Comscore Tracker

6 Cara Efektif untuk Menguasai Soft Skill Baru

Saatnya kamu upgrade skill 

Tidak ada kata terlambat untuk menguasai hal baru. Tidak ada batasan apa pun untuk kita meningkatkan keterampilan pada banyak hal. Semakin kita baik melakukan sesuatu, pasti kita akan dihargai dan diterima oleh industri atau perusahaan. 

Pendapatan di era sekarang juga bisa diperoleh melalui banyak hal. Gak melulu dari gaji bulanan yang diterima. Untuk itu, berikut enam cara efektif untuk menguasai keahlian baru dengan singkat.

Baca Juga: 5 Skill Penting yang Wajib Kamu Upgrade, biar Karier Gak Stuck!

1. Kenali dan pahami diri terlebih dahulu

6 Cara Efektif untuk Menguasai Soft Skill Baruilustrasi pria menutup mata (pexels.com/Kelvin Valerio)

Agar memenuhi kriteria cara cepat menguasai keterampilan baru, yang pertama yakni kita harus mengenal lebih dalam tentang diri kita sendiri. Hal ini sangat penting agar saat menjalaninya kita secara sadar tahu apa kelebihan dan kekurangan kita.

Memahami diri sendiri juga membantu kita mengetahui apa kemampuan yang layak untuk dikembangkan. Kita juga semakin sadar apa kelebihan yang harus dieksplorasi agar kegiatan yang dijalani lebih efektif. Dengan begitu, mengenali dan memahami diri sendiri akan mempermudah kita untuk lebih cepat menguasainya.

2. Tentukan satu keterampilan yang harus dipelajari

6 Cara Efektif untuk Menguasai Soft Skill Baruilustrasi pria sedang bosan (pexels.com/Gustavo Fring)

Ada kalanya kita bingung sama jalan yang akan kita ambil. Dan di waktu yang sama, kita perlu lebih memperdalam keterampilan apa yang semestinya harus dikuasai.

Salah satu cara bagaimana kita menemukan keterampilan yang kita mau, lihat saja dari semua yang ada dipikiran kita. Jika sudah begitu, fokuskan pada hal tersebut serta konsisten dan menikmati setiap prosesnya.

Baca Juga: 8 Cara Upgrade Skill Komunikasi Biar Lancar Ngobrol

3. Fokuskan tenaga pada apa yang kita pilih

6 Cara Efektif untuk Menguasai Soft Skill Baruilustrasi pria berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk menguasai sebuah keahlian baru dibutuhkan konsistensi di dalamnya. Setiap kegiatan yang kita lakukan membutuhkan energi. Jadi, jika menemukan keterampilan apa yang ingin ditingkatkan, alangkah baiknya untuk memfokuskannya pada hal tersebut. 

Sesingkat apa pun waktu yang ingin kita raih untuk menguasai keahlian baru tetap membutuhkan konsistensi. Demi meraih itu juga, fokus juga dibutuhkan agar semua tenaga dialihkan pada kegiatan tersebut. Maka jika kita melakukannya, tidak mustahil keahlian tersebut dapat kita kuasai

4. Tentukan level kemahiran yang ingin dicapai

6 Cara Efektif untuk Menguasai Soft Skill Baruilustrasi pria berpikir (pexels.com/Michael Burrows)

Agar kita lebih konsisten menjalani sebiah kegiatan, dibutuhkan sebuah tujuan yang jelas. Di dalamnya, kita membutuhan titik yang jelas sampai mana kita berada. Hal itu juga penting karena menentukan waktu kita untuk mencapainya dan seberapa besar tenaga yang dibutuhkan. 

Jika tahu waktu dan tenaga yang dibutuhkan, kita jadi bisa mengalirkan semua waktu dan tenaga dengan tepat. Semakin besar level keahlian yang ingin dicapai, tentu membutuhkan fokus yang lebih lagi. 

5. Buat target atau goal dan bagi dalam dua bagian

6 Cara Efektif untuk Menguasai Soft Skill Baruilustrasi orang mencatat (pexels.com/Ivan Samkov)

Memiliki target merupakan salah satu langkah penting untuk dimulai. Memiliki target juga membantu menentukan sampai mana keterampilan yang kita miliki. Tidak hanya itu, target akan membantu kita agar lebih termotivasi saat mencapainya. 

Tujuan membagi target menjadi dua bagian agar kita lebih mudah untuk mencapainya. Memiliki target bukan untuk suatu hal yang besar, karena sesungguhnya yang ingin diraih ialah untuk menguasai sebuah keahlian. Jadi, memiliki target bertujuan untuk memotivasi kita menggapai sesuatu yang lebih besar.

6. Nikmati dan fokus pada proses bukan hasil

6 Cara Efektif untuk Menguasai Soft Skill Baruilustrasi pria bersemangat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Keahlian baru memang hal menarik untuk diraih. Banyak keuntungan yang didapat. Namun, sadari bahwa semua ahli tetap memulai sebagai seorang pemula. Demi meraih hal tersebut, prosesnya tidaklah mudah. Dengan waktu yang singkat, kita jadi membutuhkan kualitas belajar lebih ekstra lagi.

Untuk itu, menikmati dan tetap fokus pada prosesnya merupakan hal penting. Mengejar sebuah kesempurnaan tanpa menikmatinya merupakan hal yang sia-sia. 

Itulah enam cara menguasai keahlian baru dengan singkat. Tidak akan ada keajaiban bagi kita yang diam di tempat. Melakukan sesuatu dan konsisten di dalamnya akan menambah peluang kita untuk sukses.

Baca Juga: 5 Soft Skill yang Bikin Mudah Diterima Orang Lain, Latih Sekarang 

Rasya Alfarizi Photo Writer Rasya Alfarizi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Fajar Laksmita

Berita Terkini Lainnya