setelah Kamu Alami Kegagalanilustrasi pria bekerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Salah satu cara terbaik untuk menemukan motivasi untuk mencapai tujuanmu setelah kegagalan adalah melalui sumber inspirasi. Kabar baik tentang era informasi modern adalah kita memiliki banyak akses ke konten.

Kamu dapat menonton video, mendengarkan audio, dan membaca konten tertulis yang memotivasi dan mendidikmu tentang apa yang akan membantu tujuanmu. Ketersediaan konten itu dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan atau kegagalan setelah kamu gagal.

Gunakan waktu pengoptimalan diri harianmu untuk menemukan sumber inspirasi baru. Semakin kamu membangun kebiasaan mengonsumsi konten yang menginspirasi dan memotivasi, semakin kamu dapat memanfaatkan sumber itu selama masa kegagalanmu.

5. Gunakan kegagalan sebagai bahan bakar untuk bekerja lebih keras

5 Cara Menemukan Motivasi Kembali setelah Kamu Alami Kegagalanilustrasi pria mapan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Motivasi bisa datang dalam bentuk apa pun yang kamu inginkan. Menghadapi kegagalan bisa sangat memotivasi dan menjadi bahan bakar yang kamu butuhkan untuk bangkit kembali dan menjadi lebih kuat. Inilah hal yang perlu dipahami, kamu memutuskan apa yang terjadi selanjutnya. Meskipun kamu tidak selalu mengendalikan keadaan hidup, kamu dapat mengontrol responsmu terhadap keadaan itu.

Tujuannya adalah kerja terus menerus. Kamu mencapai tujuanmu dengan bekerja keras selama periode tertentu, mengambil pendekatan langkah demi langkah untuk mencapai tujuan. Kegagalan berarti ada sesuatu yang perlu disesuaikan dalam perjalanannya. Lihat itu sebagai pelajaran, dan itu akan memotivasimu untuk terus maju.

Mengalami kegagalan tidak harus menjadi akhir dari perjalanan pencapaian tujuanmu. Hidup menawarkan pelajaran dalam berbagai cara dan kita harus bersedia mendengarkan. Kemunduran berarti kesempatan untuk mengevaluasi kembali apa yang kamu lakukan dan melihat apakah ada pendekatan yang lebih efisien.

Baca Juga: 5 Tips Jalani Hari dengan Penuh Motivasi, Positif dari Berbagai Sisi

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya