Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Atasi Nyinyiran Tetangga biar Kamu Gak Terbebani

Biarkan saja!

Sebab yang bikin kamu gak betah berasa di rumah, tentunya bukan karena orangtua maupun saudara-saudaramu, tapi karena tetangga. Yah, banyak sekali perkataan tetangga yang kerap menyakiti hati, mulai dari hanya sekedar basa-basi, gosip sana sini sampai mengusik ranah pribadimu.

Bahkan, saking seringnya kamu mendengarkan nyinyiran tetanggamu, kamu sampai kesal sendiri dibuatnya seolah mereka paling tahu tentang kehidupanmu. 

Namun, tetangga tetaplah tetangga. Nah, agar kamu bisa lebih santai menghadapi mereka, maka ada baiknya untuk mengatasi nyinyiran mereka dengan beberapa tips di bawah ini. 

1. Diamkan saja

5 Tips Ampuh Atasi Nyinyiran Tetangga biar Kamu Gak Terbebaniunsplash.com/Mubariz Mehdizadeh

Meski lelah dan kesal dengan banyaknya nyinyiran tetangga yang kamu dengar, tapi jangan sampai kamu melawannya. Diamkan saja dia karena semakin kamu kesal dan ingin melawannya, tapi gak bisa kamu lakukan, maka hatimu akan sakit sendiri.

Tutup telingamu dari mereka dan biarkan mereka lelah sendiri. Bila perlu, kamu harus tunjukkan prestasi dan juga kelebihan dirimu pada mereka agar mereka diam dengan pencapaianmu. 

2. Jangan terpancing untuk melawannya

5 Tips Ampuh Atasi Nyinyiran Tetangga biar Kamu Gak Terbebanipexels.com/Sam Lion

Jangan terpancing untuk melawan mereka, apa lagi balas dendam untyk menyinyirin balik karena itu percuma saja. Kamu gak akan ada bedanya dengan mereka. Tahan emosimu jika sampai kamu terpancing, maka urusannya akan semakin panjang.

Kamu dan tetanggamu bisa bermusuhan dan akhirnya banyak gosip buruk tentangmu. Kamu hanya akan rugi sendiri. Biarkan saja mereka menyinyirimu selagi memang kamu masih punya keluarga yang sayang dan peduli denganmu. 

3. Jangan umbar kehidupan kita

5 Tips Ampuh Atasi Nyinyiran Tetangga biar Kamu Gak Terbebaniunsplash.com/Riccardo Agostinelli

Sekarang kamu tahu kalau kamu memiliki tetangga yang kurang baik, dalam artian mereka yang selalu ingin tahu tentangmu dan akhirnya nyinyir tentang hidupmu. Oleh karena itu, guna mengatasinya, maka kamu jangan pernah terlalu mengumbar kehidupanmu pada mereka, entah sekedar cerita maupun menanyakan pendapat. Pasalnya dengan sekali saja kamu cerita, maka saat kamu gak ada cerita tersebut akan dibumbuhi oleh gosip dan akhirnya menyebar dengan ketidakbenaran.

Baca Juga: 5 Fakta Mendengar "Nyinyiran" Orang Tak Selamanya Buruk

4. Hindari bergabung atau ngobrol dengan mereka

5 Tips Ampuh Atasi Nyinyiran Tetangga biar Kamu Gak Terbebaniunsplash.com/Ben White

Mereka yang hobinya gosip dan nyinyir itu menunjukkan kalau meraka itu orang-orang yang toxic, maka jangan berteman, apa lagi bergabung dan ikut nongkrong dengan mereka karena kamu juga akan ketularan toxic-nya. Lebih baik jauhi mereka dan diam saja di rumah.

Jika kamu bergabung, maka kamu akan jadi tukang gosip dan nyinyir. Ketika kamu gak ada dan gak gabung bersama meraka, maka kamulah yang akhirnya jadi bahan untuk mereka nyinyiri lebih sadis. 

5. Hiduplah dengan bahagia

5 Tips Ampuh Atasi Nyinyiran Tetangga biar Kamu Gak Terbebaniunsplash.com/averie woodard

Buat pembatas antara kamu dan tetanggamu. Misalnya, dengan tidak berhubungan dengan mereka, tutup telingamu rapat-rapat dan abaikan apa yang meraka lakukan padamu.

Hiduplah dengan kehidupan yang kamu inginkan saat ini. Bahagiakan dirimu karena itu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan memikirkan nyinyiran tetangga saja. 

Daripada kamu lelah, marah dan ingin melawan, tapi takut memperkeruh keadaan, maka lebih baik lakukan saja tips di atas dalam hidupmu saat ini. Hal itu jauh lebih membuatmu tenang. Bahkan, kalau bisa kamu harus berteman dengan orang-orang yang punya sisi kepositifan agar kamu bisa hidup lebih bahagia. 

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Nyinyiran Orang Lain, Yuk Hadapi dengan Cerdas!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya