Comscore Tracker

5 Tips Menangani Kecemasan Sosial, Buat Hidupmu Merasa Lebih Tenang

Jangan biarkan kecemasan ini menguasai dirimu

Social anxiety disorder atau yang biasa dikenal dengan kecemasan sosial adalah rasa takut yang sering hadir manakala berada dalam keramaian atau lingkungan sosial. Berbeda dengan rasa takut pada introvert, ketakutan yang dirasakan pada individu yang mengalami kecemasan sosial cendrung merasa takut yang terus menerus ada saat dirinya hadir dalam lingkungan sosial. 

Kecemasan sosial ini jika tidak ditangani secara cepat dapat membuat stress dan depresi yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menangani hal ini lebih awal. Berikut cara mengatasi kecemasan sosial agar jauh lebih tenang.

1. Ubah pemikiran negatif yang hadir pada dirimu

5 Tips Menangani Kecemasan Sosial, Buat Hidupmu Merasa Lebih Tenangunsplash.com/Riki

Langkah awal yang harus dilakukan untuk menangani kecemasanmu adalah mengubah pemikiranmu akan ketakutan yang kamu hadapi. Mengelola otakmu akan membuatmu merasa lebih yakin karena setiap emosi dan tindakan berawal dari pemikiran. 

Ubahlah pemikiranmu tentang ketakutan yang kamu alami. Tidak ada hal yang perlu ditakutkan. Ketakutan itu hanya hadir dalam dirimu. Untuk dapat mengubah pemikiran ini, kamu juga dapat minta bantuan orang lain untuk membuatmu lebih percaya diri dan memberikan motivasi semangat. 

2. Hadapi ketakutanmu

5 Tips Menangani Kecemasan Sosial, Buat Hidupmu Merasa Lebih Tenangunsplash.com/Caleb Lucas

Kecemasan yang biasanya dirasakan adalah rasa takut akan lingkungan sosial yang dihadiri olehmu. Kamu takut bahwa kamu akan dianggap aneh saat kamu ada di keramaian. Kamu pun takut bahwa kamu akan dijadikan bahan perbincangan dan perundungan di antara yang lainnya. 

Oleh sebab itu, agar dirimu bisa lebih mengendalikan pemikiran dan perasaanmu, kini saatnya kamu hadapi semuanya. Tenangkan dan yakinkan dirimu bahwa semuanya baik-baik saja. Tidak ada hal yang perlu ditakutkan. 

Baca Juga: 7 Hal yang Mesti Kamu Lakukan untuk Mengatasi 'Eco-Anxiety'

3. Fokus pada orang lain, bukan pada dirimu

5 Tips Menangani Kecemasan Sosial, Buat Hidupmu Merasa Lebih Tenangunsplash.com/Helena Lopez

Ketika kami sudah menghadapi ketakutanmu dan kini memberanikan diri untuk hadir dalam keramaian, maka fokusmu harus pada orang lain. Memikirkan diri sendiri dan terlalu fokus pada dirimu akan rasa takut hanya akan menghambat semuanya.

Lebih mudah jika kamu fokus pada lingkungan sekitarmu dan berbaur dengan teman-temanmu. Fokuskan dirimu pada mereka dan perlahan bukalah pembicaraan yang dapat membuka peluang bahwa kamu memiliki banyak teman yang seru. 

4. Berusaha hidup lebih sosial dari sebelumnya

5 Tips Menangani Kecemasan Sosial, Buat Hidupmu Merasa Lebih Tenangunsplash.com/Pill Coffman

Jika kamu sadar bahwa kamu memiliki kecemasan sosial, maka untuk saat ini hadapi semuanya dan tantang dirimu sendiri dengan berusaha menjadi individu yang jauh lebih sosial dari sebelumnya. Kamu dapat melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu seperti selalu hadir dalam acara keluarga dan bergaul dengan saudara-saudaramu yang lain.

Berusahalah untuk lebih akrab dan jauhkan pikiran negatifmu tentang semua hal yang ditakuti. Setelah lingkungan keluarga bisa kamu hadapi dan kuasai, kini saatnya kamu bergaul pada lingkungan yang lebih besar, yakni lingkungan sekolah atau lingkungan pekerjaan. 

5. Belajar untuk mengendalikan pernapasan dan perasaan

5 Tips Menangani Kecemasan Sosial, Buat Hidupmu Merasa Lebih Tenangunsplash.com/Eli DeFaria

Berada di tengah keramaian memang sesak. Namun, ubahlah rasa sesak itu dengan mengatur pernapasanmu. Jika ketegangan dan rasa takut sudah kamu rasakan, mulailah untuk menenangkan dirimu dan atur pernapasanmu menjadi lebih terkendali. Yakinkan diri bahwa kamu bisa melalui semuanya dan masih ada orang yang peduli denganmu. 

Itulah lima tips mengatasi kecemasan sosial. Kelima tips di atas bisa kamu lakukan mulai dari sekarang dan rasakan bahwa hidupmu benar-benar bahagia. Selamat mencoba!

Baca Juga: Bisa Menurun, 5 Fakta Tentang Anxiety Disorder yang Jarang Diketahui

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya