Comscore Tracker

5 Tips Sederhana untuk Memulai Hidup yang Bahagia, Gampang Banget!

Bahagia bisa dimulai dari melakukan hal kecil setiap hari

Kebahagiaan adalah perasaan yang disenangi semua orang. Pemicunya bisa berbagai hal yang bersifat unik untuk setiap individu. Ada yang bahagia ketika punya tabungan yang banyak, ada yang bahagia karena berhasil diterima di kampus impian, ada juga yang bahagia karena jarang jatuh sakit.

Namun, seseorang bisa lupa terlalu sering menjadikan kebahagiaan orang lain sebagai parameter kehidupannya. Akibatnya, bukan kebahagiaan yang diraih, malah rasa insecure karena terlalu sering membandingkan diri. Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara memulai hidup yang bahagia, yuk coba ikuti tips sederhana di bawah ini!

1. Syukuri keberhasilan kecil setiap hari

5 Tips Sederhana untuk Memulai Hidup yang Bahagia, Gampang Banget!ilustrasi ekspresi bahagia (unsplash.com/Izzy Park)

Setiap orang memiliki banyak tujuan yang ingin dicapai dalam hidupnya. Di antara tujuan-tujuan tersebut, seringkali terdapat sebuah tujuan utama yang sangat ditunggu-tunggu untuk diwujudkan. Namun, pasti butuh usaha keras dan waktu agar sebuah impian menjadi kenyataan.

Syukuri setiap keberhasilan kecil yang berhasil kamu raih di hari itu. Bagaimana pun juga, berhasil melewati tantangan merupakan prestasi yang patut diapresiasi. Jika kamu tetap optimis, kemenangan-kemenangan kecil yang terus dirangkai akan mengantarkan pada impian terbesarmu suatu hari nanti.

2. Kurangi ekspektasi

5 Tips Sederhana untuk Memulai Hidup yang Bahagia, Gampang Banget!ilustrasi seseorang yang sedang berpikir (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Seseorang terkadang frustrasi karena merasa sulit untuk menggapai impian. Usaha yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan sepertinya selalu menemui jalan buntu. Padahal, bisa jadi dia sendiri yang menyebabkan hidupnya jadi rumit dengan menetapkan goal yang tinggi tanpa persiapan matang.

Cobalah untuk berlatih mewujudkan hal-hal kecil yang realistis terlebih dahulu. Salah satu contohnya, catat kegiatan yang hendak kamu lakukan di hari itu dalam sebuan to-do-list dan pastikan kamu mengerjakan semuanya. Disiplin dari hal-hal kecil dapat membawamu ke impian yang kamu tuju.

Mengurangi ekspektasi bukan bermaksud mengajak seseorang untuk tidak mau berharap kepada sesuatu, melainkan untuk melatih diri berpikir lebih realistis. Bagaimana pun juga, harapan tetap dibutuhkan agar seseorang memiliki daya juang dalam hidup.

3. Terapkan gaya hidup sehat

5 Tips Sederhana untuk Memulai Hidup yang Bahagia, Gampang Banget!ilustrasi salad kale (unsplash.com/Nutriciously)

Kebahagiaan tidak akan bisa dinikmati tanpa tubuh yang sehat. Percuma punya harta melimpah tetapi sering jatuh sakit karena tidak menjaga kesehatan.

Oleh sebab itu, pola hidup sehat harus diterapkan. Makan makanan yang bergizi seimbang, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup merupakan aktivitas yang tidak boleh dilewatkan untuk meraih kondisi mental dan fisik yang prima. Jika tubuh sehat dan pikiran tenang, hidup akan terasa menyenangkan.

4. Jangan segan memberi bantuan

5 Tips Sederhana untuk Memulai Hidup yang Bahagia, Gampang Banget!ilustrasi berbuat kebaikan (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika hidup terasa hampa, coba renungkan lagi, mungkin selama ini kamu terlalu sibuk mengumpulkan harta hingga lupa berbagi kepada sesama. Cobalah untuk menolong mereka yang membutuhkan dengan bentuk bantuan apa pun yang rela kamu berikan.

Kamu bisa mendonasikan sejumlah uang, pakaian, makanan, atau bahkan ilmu yang kamu miliki kepada mereka yang sedang memerlukan uluran tangan. Sekecil apapun bantuan yang disalurkan, jika diberikan dengan hati yang tulus ikhlas, maka akan memberikan manfaat yang besar.

5. Berikan penghargaan untuk diri sendiri

5 Tips Sederhana untuk Memulai Hidup yang Bahagia, Gampang Banget!ilustrasi self-reward (pexels.com/Fallon Michael)

Demi mencapai sebuah mimpi yang besar, seseorang memang harus bekerja keras dan disiplin. Namun, terkadang bisa sampai lupa bahwa tubuh dan pikiran juga perlu diistirahatkan.

Ambillah jeda sejenak untuk sekedar menikmati waktu luang yang bebas dari kejaran pekerjaan atau deadline lainnya. Self-reward penting untuk menjaga diri tetap termotivasi, sehingga bisa optimis untuk membuat impian jadi kenyataan.

Rasa bahagia adalah hak bagi semua orang. Tidak perlu harus kaya dulu, bahagia bisa dimulai dari hal-hal sederhana yang kita syukuri keberadaannya. Jangan takut, tidak ada kata terlambat untuk membuat hidup lebih baik. Semangat!

Baca Juga: 5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuh

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya