Comscore Tracker

5 Bentuk Rezeki selain Uang yang Sering Lupa untuk Disyukuri

Rezeki datang dalam bentuk yang bermacam-macam

Rezeki adalah sesuatu yang dicari-cari oleh semua orang. Biasanya, hal ini identik dengan uang dan harta benda yang bersifat materi lainnya. Rasanya belum punya rezeki kalau belum ada uang yang bisa didapatkan.

Padahal, bentuk rezeki lebih dari sekadar materi. Ada banyak hal di dunia ini masuk dalam kategori rezeki yang bahkan tidak bisa dibeli dengan uang berapa pun yang dimiliki. Supaya tidak lupa bersyukur, yuk coba renungkan lagi bentuk rezeki selain uang berikut ini!

1. Keluarga yang penuh kasih sayang

5 Bentuk Rezeki selain Uang yang Sering Lupa untuk Disyukuriilustrasi sebuah keluarga (unsplash.com/Jimmy Dean)

Memiliki keluarga yang lengkap dan sangat memahami kondisi kita sepertinya terdengar menyenangkan. Keluarga penuh kehangatan yang bisa menerima kapan pun kita ingin pulang adalah rumah ternyaman di dunia.

Jika kamu memiliki keluarga yang seperti itu, kamu adalah orang yang sangat beruntung. Jadi, jangan lupa panjatkan syukur untuk rezeki yang satu ini.

2. Mental dan fisik yang sehat

5 Bentuk Rezeki selain Uang yang Sering Lupa untuk Disyukuriilustrasi seseorang yang sedang fokus bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bekerja keras setiap hari rasanya pasti melelahkan. Tambahan bumbu kehidupan seperti drama di tempat kerja, kendaraan yang tiba-tiba mogok, atau rintangan-rintangan kecil bisa berpotensi membuat hari menjadi buruk.

Namun, satu hal yang patut kamu syukuri bahwa meskipun lelah, kamu masih mampu untuk menyelesaikan kerja di hari itu karena tubuh dan pikiranmu sehat. Kalau fisik sakit dan kesehatan mental terganggu, pasti sulit untuk bekerja dan beban hidup jadi meningkat.

Baca Juga: 5 Zikir dan Surah untuk Membuka Pintu Rezeki

3. Lingkungan tempat tinggal yang tenang

5 Bentuk Rezeki selain Uang yang Sering Lupa untuk Disyukuriilustrasi seseorang sedang bersantai (pexels.com/cottonbro)

Setelah selesai bekerja dengan giat dan hanya ada sisa-sisa tenaga di akhir hari, rasanya langsung pulang ke rumah adalah pilihan terbaik. Istirahat di rumah yang nyaman dan penuh ketenangan akan membantu recharge energi dengan optimal.

Namun, tidak banyak orang sadar bahwa tinggal di rumah dengan lingkungan nyaman dan tetangga yang baik hati adalah rezeki. Bayangkan saja, sudah lelah kerja, sesampainya di rumah masih ada tetangga yang berisik. Pasti kesal, kan?

4. Dikelilingi orang-orang yang saling menghargai

5 Bentuk Rezeki selain Uang yang Sering Lupa untuk Disyukuriilustrasi berkumpul dengan teman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu sibuk mencari uang dan kemudian lelah sendiri, biasanya akan mencari hiburan dengan hang out bersama sahabat. Menceritakan keluh kesah kepada orang terdekat akan mengurangi penat di dada. Akhirnya, pikiran bisa jernih kembali dan siap menghadapi tantangan esok hari.

Jika kamu memiliki sahabat yang bisa mendengarkan seluruh celotehanmu tanpa ada penghakiman yang diberikan, jagalah dia karena merupakan salah satu rezeki yang diberikan Tuhan kepadamu. Bersyukurlah karena tidak semua orang beruntung dikelilingi orang yang pandai menghargai.

5. Punya waktu luang

5 Bentuk Rezeki selain Uang yang Sering Lupa untuk Disyukuriilustrasi traveling ke pegunungan (unsplash.com/Simon English)

Setiap hari sibuk mengejar uang, bekerja pagi hingga malam, tentu membuat tubuh dan pikiran lelah. Sayangnya, dikejar deadline atau beban kerja yang lain tidak memungkinkan kita untuk bisa menikmati hidup sejenak. Di saat seperti inilah waktu luang terasa sangat berharga.

Jadi, jangan anggap remeh waktu luang yang kamu miliki karena itu juga salah satu bentuk rezeki yang wajib disyukuri. Manfaatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Uang memang dibutuhkan seseorang untuk membuat roda ekonominya tetap berputar. Namun, jangan sampai karena terlalu sibuk mengumpulkan uang, kamu jadi lupa bahwa ternyata banyak sekali rezeki yang sudah ada dalam genggaman. Jangan sampai lupa bersyukur atas apa yang sudah dimiliki hanya karena mengejar materi, ya!

Baca Juga: 7 Cara Mengurangi Kecemasanmu akan Rezeki, Semua Sudah Ada Jatahnya

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya