Comscore Tracker

5 Hal yang Menyebabkan Seseorang Selalu Insecure di Hidupnya, Bahaya!

Insecure itu membahayakan diri dan mentalmu

Rasa insecure yang hadir dalam dirimu tidak serta merta hadir begitu saja. Ada penyebab yang yang melatarbelakanginya. Penyebab yang membuatmu merasa insecure cenderung tidak kamu sadari, malahan menganggap hal tersebut adalah hal yang wajar dan tidak dapat menimbulkan apa pun.

Lantas apa sajakah penyebab dari insecure itu? Berikut lima penyebab insecure yang bisa kamu simak. 

1. Sering melihat medsos

5 Hal yang Menyebabkan Seseorang Selalu Insecure di Hidupnya, Bahaya!pexels.com/bruce mars

Siapa bilang penggunaan medsos tidak berdampak pada penggunanya? Medsos sangat berpengaruh pada psikologis dari penggunanya. Tidak heran bawa medsos membawa dampak toxic. Ketika ketika melihat medsos, banyak orang-orang yang sering pamer ini itu dan menunjukan bahwa dirinya lebih bahagia dari pada siapa pun.

Namun, tahukah kamu? Bagi yang melihat postingan seperti itu dan posisinya sedang terpuruk, hal itu akan membuat dirinya merasa tidak berharga dan memandang bahwa hidup itu tidak adil. Jadi sebaliknya gunakanlah medsos seperlunya.

2. Membandingkan diri dengan kehidupan orang lain

5 Hal yang Menyebabkan Seseorang Selalu Insecure di Hidupnya, Bahaya!imdb.com

Setiap orang memiliki kehidupannya sendiri dengan masalah yang sudah diatur oleh Tuhan. Membandingkan dirimu dengan kehidupan orang lain yang jauh lebih bahagia hanya akan membuatmu tidak bersyukur atas hidup ini.

Bukan hanya itu, kepercayaan diri yang kamu miliki pun lambat laun akan semakin terkikis dengan rasa iri hatimu pada orang lain. Tetaplah menjadi diri sendiri dan menerima segala sesuatu yang ada di hidupmu. 

Baca Juga: 5 Cara Kendalikan Insecure dalam Pertemanan, Buatmu Gak Kaku Berbicara

3. Sering putus asa dalam hidup

5 Hal yang Menyebabkan Seseorang Selalu Insecure di Hidupnya, Bahaya!pexels.com/Engin Akyurt

Punya banyak masalah dan tidak menemukan jalan keluarnya adalah hal yang membuat kebanyakan orang stres hingga berujung depresi. Rasa putus asa yang sedang dialami dengan tidak adanya dukungan dari orang terbuat akan membuatnya kian terpuruk.

Hal itu pun akan mempengaruhi psikologis dirinya. Dia akan merasa insecure pada dirinya sendiri dan menganggap rendah dirinya sehingga tidak dapat melakukan apa pun dengan baik. 

4. Selalu memikirkan komentar negatif dari orang lain

5 Hal yang Menyebabkan Seseorang Selalu Insecure di Hidupnya, Bahaya!pexels.com/Inzmam Khan

Hidup berdampingan dengan orang lain seperti tetangga, teman bahkan kerabat tentunya akan selalu ada yang memberikan komentar yang negatif padamu. Tidak seperti komentar positif, komentar negatif cenderung membuat seseorang akan selalu memikirkannya bahkan menjadi satu hal yang selalu diingat.

Oleh karena itulah, kecenderungan berlarut-larut dalam komentar negatif akan membuatnya sulit menjalani hidup. Baginya setiap langkah yang dilakukan selalu salah di mata orang di sekitarnya. 

5. Sulit move on dari masa lalu

5 Hal yang Menyebabkan Seseorang Selalu Insecure di Hidupnya, Bahaya!pexels.com/Kat Jayne

Setiap orang pasti memiliki masa lalu hidupnya masing-masing. Ada yang bahagia, ada pula yang buruk. Masa lalu yang buruk dapat membuat ingatannya terus menerus ada hingga menyebabkan trauma yang berkepanjangan.

Trauma ini pun akan menimbulkan efek yang tidak bagus bagi pribadinya. Salah satu efeknya adalah selalu merasa insecure atas hidup yang dijalaninya. 

Itulah lima hal penyebab yang membuat seseorang selalu insecure dalam hidup. Jangan pernah menganggap remeh insecure, karena insecure dapat membahayakan psikologis seseorang. 

Baca Juga: 5 Sikapmu pada Orang Lain Ini Pertanda Kamu Merasa Insecure

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya