Comscore Tracker

6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Suasana Hatimu Buruk 

Suasana buruk dapat terjadi kapan pun

Suasana hati setiap orang bisa berubah-ubah, kadang senang dan sedih. Jika suasana hatimu sedang buruk, mungkin kamu belum punya panduan dalam menghadapinya. Enam cara di bawah ini bisa bikin kamu lebih tenang ketika ada di dalam fase tersebut.

Gak perlu terburu-buru daripada salah melangkah, enam langkah di bawah ini bisa kamu coba terapkan.

1. Sederhanakan hidupmu 

6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Suasana Hatimu Buruk Pexels.com/Andrea Piacquadio

Banyak faktor yang membuat suasana hatimu buruk, mungkin sesuatu terjadi di hidupmu, sesuatu tidak berjalan dengan lancar ataupun keinginan tidak sesuai dengan kenyataan. Refleksikan dengan menyederhanakan apa pun yang terjadi di hidupmu.

2. Berbicara kepada orang yang tepat 

6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Suasana Hatimu Buruk Photo by mentatdgt from Pexels

Ceritakan hari burukmu kepada orang yang menurutmu tepat seperti sahabat atau siapa pun yang sekiranya tidak akan menghakimimu atas masalah yang terjadi di hidupmu, jangan sampai kamu bercerita kepada orang yang salah, karena ketika kamu menceritakan kepada orang yang salah, kamu akan malah tambah merasa tertekan.

3. Hindarkan pikiran negatif 

6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Suasana Hatimu Buruk Photo by Renan Lima from Pexels

Ketika kamu memiliki suasana hati buruk pasti pikiran negatif akan datang menghampiri, tugas kamu adalah menyingkirkan pikiran negatif tersebut, berusaha memikirkan hal-hal positif yang datang ke kehidupanmu.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Suasana Hati yang Cenderung Sensitif, Sudah Tahu?

4. Pergi jalan-jalan menghirup udara segar 

6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Suasana Hatimu Buruk Photo by Thiều Hoàng Phước from Pexels

Setelah suasana buruk, coba kamu keluar rumah, mencium udara segar, tarik napas perlahan lalu keluarkan, jalan keluar rumah entah hanya ke warung membeli permen, ataupun makanan ringan, mengobrol dengan pemilik warung ataupun anak kecil yang sedang bermain di sekitar rumahmu, itu akan membantu suasana hatimu lebih baik, asal kamu mengobrolnya tidak dengan orang yang menyebalkan, ya.

5. Melakukan kegiatan yang kamu sukai 

6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Suasana Hatimu Buruk Photo by Gabby K from Pexels

Misal kamu suka membaca buku, kamu coba untuk membaca buku untuk mengembalikan suasana hatimu yang buruk, namun ingat bacalah buku yang tidak terlalu membuat kamu berpikir terlalu keras, bisa buku genre komedi ataupun bacaan ringan lainnya. selain membaca buku kamu dapat melakukan kegiatan positif lain yang kamu sukai.

6. Kunjungi profesional jika bad mood terus berlanjut

6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Suasana Hatimu Buruk pexels/mentatdgt

Jika kamu telah melakukan hal-hal di atas namun kamu masih merasakan suasana hati yang buruk terlalu lama dan telah mengganggu kehidupan kamu. Ini waktunya kamu mengunjungi seorang profesional di bidangnya. Namun ketika masih pada tahap awal sebaiknya kamu pergi ke psikolog untuk mendapatkan penanganan awal.

Suasana hati yang buruk atau bad mood itu wajar terjadi bila masih dalam batas normal, bad mood dapat terjadi karena suatu hal tidak sesuai keinginan kita, ada sesuatu yang tidak kita suka ataupun mengesalkan yang terjadi. Namun, diingat bahwa jika sudah mengganggu kehidupan kita seperti bad mood sepanjang hari, minggu bahkan bulan. Maka itu sudah bukan dalam batas normal, kamu sudah harus mengunjungi profesional.

Percayalah akan selalu ada pelangi ketika hujan reda. Begitu pun kamu akan selalu ada hari bahagia ketika kamu telah dihantam oleh berbagai masalah kehidupan. Hari sulit itu segera berlalu, lalu senyum akan tersimpul di bibirmu. Semangat selalu.

Baca Juga: 6 Solusi Paling Ampuh Biar Kamu Gak Badmood Lagi, Berani Coba Gak?

Putri Setyaningrum Photo Writer Putri Setyaningrum

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya