Comscore Tracker

Sedang Kesepian? Coba Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Kenali dirimu, lalu atasi kesepianmu 

Kesepian adalah situasi pikiran seseorang yang kerap ditandai perasaan terisolasi. Hal ini membuat seseorang menginginkan adanya interaksi dengan orang lain. Namun, keadaan pikiran orang tersebut membuatnya tidak bisa melakukannya. Misalnya, seorang pekerja yang merasa kesepian walaupun di kantor tersebut terdapat banyak karyawan lainnya.

Situasi ini dapat dialami oleh siapa saja dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Kesepian hanya dapat diatasi jika kita memang benar-benar ingin keluar dari rasa tersebut. Coba terapkan enam cara berikut agar kamu tidak merasa kesepian lagi.

1. Bergabung dengan grup yang sesuai minat atau hobimu  

Sedang Kesepian? Coba Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mengatasinyailustrasi perempuan menggambar (pexels.com/Jadson Thomas)

Kegiatan ini biasanya menghadirkan orang-orang baru yang membuat kamu mau tidak mau berkenalan dengan mereka. Bergabung dengan grup yang sesuai minat atau hobimu diharapkan akan membuatmu merasa nyaman dan mulai terbuka karena persamaan tersebut.

Jika menyukai membaca kamu bisa bergabung pada klub membaca, jika menyukai menulis kamu pun bisa bergabung dengan klub menulis, dan jika menyukai melukis, fotografi ataupun hobi lainnya kamu pun bisa bergabung dengan klub-klub tersebut, begitupun hobi lain dan seterusnya.

2. Selalu mengharapkan hal yang baik 

Sedang Kesepian? Coba Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mengatasinyailustrasi orang yang optimis (pexels.com/Andrea)

Orang yang kesepian sering kali merasa tidak dipedulikan dan ditolak. Mereka mengansumsikan dirinya tidak penting dalam lingkungan sosial. Oleh sebab itu, kerap memilih mengasingkan diri dari pergaulan. Padahal itu hanya ada di pikiran mereka sendiri, orang di sekitar ingin sekali berteman namun kebanyakan orang kesepian menghindarinya.

Agar tidak terjadi hal yang demikian, kamu harus mengalihkan pikiran buruk tersebut ke arah yang lebih positif dan pengharapan diri yang lebih baik. Dengan begitu diharapkan kamu bisa lebih memiliki semangat diri untuk terbuka secara sosial.

3. Fokus pada pengembangan diri yang berkualitas 

Sedang Kesepian? Coba Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mengatasinyailustrasi pengembangan diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pengembangan diri haruslah dimulai dari diri sendiri karena yang dapat mengubahnya ke arah yang lebih baik adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. Sebab hanya kita yang mengetahui kekurangan yang dimiliki. Maka dari itu, kita juga lah yang bisa mengubah dan memperbaikinya.

Pengembangan diri dapat dilakukan melalui berbagai cara, yaitu dengan membaca buku self development, mengikuti seminar dengan tema yang diminati, konsultasi dengan profesional, ataupun kegiatan positif lainnya.

Baca Juga: 5 Kunci Utama Tingkatkan Sabar agar Potensi Diri Terbuka Lebar

4. Kesepian adalah tanda bahwa ada sesuatu dalam hidup yang perlu diubah 

Sedang Kesepian? Coba Lakukan 6 Cara Ini Untuk MengatasinyaIlustrasi wanita sedang merenung (pexels.com/Marcelo Chagas)

Kenali dirimu dengan bertanya terhadap diri sendiri seperti, "mengapa saya merasa kesepian? apakah diri saya yang memang tidak mau terbuka dengan orang lain ataukah hanya pikiran saya saja?" Adanya pertanyaan tersebut menandai bahwa kamu berusaha mencoba untuk berubah. Mulailah ambil langkah-langkah yang dapat membantumu memperbaiki diri.

Tidak perlu langkah besar, namun langkah kecil pun sudah cukup untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Jika kamu merasa kesepian dan itu memengaruhi perasaanmu, lakukan usaha untuk keluar dari kesepian tersebut dengan cara memikirkan dampaknya yang salah satunya memperburuk kualitas hidupmu.

5. Kuatkan hubungan saat ini 

Sedang Kesepian? Coba Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mengatasinyailustrasi sedang tertawa bersama (pexels.com/Elena Fairytale)

Membangun hubungan baru dengan orang lain memang sangat penting, namun memperkuat hubungan dengan teman atau keluarga yang mengenal kita dari dulu tak kalah pentingnya. Pererat kasih sayang pada orang tua, adik beserta kaka, karena keluarga adalah salah satu support system terbaik yang kita miliki.

Hubungi teman dekat yang sekiranya memiliki kepribadian baik dan cocok denganmu lalu tanyai kabarnya saat ini. Jika ia merespon baik, kamu boleh untuk membangun dan mengeratkan hubungan bersama dengannya lagi. Namun jika sebaliknya, maka kamu bisa mencari teman baru yang kepribadiannya cocok denganmu.

6. Berbicaralah dengan orang yang kamu percayai 

Sedang Kesepian? Coba Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mengatasinyailustrasi orang mengobrol (unsplash/Amy Hirschi)

Bersifat terbuka dengan kondisimu saat ini. Bicarakan dirimu yang tengah kesepian dengan orang yang kamu percayai seperti teman dekat, keluarga ataupun ahli profesional seperti psikolog. Dengan begitu diharapkan kamu tidak merasa kesepian lagi. Membicarakan tentang kehidupan dengan orang lain bisa mengusir rasa kesepian dan menimbulkan rasa nyaman karena merasa ditemani.

Sebelum itu, penting memastikan bahwa orang yang menemanimu adalah orang yang memang benar-benar kamu percayai. Hal ini agar pembicaraan kalian tidak tersebar kemana-mana yang akan menyebabkan kamu akan sulit terbuka pada orang lain lagi.

Kesepian dapat membuat fisik sekaligus mental mengalami sakit yang serius. Jadi, alangkah baiknya jika kamu bisa mengenali diri sendiri. Dengan begitu kamu akan dapat membedakan antara merasa kesepian atau sedang ingin sendiri. Jika saat ini kamu sedang berjuang mengatasi kesepian, pertimbangkan untuk konsultasi dengan tenaga profesional. Selalu ingat bahwa akan selalu ada orang yang ingin membantumu.

Putri Setyaningrum Photo Writer Putri Setyaningrum

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya