Comscore Tracker

5 Trik Cepat Beradaptasi saat Kamu Baru Saja Pindah ke Lingkungan Baru

Kamu akan betah dan punya banyak teman

Kamu yang kini pindah tempat ke lingkungan baru, pastilah ada sebab yang mengharuskanmu sampai pindah jauh, seperti pekerjaan yang menempatkanmu di daerah tertentu maupun karena kamu keterima di sekolah yang kamu inginkan, tapi jauh dari rumah. 

Berada di lingkungan baru, tentu saja gak mudah untuk bisa kenal dengan semuanya. Namun, kamu bisa mulai beradaptasi dan mengakrabkan diri pada teman-teman baru dan lingkungan barumu dengan cara melakukan beberapa trik di bawah ini. 

1. Tersenyum dan ramahlah pada setiap orang yang kamu temui

5 Trik Cepat Beradaptasi saat Kamu Baru Saja Pindah ke Lingkungan Barupexels.com/Fauxels

Meski kamu gak pandai bergaul, bukan berarti kamu harus diam saja dan bersikap cuek dengan lingkungan barumu ini karena itu bisa membuatmu gak mendapatkan teman dan akhirnya kamu gak betah. Tersenyumlah bila kamu bertemu dengan orang yang satu lingkungan denganmu. 

Ajak dia berkenalan dan bersikaplah ramah padanya. Jika kamu bisa bersikap seperti itu, maka percayalah dalam waktu cepat, kamu akan bisa akrab dengan semua orang yang ada di situ. 

2. Berhenti memikirkan tentang lingkunganmu dulu yang nyaman

5 Trik Cepat Beradaptasi saat Kamu Baru Saja Pindah ke Lingkungan Barupexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Berhenti memikirkan dan membandingkan tempat tinggalmu dulu yang nyaman karena itu hanya membuatmu jadi gak betah saja. Kamu aman menyesali semuanya dan ingin pindah kembali ke tempatmu dulu berada.

Jika ini kamu lakukan, maka itu gak akan membuatmu jadi lebih baik. Kamu akan selalu berada di zona nyamanmu dan bisa berkembang maju. 

Baca Juga: Susah Beradaptasi, 6 Zodiak Ini Sering Kesulitan Mendapat Teman Baru

3. Jangan pelit, berikanlah bingkisan pada teman di lingkungan barumu

5 Trik Cepat Beradaptasi saat Kamu Baru Saja Pindah ke Lingkungan Barupexels.com/Nicole Michalou

Ketika kamu baru saja pindah, berikanlah bingkisan pada orang yang ada di sebelahmu, atau yang ada di tempat lingkungan kamu tinggali karena itu bisa mengakrabkanmu dengan mereka. 

Mereka yang kamu berikan hadiah pun akan tersanjung dan melihat bahwa kamu adalah orang yang ramah. Jadi, kamu akan akrab dengan orang-orang di tempat barumu ini. 

4. Jadilah diri sendiri

5 Trik Cepat Beradaptasi saat Kamu Baru Saja Pindah ke Lingkungan Barupexels.com/Lucxama Sylvain

Jangan jadi orang lain agar kamu bisa diterima dan disenangi oleh banyak orang. Tetaplah jadi diri sendiri agar mereka, yakni teman-teman barumu bisa nyaman denganmu dan tahu karakter kamu yang sebenarnya. Jika kamu tetap aja menjaga sikapmu seolah menjadi orang lain, maka bukan kenyamanan yang akan kamu rasakan, melainkan kamu gak betah jika terus menerus berpura-pura seperti itu. 

5. Jangan mudah tersinggung

5 Trik Cepat Beradaptasi saat Kamu Baru Saja Pindah ke Lingkungan Barupexels.com/Sam Lion

Kamu belum mengenal karakter masing-masing dari teman-teman barumu ini. Setiap orang tentunya punya sifat yang berbeda, jadi jangan mudah tersinggung dengan apa yang diucapkan mereka. 

Anggap semuanya hanyalah bercandaan. Jika kamu menganggapnya serius, maka kamu akan tertekan dan gak akan betah. 

Berada dalam lingkungan baru mengharuskanmu untuk melakukan lima hal di atas agar kamu bisa cepat mendapatkan teman dan betah untuk kamu tempati saat ini. Jika tidak, maka jangan harap kamu akan dapat ketenangan di lingkungan barumu. 

Baca Juga: 5 Tipsnya agar Kamu Gak Kesulitan Beradaptasi saat Pindah Tempat Kerja

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya