Comscore Tracker

5 Tips Lebih Produktif dan Berenergi Sepanjang Hari, Efektif!

Kamu bisa mulai terapkan hari ini juga

Siapa yang tidak ingin memiliki energi sepanjang hari sekaligus bisa melakukan semua tugas secara produktif? Tentu semua orang pasti menginginkannya, bukan?  

Nyatanya, hal ini memang tidak mudah untuk dimiliki. Ada strategi dan tips khusus mengisi diri penuh energi untuk beraktivitas selama seharian penuh. Jika kamu mau melakukannya, coba ikuti sederet inspirasi berikut ini, ya!

1. Rencanakan rutinitas harianmu di hari sebelumnya

5 Tips Lebih Produktif dan Berenergi Sepanjang Hari, Efektif!ilustrasi wanita menulis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Guna membuat seluruh hal yang kamu lakukan menjadi produktif, maka langkah awal yang kamu lakukan adalah merencanakan harimu. Ini mencangkup hal apa saja yang akan kamu kerjakan, kapan kamu harus mengerjakannya, dan mengatur waktu istirahatmu juga. Semuanya harus terperinci. 

Untuk memulai, luangkan beberapa menit untuk merencanakan semuanya. Jika kamu menghabiskan 5-10 menit untuk merencanakan di pagi hari sebelum memulai hari, maka itu bisa sangat bermanfaat. 

2. Sejajarkan pekerjaan dengan tujuan jangka panjangmu

5 Tips Lebih Produktif dan Berenergi Sepanjang Hari, Efektif!ilustrasi pria bekerja (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tujuan atau impian yang kamu miliki itu dapat membantumu terus berusaha. Tentunya, hal itu dicapai dengan kerja keras dengan menjalani hari-hari yang produktif. Oleh karena itu, kamu harus bisa mendedikasikan jam kerjamu agar selangkah lebih dekat dengan impianmu. 

Sebagai aturan praktis, untuk setiap tugas utama yang kamu kerjakan setiap hari, tanyakan pada diri sendiri, “haruskah aku menetapkan jam kerja lebih banyak untuk ini? Apakah ini membantuku mencapai tujuan jangka panjangku?”

Gunakan penilaian terbaikmu untuk memutuskan tugas mana yang membutuhkan perhatian penuh. Semakin dalam jam kerjamu selaras dengan tujuan jangka panjangmu, semakin cepat kamu akan mencapainya.

Baca Juga: 9 Alasan yang Bikin Gak Produktif, Siapa yang Masih Suka Rebahan?

3. Perhatikan jam kerjamu dengan serius

5 Tips Lebih Produktif dan Berenergi Sepanjang Hari, Efektif!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu harus menjaga energi sepanjang hari, kamu harus memberikan perhatian serius pada jam kerja yang kamu prioritaskan. Untuk melakukannya, kamu bisa mencoba untuk mengatur ponselmu dalam mode senyap, tutup kotak surat dan obrolan yang sering mengganggu perhatianmu, serta tutup pintu jika kamu sedang bekerja dari rumah. 

Kamu bisa menerapkan idemu sendiri untuk menghilangkan sumber gangguan apapun yang kamu temui di lingkunganmu. Tidak peduli seberapa kecilnya hal itu, kamu harus bisa mengatasinya. 

4. Jangan menjadwalkan harimu terlalu padat

5 Tips Lebih Produktif dan Berenergi Sepanjang Hari, Efektif!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/ThisIsEngineering)

Ketika kamu ingin produktif, kamu pasti ingin menjadwalkan seluruh harimu ke dalam jam kerja dengan banyaknya perhatian. Namun, itu kesalahan pemula klasik. Kamu harus menetapkan jam bebas di antara aktivitasmu.

Tidak peduli seberapa terorganisirnya dirimu, kejadian tak terduga pasti terjadi, yang mana dapat membuat jadwalmu tidak seimbang. Dalam kasus seperti itu, jika kamu memiliki waktu luang di antaranya, kamu dapat mengacak jam kerjamu dan menyelesaikannya pada waktu lain. Jadwal yang padat akan membuatmu percaya bahwa pendekatan ini terlalu membosankan untuk diterapkan. 

5. Jangan menghabiskan energi yang tidak perlu untuk membuat keputusan

5 Tips Lebih Produktif dan Berenergi Sepanjang Hari, Efektif!ilustrasi wanita bekerja (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sepanjang harimu, kamu akan membuat satu keputusan dalam satu waktu. Untuk membuat dan menetapkan keputusan, tentu harus melibatkan perhatian dan pemikiran. Jangan sampai kamu terburu-buru dan akhirnya semuanya jadi berantakan. 

Oleh karenanya, untuk hal-hal tidak perlu dan dapat ditunda dalam pengambilan keputusan, maka putuskan nanti. Sementara itu, untuk keputusan yang harus segera dibuat, maka tinggalkan beberapa tugas terlebih dahulu sambil memikirkan dengan tenang keputusan yang akan kamu ambil. 

Tidak peduli di lingkungan mana kamu berada, berbagai sumber akan mengklaim perhatianmu dan menghabiskan energimu hingga membuatmu tak produktif. Untuk meningkatkan produktivitas dan energimu, kamu bisa mempraktikkan semua cara di atas mulai dari sekarang, yuk!

Baca Juga: 7 Tips Menata Ruang Kerja yang Nyaman agar Kamu Makin Produktif

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya