Comscore Tracker

5 Cara Turunkan Standar Kebahagiaan, Buatmu Lebih Menghargai Hidup

Berani melakukannya? 

Sebagai manusia, kamu pasti sering merasa tidak puas akan hidup dan kebahagiaan yang kamu dapat. Selalu memandang bahwa hidup orang lain jauh lebih baik daripada kamu. Padahal, tanpa kamu ketahui, setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing dan sebagian orang tidak memperlihatkan kesedihannya di hadapan orang lain. 

Mengukur kebahagiaan orang lain dengan kebahagiaanmu tidak akan pernah ada habisnya. Akan selalu saja ada orang yang hidupnya jauh lebih bahagia. 

Daripada kamu memikirkan hal tersebut, akan lebih baik jika kamu menurunkan standar kebahagiaan yang kamu pikirkan selama ini. Nah, berikut ini lima cara turunkan standar kebahagiaan bagi diri sendiri. 

1. Ubah mindsetmu tentang standar kebahagiaan

5 Cara Turunkan Standar Kebahagiaan, Buatmu Lebih Menghargai Hiduppexels.com/bruce mars

Standar kebahagiaan yang banyak dianut oleh banyak orang saat ini adalah memiliki kekayaan berlimpah. Dengan memiliki uang dan kekayaan yang banyak, hidupmu akan jauh lebih mudah untuk dijalani.

Namun, jika kebahagiaan hanya berpatok uang, maka hidup sangat sempit sekali. Mulai sekarang ubahlah mindset-mu bahwa bahagia bukan hanya tentang uang. Masih ada hal lainnya yang jauh lebih menyenangkan asalkan kamu bersyukur. 

2. Kebahagiaan diciptakan oleh dirimu sendiri

5 Cara Turunkan Standar Kebahagiaan, Buatmu Lebih Menghargai Hiduppexels.com/just name

Kebahagiaan yang kamu miliki adalah sesuatu yang kamu ciptakan sendiri, bukan dari standar kehidupan orang lain. Tidak ada yang namanya kebahagiaan tercipta dari kekayaan yang kita miliki.

Kebahagiaan adalah tentang cara kita bersyukur dan menerima segala hal dalam hidup. Kebahagiaan karena kekayaan hanya berpengaruh sedikit. Selebihnya yang menentukan bahagia adalah dirimu sendiri.

Oleh karena itu, ciptakanlah standar kebahagiaanmu sendiri. Tidak perlu mewah yang penting kamu senang dan nyaman dengan hal itu. 

Baca Juga: 5 Perilaku Sederhana yang Justru Sering Membuatmu Menunda Kebahagiaan

3. Kebahagiaan bukan terpatok pada uang

5 Cara Turunkan Standar Kebahagiaan, Buatmu Lebih Menghargai Hiduppexels.com/Artem Beliaikin

Memiliki uang banyak memang membuat hidupmu jauh lebih mudah untuk dijalani. Namun, kamu harus tahu bahwa uang hanya menyumbang sedikit sekali rasa bahagia dalam hidupmu.

Tidak selamanya uang dapat memberikan kebahagiaan. Malahan banyak orang yang memiliki banyak masalah saat kondisi keuangan mereka sedang berjaya. Jika kamu berpendapat bahwa uang adalah sumber kebahagiaan, maka seluruh hidup yang kamu jalani akan selalu merasa kurang. 

4. Berbagilah, maka kamu akan bahagia

5 Cara Turunkan Standar Kebahagiaan, Buatmu Lebih Menghargai Hiduppexels.com/tear cordez

Terkadang kebahagiaan dapat tercipta manakala kamu dapat berbagi rezeki dengan orang lain. Membagikan rezekimu tidak akan membuatmu merasa kekurangan. Malahan, kamu akan selalu mendapatkan rezeki yang jauh lebih banyak tanpa disangka-sangka.

Bukan hanya sekadar rezeki saja yang bakal bertambah. Rasa bahagia juga akan tercipta dengan sendirinya saat kamu melihat orang yang kamu bantu merasa bahagia juga.

5. Hidup sederhana

5 Cara Turunkan Standar Kebahagiaan, Buatmu Lebih Menghargai Hiduppexels.com/burst

Bukan kemewahan yang membuatmu bahagia. Justru dengan hidup sederhana yang dapat membuatmu kian bahagia.

Dengan menjadi sederhana kamu tidak perlu memusingkan banyak hal. Cara hidup sederhana, yakni dengan tampil apa adanya, tidak memaksakan hal sulit dan menerima keadaan yang ada. 

Itulah lima cara menurunkan standar kebahagiaan. Pada awalnya akan sulit untuk dilakukan, tapi jika terus menerus berusaha, kamu dapat mewujudkan semuanya. 

Baca Juga: Bahagia Itu Sederhana Asalkan Kamu Mau Terapkan 5 Prinsip Hidup ini

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya