Comscore Tracker

5 Akibat Terlalu Percaya dengan Orang Lain, Awas Mudah Ditipu!

Wajib untuk tetap berpikir kritis dan memberikan pengawasan

Manusia adalah makhluk sosial yang perlu untuk hidup berdampingan dengan orang lain. Salah satu cara agar dapat membentuk interaksi yang baik adalah dengan saling menaruh kepercayaan. Dengan adanya hal ini, maka kerja sama yang kuat dapat dibangun dan hidup bisa berjalan lebih mudah.

Namun, jangan sampai kamu menjadi pribadi yang lengah dengan terlalu percaya pada orang lain. Jika sedang tidak beruntung, kamu berpotensi mengalami banyak akibat buruk seperti yang disebutkan pada poin-poin berikut ini.

1. Malas untuk berpikir kritis

5 Akibat Terlalu Percaya dengan Orang Lain, Awas Mudah Ditipu!ilustrasi seseorang yang sedang bingung (pexels.com/RODNAE Productions)

Ketika seseorang begitu percaya kepada orang lain, biasanya dia tidak akan menaruh curiga sama sekali terhadap perkataan atau perbuatan orang tersebut. Akibatnya, seseorang jadi malas untuk berpikir kritis karena merasa bahwa urusannya pasti akan beres.

Kebiasaan seperti ini sesungguhnya cukup berbahaya. Kalau rasa malas untuk berpikir secara teliti tidak dikembangkan, nanti dapat berakibat pada timbulnya kesempatan untuk mudah dibohongi.

2. Mudah ditipu

5 Akibat Terlalu Percaya dengan Orang Lain, Awas Mudah Ditipu!ilustrasi seseorang yang merasa menyesal (pexels.com/Alex Green)

Memiliki orang kepercayaan memang bukan hal yang salah. Namun, jangan lantas lengah dan mempercayai orang tersebut seratus persen.

Jika tidak bersikap hati-hati, maka kamu akan mudah ditipu. Bagaimanapun, setiap orang selalu punya kesempatan untuk berbuat jahat bila memang ada kesempatan. Oleh sebab itu, cegah terjadinya hal tersebut dengan selalu bersikap penuh kehati-hatian.

Baca Juga: 5 Penyebab Menurunnya Kepercayaan Diri di Tempat Kerja, Segera Atasi!

3. Rentan mengalami kekecewaan yang berlebih

5 Akibat Terlalu Percaya dengan Orang Lain, Awas Mudah Ditipu!ilustrasi seseorang yang merasa sedih (pexels.com/cottonbro)

Salah satu perasaan kecewa yang paling mendalam disebabkan oleh pengkhianatan oleh orang yang dipercaya. Rasanya seperti kehilangan banyak hal dalam hidup dan hanya menyisakan sesal yang tidak bisa mengubah keadaan.

Oleh sebab itu, janganlah terlalu mudah percaya kepada orang lain, sekalipun kamu kenal baik dengan orang tersebut. Berikan kepercayaan sewajarnya saja dan tetaplah waspada agar tidak mengalami kekecewaan yang menyakitkan bila ekspektasi tidak sesuai dengan realitas yang diharapkan.

4. Berpotensi mengalami trauma

5 Akibat Terlalu Percaya dengan Orang Lain, Awas Mudah Ditipu!ilustrasi menenangkan seseorang yang sedang bersedih (pexels.com/SHVETS Production)

Dibohongi orang yang begitu dipercaya dapat membuat seseorang sangat kecewa. Rasa kecewa yang berlebihan tersebut bahkan dapat menimbulkan trauma tersendiri. Akibatnya, dia jadi merasa sulit untuk kembali menaruh kepercayaan kepada orang lain karena takut mengalami perlakuan yang sama.

Oleh karena itu, jangan pernah begitu saja percaya kepada orang lain. Kamu tetap harus menyaring perkataan dan melihat perbuatannya dengan kepala jernih dan pikiran kritis. Dengan begini, kamu akan terhindar dari pengalaman buruk tersebut.

5. Mendapatkan banyak kerugian

5 Akibat Terlalu Percaya dengan Orang Lain, Awas Mudah Ditipu!ilustrasi seseorang yang merasa frustrasi (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Seperti yang telah disebutkan pada poin-poin di atas, terlalu percaya kepada orang bisa membuatmu jadi korban penipuan hingga merasakan kekecewaan yang dalam. Hal-hal seperti ini dapat memberikan beragam dampak buruk pada kehidupan.

Kalau sudah mendapat banyak kerugian begini, tentu yang bisa dilakukan hanyalah menyesali tindakan yang kurang hati-hati tersebut. Semoga peristiwa ini bisa menjadi pelajaran berharga di masa yang akan datang.

Percaya kepada orang lain memang boleh, tetapi jangan sampai berlebihan. Tetaplah bersikap hati-hati dan waspada agar tidak mendapatkan pengalaman buruk yang merugikan.

Baca Juga: 5 Cara Melatih Skill Bersosialisasi, untuk Jaga Hubungan Sosial!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya