Comscore Tracker

Inspiratif! 7 Pesan Dita Karang Secret Number Wujudkan Mimpi 

Hari ini adalah kumpulan harapan dan perjuangan di masa lalu

Sejak debut pertamanya 19 Mei lalu, kini Dita Karang menjadi pusat perhatian para pecinta industri KPOP tanah air. Pasalnya, gadis lulusan American Musical and Dramatic Academy (AMDA), New York, Amerika Serikat ini menjadi orang Indonesia yang berhasil debut sebagai member grup wanita Korea Selatan, Secret Number.

Banyak rintangan yang ia hadapi, namun hal itu tidak membuatnya berhenti berjuang mewujudkan mimpi. Bagaimana Dita bertahan hingga kini ia berada di awal puncak kariernya?

Berikut pesan tersirat Dita Karang saat diwawancarai Dian Sastrowardoyo, live Instagram pada Minggu (24/5) kemarin.

1. Tahu apa yang kamu mau 

Inspiratif! 7 Pesan Dita Karang Secret Number Wujudkan Mimpi Instagram.com/dita.icons

Hal ini menjadi langkah awal Dita mewujudkan mimpinya. Ketertarikan pada dunia tari sejak kecil menuntun Dita untuk disiplin berlatih, melanjutkan studi di AMDA New York selepas SMA, hingga debut sebagai member Secret Number. Mengetahui apa yang ia inginkan membuat Dita tahu alasan disetiap keputusannya, termasuk bangkit di saat ia merasa putus asa.  

2. Negosiasikan rencanamu dengan orangtua

Inspiratif! 7 Pesan Dita Karang Secret Number Wujudkan Mimpi Instagram.com/ditakarangonly

Tidak mudah baginya meyakinkan orang tua atas keputusannya melanjutkan studi bidang tari di Amerika Serikat. Berbagai cara ia lakukan, termasuk mencari berbagai informasi beasiswa dan sekolah yang akan mendukung karirnya.

Berkat negosiasi yang baik, ia pun mendapat dukungan keluarga untuk melanjutkan studi di AMDA, New York dengan beasiswa partially funded. Tidak hanya itu, restu orang tua menjadi dukungan mental bagi Dita dalam menghadapi masa sulit.

Baca Juga: 12 Fakta Dita Karang, Member Secret Number yang Berasal dari Yogya

3. Kenali kekurangan diri dan atasi dengan caramu 

Inspiratif! 7 Pesan Dita Karang Secret Number Wujudkan Mimpi Instagram.com/ditakarang

Sebagai seseorang yang tidak mudah membuka obrolan dengan orang lain dan pengalaman pertamanya hidup jauh dari keluarga, Dita memilih tinggal di dorm mahasiswa selama masa studinya di AMDA dibandingkan apartemen.

Menyadari bahwa hidup di luar negeri tidak bisa hanya mengandalkan diri sendiri, untuk mengatasi kekurangan dirinya tersebut ia memilih dorm karena kesempatan memiliki teman dekat jauh lebih mudah.

4. Bertanggung jawab atas keputusan yang diambil 

Inspiratif! 7 Pesan Dita Karang Secret Number Wujudkan Mimpi Instagram.com/ditakarangonly

Ketika ia memutuskan untuk menekuni bidang yang disukai, Dita berani bertanggung jawab atas pilihannya. Salah satunya saat ia memilih untuk debut di Korea Selatan, ia bertekad untuk bisa berkomunikasi dalam Bahasa Korea.

Ia menyadari bahwa kariernya di Korea Selatan tidak hanya sekadar debut namun juga berbaur dengan budayanya. Oleh karena itu, selama masa training, ia juga mengambil les bahasa selama satu jam setiap harinya serta belajar otodidak dengan menonton drama Korea dan berkomunikasi dengan staf dan member Secret Number.

Meski lelah dengan segudang aktivitas, ia tetap berusaha belajar Bahasa Korea. Alhasil sekitar 5 hingga 6 bulan di Korea, ia sudah bisa berkomunikasi lebih leluasa.

5. Jangan berputus asa saat menghadapi kegagalan 

Inspiratif! 7 Pesan Dita Karang Secret Number Wujudkan Mimpi Instagram.com/secret_number_fanss

Setelah lulus AMDA, ia mengikuti banyak audisi dengan tingkat persaingan yang ketat. Daftar berbagai audisi namun seringkali tidak lolos, termasuk audisi yang diselenggarakan oleh agensi Korea Selatan di New York.

Menurutnya, menjadi lulusan AMDA bukanlah jaminan untuk lolos. Melihat peluang karir di Amerika Serikat sangat kecil, sekembalinya ia ke tanah air Dita pun terbang ke Korea Selatan untuk mengikuti 1Million Dance.

Selama di Korea Selatan, ia tetap mengikuti audisi dan akhirnya lolos untuk menjalani masa training selama hampir dua tahun hingga berhasil debut.

6. Berani mencoba sesuatu yang baru dan teruslah upgrade diri 

Inspiratif! 7 Pesan Dita Karang Secret Number Wujudkan Mimpi Instagram.com/ditakarangonly

Menyadari kemampuannya dibidang tarik suara tidak selihai menari, Dita berani mencoba sesuatu yang baru dan terus belajar meningkatkan kapasitas diri. Disamping menari, ia mengambil kelas menyanyi dan tidak segan meminta masukan dari para senior dan member lain agar kemampuannya bernyanyi dan pelafalan Bahasa Koreanya terus meningkat.

7. Percaya bahwa kamu mampu mewujudkannya 

Inspiratif! 7 Pesan Dita Karang Secret Number Wujudkan Mimpi Instagram.com/secretnumber.official

Selama menjalani masa training, Dita sempat terpikir untuk menyerah karena ketidakpastian kapan mulai debut dan merasa kemampuannya begitu-begitu saja. Ia pun meminta nasihat dari member-member lain agar bisa bertahan selama menjadi trainee. Ia tahu bahwa keberadaannya di Korea Selatan adalah sebuah keputusan yang tepat.

Ia berpikir, jika diberi opsi lain maka ia akan tetap memilih untuk menjadi trainee. Berkat keputusannya untuk tidak menyerah dan yakin bahwa mimpinya akan terwujud, akhirnya pemilik nama lengkap Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang ini pun berhasil debut bersama empat member lainnya dalam grup Secret Number.

Itulah pesan Dita Karang bagi generasi milenial khususnya untuk berani wujudkan mimpi menjadi kenyataan. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita percaya!   

Baca Juga: 7 Fakta Menarik tentang Dita Karang, Idol KPop Asal Indonesia

Rana Ida Sugatri Photo Writer Rana Ida Sugatri

Temukan saya di personal blog ranayas.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya