Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Jauhi Jika Ingin Punya Pemikiran Terbuka

Mudah kok, asal tahu caranya

Memiliki pemikiran yang terbuka adalah sebuah nilai plus bagi diri sendiri. Namun, hal tersebut tidak begitu saja dimiliki, ada pengaruh dari luar dan dalam lingkungan. 

Kamu bisa melatih pemikiranmu agar memiliki cara pandang yang terbuka dan menjauhi beberapa hal yang menghambat. Berikut ini lima hal yang harus kamu jauhi jika ingin memiliki pemikiran yang terbuka. 

1. Menyimpulkan sesuatu sebelum mencobanya

5 Hal yang Harus Kamu Jauhi Jika Ingin Punya Pemikiran Terbukaunsplash.com/Jonas Svidras

Seseorang yang memiliki pemikiran terbuka tidak akan pernah menyimpulkan suatu hal sebelum mencobanya. Tidak ada hak untuk dirinya memberikan kesimpulan saat dia tidak pernah mencoba atau berada di posisi tersebut. Mereka lebih memilih untuk diam daripada berkomentar. 

2. Penasaran pada masalah hidup orang lain

5 Hal yang Harus Kamu Jauhi Jika Ingin Punya Pemikiran Terbukaunsplash.com/Trung Thanh

Selalu merasa penasaran dengan masalah hidup orang lain hanya dimiliki oleh mereka yang tidak punya kesibukan. Dapat juga dikatakan sebagai bentuk iri hati dan memilih untuk mengetahui masalah orang lain. Mereka yang tidak peduli dengan masalah orang lain justru memiliki pemikiran yang terbuka dan cenderung memilih untuk membantu daripada penasaran. 

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Terpengaruh Pemikiran Orang Lain

3. Mudah memberi komentar pada perilaku orang

5 Hal yang Harus Kamu Jauhi Jika Ingin Punya Pemikiran Terbukaunsplash.com/Anna Vander Stel

Komentar atau nyinyiran pada sikap dan perilaku orang lain adalah tindakan yang tidak dewasa. Tidak menghargai setiap perbedaan menandakan bahwa tidak ada rasa toleransi dalam diri. Orang dengan pemikiran terbuka cenderung bersikap cuek atas perilaku orang lain asalkan perilaku tersebut tidak merugikan dirinya dan orang di sekelilingnya. 

4. Jangan menghakimi masalah dari satu sisi

5 Hal yang Harus Kamu Jauhi Jika Ingin Punya Pemikiran Terbukapexels.com/VisionPic .net

Daripada memberikan sebuah kritik dan menyimpulkan atas masalah orang lain dari satu sisi saja. Orang dengan pemikiran terbuka lebih baik tidak mengetahui masalah orang lain. 

Solusi dari permasalahan mereka adalah mendengarkan masalah dari kedua belah pihak. Setelahnya, mereka akan menganalisis dan memberikan saran yang baik, bukan kritik pedas yang menjatuhkan. 

5. Terlalu percaya pada perkataan orang

5 Hal yang Harus Kamu Jauhi Jika Ingin Punya Pemikiran Terbukaunsplash.com/Yanapi Senaud

Percaya pada orang boleh saja asal dilakukan dalam batas yang wajar. Jika kamu percaya pada setiap perkataan orang lain tanpa adanya sebuah bukti kamu akan termakan hoax.

Orang dengan pemikiran terbuka tidak akan mudah percaya pada perkataan orang lain. Mereka akan percaya jika perkataan tersebut disertai dengan bukti. 

Itulah lima hal yang harus kamu jauhi manakala ingin memiliki pemikiran yang terbuka. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Tanamkan 5 Pemikiran Ini Saat Kamu Nyaman dengan Pasangan Orang Lain

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya