Comscore Tracker

Waktu Kerap Terbuang Percuma? Ini 5 Tips Sukses Mengaturnya

#GoodLife Orang sukses gak membuang waktu

Dalam melakukan aktivitas, banyak orang yang masih merasa waktu tidak cukup. Padahal, orang tersebutlah yang sebenarnya tidak memanfaatkan waktunya dengan baik. Akibatnya pun, pekerjaan yang dilakukannya tidak terselesaikan. Selain itu, banyak juga yang mengorbankan waktunya istirahatnya untuk berkerja. Sehingga membuat dirinya menjadi teraniaya.

Banyak masyarkat yang tidak peduli bahkan tidak tahu cara mengatur waktunya. Mengatur waktu itu sangat sederhana dan mudah. Ini ada beberapa cara mengatur waktu.

1. Buat skala prioritas

Waktu Kerap Terbuang Percuma? Ini 5 Tips Sukses MengaturnyaPixabay/Steve Raubenstine

Kita harus membuat kegiatan apa yang penting dilakukan. Ini bertujuan agar kita dapat melakukannya dengan baik, karena kegiatan penting itu sangat berguna bagi kita. Sedangkan kegiatan yang tidak penting dapat kita lakukan setelah kegiatan penting selesai dilakukan. Dengan cara ini, kita dapat melakukan kegiatan dengan terencana.

2. Bagi kegiatan dalam beberapa waktu

Waktu Kerap Terbuang Percuma? Ini 5 Tips Sukses MengaturnyaPexels/StartupStockPhotos

Kita tidak mungkin dalam melakukan segala kegiatan dalam satu waktu. Ini akan membuat kita menjadi cepat lelah dan hasilnya pun juga tidak baik. Dengan membagi waktu, kita dapat menjaga stamina yang kita miliki. Selain itu, kita juga harus memberi waktu untuk beristirahat. Sehingga kita tidak jenuh dalam melakukan aktivitas.

Baca Juga: 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Merasa Harimu Gak Produktif

3. Fokus dalam melakukan sesuatu

Waktu Kerap Terbuang Percuma? Ini 5 Tips Sukses MengaturnyaPexels/MohamedAbdelgaffar

Fokus penting dalam melakukan kegiatan, karena konsentrasi kita hanya terpusat pada satu kegiatan saja. Jika kita fokus, kita dapat menyelesaikan pekerja dengan baik dan cepat. Fokus juga membuat kita tidak mudah membuang-buang, sehingga kita juga bisa melakukan kegiatan yang lain.

4. Jangan membuang waktu

Waktu Kerap Terbuang Percuma? Ini 5 Tips Sukses MengaturnyaPexels/Fotografierende

Waktu kita akan terbuang, jika kita melakukan hal-hal kecil yang tidak penting. Sehingga kegiatan lain pun tidak terselesaikan. Jadi, waktu yang kita miliki harus kita gunakan untuk melakukan yang penting dulu. Setelah selesai, baru kita melakukan hal-hal kecil tersebut agar hasilnya baik.

5. Berkomitmen dalam melakukan sesuatu

Waktu Kerap Terbuang Percuma? Ini 5 Tips Sukses MengaturnyaPixabay

Ini sangat penting dilakukan agar kita tidak mengabaikan berbagai hal yang kita butuhkan. Dengan memiliki komitmen, kita dapat mengerjakan sesuatu yang kita butuhkan dengan baik. Komitmen menjadi semangat bagi kita dalam melakukan berbagai hal.

Itu dia tips sukses mengatur waktu agar gak terbuang percuma. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Dirimu Mulai Lelah dan Butuh Waktu untuk Diri Sendiri

Raffi Aldhi Photo Community Writer Raffi Aldhi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You