Comscore Tracker

5 Keuntungan yang Dapat Dirasakan saat Lakukan Diet Plastik di Hidupmu

Bumi yang kamu tempati akan jadi lebih indah juga!

Saat ini sudah banyak orang yang mulai menyuarakan akan pentingnya program diet plastik. Mulai dari pemerintah hingga pusat pembelanjaan sudah siap memberlakukan diet kantong plastik dengan menerapkan aturan kantong plastik berbayar. 

Melakukan diet plastik dalam hidupmu sangatlah penting, terutama bagi bumi kita. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi kamu untuk melakukan diet plastik. Melakukan diet plastik ini memiliki banyak keuntungan, seperti beberapa keuntungan di bawah ini. 

1. Pengeluaran ekonomimu akan lebih irit

5 Keuntungan yang Dapat Dirasakan saat Lakukan Diet Plastik di Hidupmuunsplash.com/Sharon McCutcheon

Adanya program pemerintah mengenai kantong plastik berbayar akan menguntungkanmu, yakni kamu akan lebih irit ketika berbelanja apapun. Meski yang dikenakan hanyalah Rp200 per kantong, tetapi jika kamu belanja sering dan selalu mengunakan kantong plastik tersebut tentu akan membuatmu lebih boros. Oleh sebab itu, Kamu dapat mengganti kantong plastik yang biasanya kamu gunakan dengan kantong belanja yang berbahan ramah lingkungan. 

2. Lebih praktis ketika belanja

5 Keuntungan yang Dapat Dirasakan saat Lakukan Diet Plastik di Hidupmupexels.com/Ree

Ketika kamu melakukan program diet, maka kamu akan selalu membawa kantong belanja sendiri kemanapun kamu pergi. Meski pada awalnya, kamu sulit melakukan program diet plastik ini karena plastik selalu ada dimanapun dan dalam kemasan apapun.

Namun, saat kamu sudah terbiasa melakukannya, diet plastik tidak sesusah apa yang telah kamu bayangkan. Melakukannya lebih terbilang sangat praktis dan mudah. 

Baca Juga: 3 Hal Ini Cara Sederhana Kurangi Sampah Plastik, Sudah Coba?

3. Mendapat banyak reward dari toko tertentu

5 Keuntungan yang Dapat Dirasakan saat Lakukan Diet Plastik di Hidupmuunsplash.com/Square

Beberapa toko yang telah menetapkan program diet plastik dan program kantong plastik berbayar akan memberikan reward kepada konsumennya, apa bila konsumen tersebut melakukan diet plastik atau membawa kantong plastik sendiri. Di antara reward yang diberikan adalah mendapatkan diskon harga ataupun mendapatkan barang-barang tertentu, seperti gelas, piring maupun tempat makan. 

4. Menjaga bumi dari kerusakan lingkungan

5 Keuntungan yang Dapat Dirasakan saat Lakukan Diet Plastik di Hidupmuunsplash.com/Nicola Jovanovic

Sudah banyak yang kita ketahui bahwa plastik merupakan salah satu limbah yang sulit sekali untuk didaur ulang dan lebur dalam tanah. Butuh waktu puluhan tahun saat plastik benar-benar lebur dalam tanah.

Bahkan, plastik yang berada di lautan maupun sungai akan sulit sekali untuk lebur dan plastik-plastik tersebut dapat membahayakan ekosistem yang tercemari. Oleh sebab itulah, saat kamu sudah melakukan diet plastik dalam hidupmu, maka secara langsung kamu sudah menyelamatkan bumi kita dari kerusakan yang parah. 

5. Lebih peka pada lingkungan sekitar

5 Keuntungan yang Dapat Dirasakan saat Lakukan Diet Plastik di Hidupmuunsplash.com/Anaya Katlego

Ketika kamu sudah menjaga bumi ini dari kerusakan akibat sampah plastik, maka kamu akan berusaha keras untuk melindungi bumi ini. Menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan mulai peduli pada lingkungan. 

Kamu pun akan merasakan bahwa membuang sampah itu wajib pada tempatnya dan membedakan antara sampah plastik dan non plastik adalah hal yang harus dilakukan. 

Itulah lima keuntungan yang dapat kamu rasakan saat dirimu sudah melakukan diet plastik di keseharianmu. Demi menjaga ekosistem bumi dan keselamatan bumi, yuk mulai lakukan program diet plastik dalam hidup kita. 

Baca Juga: 5 Gaya Hidup ala Millennial yang Ternyata Ramah Lingkungan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya