Comscore Tracker

5 Cara Membuat Jadwal Harian untuk Mencapai Tujuan Impian

Yuk, mulai lakukan dari sekarang!

Rutinitas pribadi setiap orang akan terlihat berbeda berdasarkan tujuan dan nilai masing-masing. Namun, menerapkan beberapa prinsip umum pada jadwal harianmu dapat membantu memaksimalkan efektivitas dan produktivitas hatimu, dan seiring waktu waktu berjalan, hal itu dapat membantumu mencapai tujuan.

1. Prioritaskan hal terpenting dalam hidupmu

5 Cara Membuat Jadwal Harian untuk Mencapai Tujuan Impianilustrasi menulis sebuah tujuan (pexels.com/Marcus Aurelius)

Sebelum kamu dapat membuat jadwal harian yang membantumu mencapai tujuan dan menjalani kehidupan yang kamu inginkan, kamu harus menentukan apa yang kamu hargai dalam hidupmu. Pemahaman tentang hal-hal ini akan membantumu menentukan prioritas yang masuk akal untuk keseimbangan kehidupan kerja dan pada akhirnya dapat mengatur harimu dengan sangat baik. 

Sebagai langkah pertama, luangkan waktu untuk memikirkan apa yang penting bagimu. Buat daftar dan urutkan dari yang prioritas utama sampai ke prioritas terkecil. Kemudian, temukan cara untuk memasukkan hal-hal itu ke dalam rutinitas harian dan mingguanmu untuk menghargai betapa pentingnya setiap nilai. Misalnya, jika tujuan terbesarmu adalah kesehatan dan kebugaran, maka kamu harus memprioritaskan olahraga dan makan sehat sebelum hobi lain yang kurang penting. 

2. Sertakan rutinitas pagi

5 Cara Membuat Jadwal Harian untuk Mencapai Tujuan Impianilustrasi makan sehat (pexels.com/Nathan Cowly)

Hal pertama yang kamu lakukan setelah bangun adalah menentukan rutinitas untuk sisa harimu. Jika kamu bangun dari tempat tidur dan langsung masuk mengecek pekerjaan di email, maka kemungkinan besar kamu akan kesulitan untuk fokus dan terlibat, serta akan kehabisan tenaga sebelum melakukan semua aktivitas. 

Namun, jika kamu secara teratur merapikan tempat tidur, bermeditasi, dan makan sarapan sehat setiap pagi, otakmu akan belajar untuk beralih dari mode istirahat ke mode produktivitas dengan cepat dan kamu mungkin akan berada dalam suasana hati yang lebih baik.

Tujuan dilakukannya rutinitas lain di pagi hari adalah untuk memulai harimu dengan melakukan hal yang sama. Idealnya, hal itu adalah sesuatu yang sejalan dengan nilai-nilai pribadimu dan mempersiapkanmu untuk tugas-tugas di depan.

Baca Juga: 6 Manfaat Tak Terduga Bikin Jadwal Harian, Berani Coba?

3. Tentukan tugas paling penting

5 Cara Membuat Jadwal Harian untuk Mencapai Tujuan Impianilustrasi semangat bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Harimu pasti akan mencakup tugas-tugas penting yang tidak mendorongmu menuju tujuan yang kamu miliki, seperti menerima panggilan telepon, mengikuti rapat, menjawab email. Untuk memastikan hal-hal ini tidak menggagalkan tujuanmu, selalu tentukan apa yang benar-benar perlu kamu capai setiap hari dan masukkan ke dalam jadwal harianmu.

Setiap minggu, ketika kamu merencanakan jadwalmu, pertimbangkan tujuanmu. Apa yang perlu dilakukan agar kamu tetap pada rutinitas jadwal? Kemudian, pilih tugas terpenting setiap harinya. Ketika kamu tahu apa yang perlu kamu capai untuk tetap di jalurnya, kamu akan membuang lebih sedikit waktu untuk pekerjaan yang tidak penting.

4. Sertakan istirahat

5 Cara Membuat Jadwal Harian untuk Mencapai Tujuan Impianilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tampaknya berbaring saja di hari libur itu tidak berguna, tetapi ingatlah bahwa tidak ada orang yang memiliki kapasitas tanpa akhir untuk bekerja dengan tenaga penuh secara terus-menerus. Dan, jika kamu mencoba, kamu tidak akan seproduktif yang kamu inginkan.

Menikmati waktu istirahat sesekali benar-benar dapat meningkatkan produktivitas. Untuk satu hal lainnya, beristirahat dari waktu ke waktu dapat meningkatkan kemampuanmu untuk berpikir kreatif dan strategis.

Terkadang, otak membutuhkan perubahan pemandangan untuk menghasilkan ide-ide segar. Menjadwalkan istirahat sepanjang harimu juga memberikan sesuatu yang dinanti-nantikan. Ketika kamu memiliki kesempatan untuk beristirahat di penghujung hati, kamu akan jauh lebih mungkin untuk mengumpulkan lebih banyak energi dan fokus untuk tugas-tugas yang ada.

5. Hindari multitasking di semua aktivitasmu

5 Cara Membuat Jadwal Harian untuk Mencapai Tujuan Impianilustrasi kerja (pexels.com/olia danilevich)

Multitasking sama sekali tidak berguna. Melakukannya pada semua aktivitasmu dapat menurunkan kinerja saat kamu berpindah-pindah di antara dua tugas. Kamu tidak hanya membutuhkan waktu lebih lama, tetapi kamu akhirnya membuat lebih banyak kesalahan.

Rencanakan untuk melakukan hanya satu tugas pada satu waktu dan jangan mencoba melakukan hal lain. Salah satu alasan mengapa kita berjuang untuk beralih di antara tugas satu ke tugas lainnya adalah karena otak tidak dapat beradaptasi secepat itu dengan jenis tugas baru. Hindari ini dengan menjadwalkan tugas serupa secara berurutan. 

Merancang jadwal harian idealmu sebelumnya adalah praktik penting untuk mencegah gangguan dan memprioritaskan apa yang paling penting bagi hidupmu. Pikirkan jadwalmu sebagai investasi di masa depan. Mungkin perlu beberapa waktu untuk mencapai apa yang kamu inginkan, tetapi sedikit demi sedikit, kamu akan melihat tujuanmu menjadi kenyataan.

Baca Juga: 5 Alasan Penting untuk Segera Memulai Kebiasaan Journaling

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya