Comscore Tracker

7 Hal yang Tak Disadari Jadi Tanda Kamu Kurang Bersyukur

Ini lho yang bikin kamu gak bahagia!

Rasa syukur bisa jadi kunci kebahagiaan yang sayangnya tidak semua orang menerapkannya. Sebagian bahkan tidak sadar apa yang ia lakukan sehari-hari justru mencerminkan tanda ia kurang bersyukur, seperti tujuh hal di bawah ini. Apakah kamu salah satunya?

1. Membandingkan diri dengan orang lain

7 Hal yang Tak Disadari Jadi Tanda Kamu Kurang BersyukurUnsplash.com/Ethan Sykes

Apa yang kita lihat belum tentu yang sebenarnya. Bisa jadi ada seseorang rela makan hanya sehari sekali demi ponsel baru yang ia pamerkan di sosial media. Tapi kita hanya lihat enaknya saja, kan?

Membandingkan diri dengan kelebihan orang lain hanya akan menumbuhkan rasa iri dan lupa ada begitu banyak karunia yang telah kita terima. Setiap orang punya jalan hidup masing-masing termasuk soal materi, fisik, kesehatan, karier, keluarga, dan banyak aspek lainnya.

2. Sering mengeluh

7 Hal yang Tak Disadari Jadi Tanda Kamu Kurang BersyukurUnsplash.com/Fernando @cferdo

Orang yang tak pandai bersyukur biasanya akan mengeluhkan banyak hal bahkan se-simple bilang "Duh..." saat pekerjaan lagi berat-beratnya. Atau bilang "Yah..." waktu kenyataan gak berjalan sesuai keinginan. Padahal hanya rintangan kecil dan banyak orang di luar sana yang ingin berada di posisi mereka namun belum punya kesempatan.

3. Sering memperhatikan kekurangan diri dibandingkan kemampuan diri

7 Hal yang Tak Disadari Jadi Tanda Kamu Kurang BersyukurPexels.com/Pixabay

Minder dan rendah diri adalah salah satu tanda seseorang kurang bersyukur. Padahal setiap orang tentu dibekali kemampuan dan keterampilan spesial, tapi karena hanya fokus pada kekurangan diri saja bakat tersebut akhirnya terpuruk.

Sadar akan kekurangan diri sendiri memang bagus, tapi jangan sampai jadi hambatan dan muncul penyesalan. Cobalah lebih peka terhadap kelebihan yang kamu punya dan bersyukur karena telah mendapatkannya.

4. Selalu merasa berjuang dan susah sendirian

7 Hal yang Tak Disadari Jadi Tanda Kamu Kurang BersyukurUnsplash.com/Ben White

Waktu menghadapi sebuah masalah, banyak orang merasa bahwa hidupnya yang paling sengsara dan tidak ada orang yang bisa mengerti keadaannya. Padahal ada sahabat, keluarga, atau bahkan pasangan yang siap membantu dan memberi dukungan saat ia terbuka tentang masalahnya.

Baca Juga: Bersyukur, 5 Zodiak Ini Selalu Menghargai Hal-Hal Kecil Dalam Hidup

5. Melihat suatu kejadian secara pesimis

7 Hal yang Tak Disadari Jadi Tanda Kamu Kurang BersyukurUnsplash.com/Jonathan Rados

Sebuah keadaan akan ditentukan berdasarkan bagaimana seseorang melihat perkara. Jika hanya fokus pada hal negatifnya saja, kita tidak akan pernah belajar dan mendapatkan hikmah di baliknya. Ia hanya menganggap suatu tragedi sebagai kemalangan yang menyesakkan dan menyengsarakan.

6. Merasa lebih banyak kehilangan daripada menerima

7 Hal yang Tak Disadari Jadi Tanda Kamu Kurang BersyukurUnsplash.com/Francisco Gonzalez

Melihat sebuah cobaan dari sisi positifnya akan membuat kita makin bersyukur dan kuat menghadapinya. Rasa kurang bersyukur akan membuat sisi positif ini tergerus sikap pesimis yang membuat seseorang merasa dirugikan.

7. Sering berlarut-larut dalam penyesalan

7 Hal yang Tak Disadari Jadi Tanda Kamu Kurang BersyukurUnsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Kita tidak akan pernah tahu ada hikmah di balik masalah jika selalu membawa-bawa penyesalan. Padahal sedalam apa pun rasa sesalmu tak akan mengubah apa yang sudah terjadi. Waktu tidak akan terulang kembali,  tapi kita bisa kehilangan lebih banyak waktu untuk menyesali ketimbang memperbaiki.

Segala hal itu bisa disyukuri kok, tergantung cara kita memandangnya. Semoga mulai hari ini kamu lebih mensyukuri segala hal yang terjadi dalam hidup ya.

Baca Juga: Sudah Sepatutnya Kita Bersyukur Atas 5 Hal Sederhana Ini

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Pinka Wima

Just For You