Comscore Tracker

5 Cara Menggunakan Mindset Berkembang, Buatmu Cepat Capai Kesuksesan

Mulai lakukan sekarang!

Seseorang dengan mindset berkembang percaya bahwa dengan berusaha untuk belajar dan berlatih, ia dapat tumbuh lebih baik dalam keterampilan apa pun. Pendapatnya adalah bahwa setiap orang dapat mencapai kesuksesan tanpa batas dan bahwa skala pencapaian tergantung pada seberapa banyak pekerjaan yang mau dilakukan.

Kamu dapat menerapkannya untuk menumbuhkan mindset berkembang di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi. Guna mengembangkan mindset seperti ini, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Kembangkan kerendahan hati

5 Cara Menggunakan Mindset Berkembang, Buatmu Cepat Capai Kesuksesanilustrasi berbincang (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Kerendahan hati dan pertumbuhan itu berjalan beriringan. Ketika kamu cukup rendah hati untuk menerima bahwa kamu bukan yang terbaik, kamu akan terus mencari cara untuk memperbaiki diri. 

Namun, jika egomu berteriak lebih keras daripada tindakanmu, kamu kehilangan kesempatan untuk menjadi lebih baik. Kesombongan adalah salah satu hambatan terbesar untuk perbaikan diri dan kesuksesan.

2. Dengarkan kritik dan saran dari orang lain

5 Cara Menggunakan Mindset Berkembang, Buatmu Cepat Capai Kesuksesanilustrasi berbicara (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Bahkan, ketika musuh terburukmu mengkritikmu, akan ada unsur kebenaran di dalamnya. Jika kamu mendengarkan tanpa berusaha melawan, kamu akan menemukan setidaknya petunjuk kecil untuk dikerjakan.

Kamu tidak harus menerima setiap kritik dan saran yang dilontarkan terhadapmu karena sering kali hal itu mungkin tidak berlaku untukmu. Namun, kamu harus memiliki kesopanan untuk mendengarkan, menganalisis, dan memutuskan apakah umpan balik tersebut memerlukan tindakan atau tidak? 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu mulai Terjebak Fixed Mindset, Enggan Berusaha

3. Menumbuhkan budaya belajar

5 Cara Menggunakan Mindset Berkembang, Buatmu Cepat Capai Kesuksesanilustrasi pria bekerja (pexels.com/Karolina Grabowska)

Luangkan waktu sejenak untuk melihat keterampilanmu hari ini. Menurutmu, seberapa banyak kamu telah meningkatkan skill dalam satu tahun terakhir? Jika kamu telah berupaya secara sadar untuk belajar, keterampilanmu seharusnya telah berkembang dalam 12 bulan terakhir. 

Jika kemampuanmu tidak berubah dalam setahun, anggap itu sebagai panggilan untuk membangunkan. Belajar tidak berhenti di bangku kuliah. Mereka yang percaya itu adalah orang-orang yang paling cepat mengalami stagnasi.

4. Tunggu hasil jangka panjang

5 Cara Menggunakan Mindset Berkembang, Buatmu Cepat Capai Kesuksesanilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Setelah kamu berusaha, bersabarlah untuk menunggu hasil jangka panjang. Semua hasil yang baik membutuhkan waktu untuk muncul.

Jika kamu mengharapkan imbalan besar dalam jangka waktu yang singkat, akan menyerah dan membidik tujuan yang berbeda. Seiring waktu, kamu akan mengejar satu demi satu target yang gagal mencapai salah satu dari mereka.

5. Bandingkan dengan dirimu sendiri

5 Cara Menggunakan Mindset Berkembang, Buatmu Cepat Capai Kesuksesanilustrasi wanita bekerja (pexels.com/Los Muertos Crew)

Membandingkan dirimu dengan orang lain untuk inspirasi membantumu mencapai tujuanmu. Namun, kesalahan umum adalah membandingkan upaya awalmu dengan upaya seorang ahli berpengalaman. Misalnya, jika kamu baru mulai belajar gitar, jangan menganggap dirimu gagal karena gagal menandingi pemain gitar handal. Skala usaha dan perbedaan pengalaman membuat perbandingan seperti itu batal demi hukum.

Sebaliknya, kamu harus membandingkan dirimu dengan masa lalumu. Jangan menjalankan perlombaan dengan sainganmu. Memulai perjalanan di mana kamu mencoba untuk meningkatkan kinerjamu dari waktu ke waktu, sepanjang waktu.

Proses berpikirmu memainkan peran kunci dalam seberapa jauh kamu melangkah keluar dari zona nyaman. Apa yang diyakini pikiranmu, maka otak akan mengikuti. Penting untuk memiliki mindset berkembang karena tidak hanya membantu dalam karir, tetapi juga membuatmu menjadi orang yang lebih baik secara keseluruhan.

Hanya ketika kamu yakin bahwa kamu membutuhkan peningkatan dan bahwa kamu mampu mencapainya, kamu akan tumbuh. Jika tidak, keyakinanmu yang membatasi bertindak sebagai belenggu tak terlihat yang kamu yakini nyata dan gagal untuk dilepaskan.

Baca Juga: 5 Mindset Agar Lebih Legowo saat Mengikhlaskan Sesuatu

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya