Comscore Tracker

Berhentilah Menjadi People Pleaser, Demi Kesehatan Jiwa di Masa Depan!

Tidak selamanya berbuat baik itu selalu positif

Pernahkah kamu merasa tidak enak ketika menolak permintaan orang lain? Mungkin bisa jadi kamu termasuk pada golongan people pleaser atau orang yang selalu berusaha menyenangkan orang lain. 

Menurut Leon F. Seltzer psikolog dari Evolution of the Self mengatakan people pleaser disebabkan oleh didikan keluarga. Orang tua selalu menuntut anak untuk menjadi orang baik tanpa menyadari bahwa anak ingin menjadi diri sendiri. Lantas, jika kita memiliki kebiasaan untuk selalu menyenangkan orang lain apa yang bisa kita lakukan?

1. Menyadari apa yang dilakukan

Berhentilah Menjadi People Pleaser, Demi Kesehatan Jiwa di Masa Depan!https://unsplash.com/@benwhitephotography

Berusaha menyenangkan orang lain dengan menolong orang lain merupakan hal yang berbeda. Berusaha menyenangkan orang lain merupakan tindakan menebak apa yang diinginkan dan diharapkan orang lain. Kita harus menyadari sedang berusaha menyenangkan orang lain.

Hal yang perlu dilakukan yaitu merenungkan apa yang akan dirasakan orang lain ketika kita menolong mereka dengan terpaksa hanya karena ingin dianggap sebagai penolong.

2. Harus bersikap tega

Berhentilah Menjadi People Pleaser, Demi Kesehatan Jiwa di Masa Depan!https://unsplash.com/@nadineshaabana

Orang dengan kecenderungan people pleaser selalu mengalami kesusahan saat mengatakan kata "tidak" ketika dimintai pertolongan. Mereka akan merasa tidak enak ketika menolak permintaan orang lain. Maka dari itu berlatihlah untuk bersikap tega kepada orang lain.

Bukan berarti tidak boleh menolong tetapi jika saat menolong orang lain kamu sedang tidak bisa dari segi waktu, tenaga ataupun materi maka jangan sungkan untuk mengatakan "tidak".

Baca Juga: Bukan People-Pleaser, 6 Karakter Ini Bikin Kamu Disukai Banyak Orang

3. Mintalah bantuan orang lain

Berhentilah Menjadi People Pleaser, Demi Kesehatan Jiwa di Masa Depan!https://www.pexels.com/@punttim

Seorang people pleaser akan merasa tidak percaya diri ketika meminta bantuan orang lain. Mereka tidak ingin terlihat lemah dan selalu bersikap baik-baik saja. Maka mulailah untuk meminta bantuan orang lain sebagaimana orang lain meminta bantuan kepada kita.

Jangan merasa tidak enak dan takut merepotkan asal meminta tolong dengan cara yang baik, tidak berlebihan serta dirasa orang tersebut cukup mempuni untuk menolong kita. Ketahuilah karena sejatinya manusia hidup tidak sendiri tetapi saling berkaitan. 

4. Tentutkan kemampuan diri

Berhentilah Menjadi People Pleaser, Demi Kesehatan Jiwa di Masa Depan!https://www.pexels.com/@startup-stock-photos

Setiap manusia memiliki kemampuan untuk berkembang dengan menjadi diri tanpa harus berpura-pura menjadi orang lain. Asah mental dan kepercayaan diri kamu untuk tampil apa adanya. Buatlah daftar pencapaian yang akan diraih serta cara melakukannya.

Mulai ikut komunitas-komunitas yang dirasa bisa mengembangkan diri kamu. Tentukan mana prioritas dan bukan prioritas untuk diri kamu ataupun yang berkaitan dengan orang lain.

5. Mulai batasi diri

Berhentilah Menjadi People Pleaser, Demi Kesehatan Jiwa di Masa Depan!https://www.pexels.com/@fauxels

Mulailah batasi dengan jelas ketika menolong orang lain. Misalkan ketika kamu dimintai tolong membantu mengerjakan tugas kuliah jelaskan bahwa kamu hanya bisa membantu menjelaskan maksud tugas dan memberikan referensi sumber tidak lebih dari itu.

Ketahuilah ketika kita membantu orang lain terus menerus secara tidak langsung akan membuat orang tersebut malas. Menolak permintaan orang lain pun bukan berarti membuat kamu menjadi egois dan arogan. Jangan takut untuk berdiskusi atau meminta masukan dari orang lain. 

Berhenti menjadi people pleaser memang tidak bisa dilakukan secara instan. Perlu keyakinan diri yang kuat serta waktu yang lama. Perlu ditegaskan pada diri sendiri bahwa sampai kapanpun melakukan tindakan untuk menyenangkan orang lain tidak akan menemui titik kepuasan.

Bagaimanapun hal yang utama adalah kebahagian dan kesehatan mental kamu. Yuk segera sadari dan hentikan!

Baca Juga: Jangan Diterusin, 7 Alasan Kamu Harus Berhenti Jadi People Pleaser

rafni Photo Community Writer rafni

Amour Pour Vous

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You