Comscore Tracker

Renungkan 5 Hal Ini Saat Kamu Merasa Hidupmu Sia-sia

Kegagalan bukan akhir dari segalanya

Setiap orang memiliki impiannya sendiri dalam menjalani hidup. Untuk mencapai hal tersebut tentu harus ada perjuangan yang dilakukan. Namun tak jarang dalam memperjuangkannya, banyak orang merasa jenuh dan gagal hingga merasa apa yang telah diusahakan selama ini hanya akan berakhir sia-sia.

Akibatnya akan membuat diri merasa tidak berguna dan menjadi hal yang sia-sia dalam artian yang sesungguhnya. Jika kamu mengalami fase ini, maka renungkan 5 hal ini sebelum merasa hidupmu telah sia-sia.

1. Hidup itu berproses

Renungkan 5 Hal Ini Saat Kamu Merasa Hidupmu Sia-siaunsplash.com/ Eli DeFaria

Mengalami suatu kegagalan dalam hidup bukanlah suatu hal yang salah. Anggaplah hal itu menjadi salah satu fase yang harus kamu lewati sebelum mencapai keberhasilan. Nikmatilah seluruh prosesnya meskipun kamu perlu mengalami hal-hal yang menyakitkan. Kamu gak akan tau akhir perjuanganmu jika berhenti di tengah jalan hanya karena merasa telah melakukan hal yang sia-sia kan?

2. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Renungkan 5 Hal Ini Saat Kamu Merasa Hidupmu Sia-siaunsplash/Joshua Sazon

Banyak orang yang tak cukup memahami kemampuan apa yang ada didalam dirinya sendiri. Akibatnya seseorang akan terus membandingkan pencapaiannya sendiri dengan orang lain yang lebih dulu meraih kesuksesannya.

Dibandingkan dengan menuntut diri sendiri untuk menjadi sama dengan orang lain, alangkah lebih baiknya jika kamu menjadikan itu sebagai motivasi untuk maju dengan menyesuaikan kemampuan yang kamu miliki.

3. Tekuni apa yang sedang kamu jalani

Renungkan 5 Hal Ini Saat Kamu Merasa Hidupmu Sia-siaunsplash,com/Christin Hume

Sebelum mengambil keputusan untuk mulai memperjuangkan sesuatu, pastikan kamu benar-benar menginginkan hal tersebut hingga akhir. Jadikan kegagalan sebagai kesempatan untuk kembali belajar dan memperbaiki kesalahan. Melangkah lah dengan tekun sampai akhirnya kamu menemukan hasil yang kamu harapkan.

Baca Juga: 5 Film Ini Mengajarkan Kita Tentang Sebuah Nilai Kehidupan Keluarga

4. Memberi jeda untuk dirimu sendiri

Renungkan 5 Hal Ini Saat Kamu Merasa Hidupmu Sia-siahellosehat.com

Berjuang itu lelah, maka kamu perlu memberi jeda pada dirimu sendiri untuk beristirahat. Tidak ada salahnya untuk sejenak berhenti dan mencari sedikit hiburan di luar rutinitas. Kurangnya hiburan mungkin menjadi salah satu solusi dari kejenuhan yang kamu alami.

5. Percaya bahwa kamu memiliki jalan sendiri untuk berhasil

Renungkan 5 Hal Ini Saat Kamu Merasa Hidupmu Sia-siaunsplash.com/Tamara Bellis

Dalam memperjuangkan keberhasilan, kamu hanya perlu maju di jalanmu sendiri. Berhenti menoleh atau berpindah ke jalan orang lain. Jangan pernah pula berbalik arah karena merasa jalan yang kamu lalui tidak memiliki titik akhir. Percayalah bahwa setiap individu memiliki jalur dan waktu masing-masing untuk mencapai kesuksesan selama ia mau terus berusaha mencapainya.

Berhenti menganggap hidupmu sia-sia dan terus melangkah hadapi kehidupanmu dengan bahagia, ya!

Baca Juga: 6 Tipe Kesibukan yang Harus Sering Dilakukan Demi Hidup Bahagia

Rahmalia Nurida Photo Community Writer Rahmalia Nurida

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You