Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Selalu Kurang Tidur, Ketahui Sekarang Juga!

Segera atasi biar bisa istirahat cukup

Kurang tidur adalah masalah umum bagi banyak orang. Dengan mengatasi masalahnya sesegera mungkin, kamu dapat mencegah beberapa konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang yang merugikan dari kurang tidur. Berikut sebab yang mungkin saja melatarbelakanginya. 

1. Kamu memiliki kebiasaan tidur yang buruk

5 Penyebab Kamu Selalu Kurang Tidur, Ketahui Sekarang Juga!ilustrasi lihat HP (pexels.com/Miriam Alonso)

Masalah tidur sering kali berasal dari rutinitas waktu tidur dan malam hari yang buruk. Terlalu banyak rangsangan pada waktu tidur, seperti menonton televisi atau bermain di HP tepat sebelum tidur, begadang dan minum cairan berlebih di malam hari semuanya dapat membuatmu lebih sulit untuk tidur.

Jika kebiasaan tidur yang buruk ini yang menjadi kamu sulit tidur, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya, seperti menetapkan jadwal tidur, ciptakan rutinitas waktu tidur yang menenangkan, jangan bekerja di kamar tidur, hindari makanan berat atau berlemak di malam hari dan jaga agar kamar tidurmu tetap gelap selama tidur. 

2. Masalah dengan suhu kamar

5 Penyebab Kamu Selalu Kurang Tidur, Ketahui Sekarang Juga!ilustrasi tidur (pexels.com/Eren Li)

Tidak nyaman di kamar tidurmu dapat berdampak serius pada kemampuanmu untuk tertidur. Suhu kamar adalah salah satu contoh ketidaknyamanan lingkungan yang dapat membuatmu cukup sulit untuk menutup mata. Tidur di kamar yang terlalu hangat atau terlalu dingin bisa menjadi pengganggu tidur yang cukup serius. 

Ada beberapa alasan mengapa menurunkan suhu kamar dapat membantu tidur. Pertama, menjaga termostat tetap rendah membantu memastikan bahwa kamu tidak bangun kepanasan di tengah malam. 

Selain itu, suhu tubuhmu menurun saat kamu tertidur, jadi menurunkan suhu kamar dapat membantumu lebih mudah untuk tidur. Ingatlah bahwa suhu kamar adalah salah satu faktor kunci yang menentukan apakah kamu tidur nyenyak setiap malam atau tidak? 

Baca Juga: Jadi Susah Tidur, 5 Kebiasaanmu Ini Memicu Insomnia, lho!

3. Terlalu banyak kafein yang kamu konsumsi

5 Penyebab Kamu Selalu Kurang Tidur, Ketahui Sekarang Juga!ilustrasi minum kopi (pexels.com/Marko Klaric)

Minum secangkir kopi sebelum tidur jelas merupakan ide yang buruk dan dapat membuatmu lebih sulit untuk tidur nyenyak. Kafein memiliki waktu 5-6 jam untuk tetap terjaga. Artinya, jika kamu mengonsumsi kafein dalam jumlah besar di sore hari, kafein mungkin masih bekerja di tubuhmu hingga larut malam.

Untuk itu, cobalah membatasi konsumsi kafein di pagi hari, sebaiknya hindari zat berkafein setelah pukul 14 dan waspadai sumber kafein yang tersembunyi dalam minuman dan makanan. 

4. Terlalu banyak stres yang kamu alami

5 Penyebab Kamu Selalu Kurang Tidur, Ketahui Sekarang Juga!ilustrasi pria bersedih (pexels.com/cottonbro)

Stres dan kekhawatiran adalah alasan umum mengapa orang sulit tidur. Jika kamu berbaring dan terus terjaga sepanjang malam dengan mengkhawatirkan hal-hal yang perlu kamu lakukan keesokan harinya, atau stres tentang masalah yang sedang kamu hadapi, maka rasa kantuk tidak akan datang. 

Kecemasan dan insomnia memiliki hubungan yang saling berkaitan. Hal ini menunjukkan bahwa kecemasan dapat mengganggu kualitas tidur yang kamu miliki sehingga kamu tidak bisa tidur dengan nyenyak setiap malam. 

5. Kamu memiliki gangguan tidur

5 Penyebab Kamu Selalu Kurang Tidur, Ketahui Sekarang Juga!ilustrasi insomnia (pexels.com/cottobro)

Jika tidur telah menjadi perjuangan yang kamu lakukan selama ini, maka gangguan tidur mungkin menjadi penyebabnya. Beberapa gangguan tidur yang umum, seperti sleep apnea, insomnia, sindrom kaki gelisah, narkolepsi, dan parasomnia.

Jika kamu menduga bahwa gangguan tidur telah mempengaruhi waktu istirahat, maka bicarakan dengan doktermu. Kamu mungkin akan dirujuk ke spesialis terapis yang mungkin menyarankan perubahan gaya hidup atau perangkat khusus yang dapat membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Mulailah dengan melakukan perubahan gaya hidup yang berhubungan dengan kualitas tidur. Mempraktikkan kebiasaan tidur yang baik, menciptakan lingkungan yang tenang, membatasi kafein, memperhatikan asupan alkohol, dan berolahraga secara teratur adalah semua hal yang dapat kamu lakukan yang dapat membantumu tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Sering Insomnia? Pakai Pillow Spray Aja, Dijamin Tidur Nyenyak

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya