Comscore Tracker

5 Cara Mendapatkan Ketenangan dalam Menghadapi Beragam Ujian Hidup

Tidak sesulit yang dikira, kok!

Setiap orang pasti mengalami ujian hidup yang levelnya berbeda-beda. Ada yang bisa melewatinya dengan cukup mudah, tetapi banyak juga yang harus berjuang mati-matian terlebih dahulu sebelum berhasil menuntaskan satu ujian.

Sekecil apa pun ujian hidup yang dihadapi, tentu berpotensi menyebabkan terganggunya ketenangan diri. Bila rasa tenang itu hilang, maka kamu tidak akan mampu untuk berpikir jernih, sehingga sulit menemukan jalan keluar.

Oleh sebab itulah, kamu harus bisa tetap tenang meskipun diterpa ujian yang seolah tiada henti. Tidak perlu risau, begini cara mendapatkan ketenangan tersebut.

1. Mengobrol dengan teman

5 Cara Mendapatkan Ketenangan dalam Menghadapi Beragam Ujian Hidupilustrasi mengobrol (pexels.com/Eren Li)

Kehidupan memang penuh dengan lika-liku. Terkadang kamu berada dalam situasi yang menyenangkan, tetapi kemudian berbalik masuk ke dalam kondisi yang sulit. Ini dapat membuatmu lelah dan hilang ketenangan.

Jangan sampai situasi ini dibiarkan berlarut-larut. Segera atasi kegalauan yang kamu rasakan, salah satunya melalui cara mengobrol dengan teman. Kamu bisa mencurahkan isi hati dan apa saja yang kamu rasa berat sehingga beban bisa sedikit berkurang. Hasilnya, hati lebih tenang dan kamu dapat melanjutkan hidup dengan damai.

2. Sesekali bersikap masa bodoh

5 Cara Mendapatkan Ketenangan dalam Menghadapi Beragam Ujian Hidupilustrasi seseorang yang merasa bahagia (pexels.com/Marcelo Chagas)

Sebagai makhluk sosial, memang manusia tidak bisa lepas dari melakukan interaksi dengan orang lain. Kamu akan selalu bertemu dengan banyak orang untuk beragam urusan, baik yang terkait dengan pekerjaan atau di luar itu.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki perilaku yang baik. Sebagian orang memilih untuk bersikap menyebalkan dan mengganggu ketenangan.

Bila bertemu dengan orang semacam itu, ada baiknya kamu bersikap masa bodoh. Tidak perlu menanggapi semua hal yang disampaikan, apalagi jika kamu tahu itu tidak penting. Dengan begini, kamu tidak akan terbebani dengan hal-hal aneh sehingga akan merasa lebih tenang.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mencapai Ketenangan Batin, Mau Coba?

3. Liburan

5 Cara Mendapatkan Ketenangan dalam Menghadapi Beragam Ujian Hidupilustrasi seseorang yang melakukan solo traveling (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Menghadapi rutinitas dengan segala drama di dalamnya membutuhkan banyak energi. Tidak heran, ketika tenagamu telah terkuras, kamu merasa sering gelisah. Tentu ini menjadi sebuah situasi yang sangat mengganggu.

Kalau sudah seperti ini, tandanya kamu butuh pergi liburan. Sempatkan untuk menikmati berbagai suasana baru, sehingga hati menjadi senang. Dengan begini, rasa lelah akan hilang dan ketenangan dapat dirasakan kembali.

4. Menyempatkan diri untuk me-time

5 Cara Mendapatkan Ketenangan dalam Menghadapi Beragam Ujian Hidupilustrasi seseorang yang sedang membaca (pexels.com/George Milton)

Ada banyak hal yang membuat jiwa dan raga merasa lelah, seperti tuntutan pekerjaan, bertemu dengan orang yang tidak menyenangkan, atau segala hal yang dapat menurunkan semangat. Memang semua itu adalah bagian dari kehidupan dan tidak bisa dihindari seratus persen.

Oleh sebab itu, bila ingin mendapatkan ketenangan, kamu perlu menarik diri sejenak dari segala hiruk-pikuk hidup dan melakukan me-time. Luangkan waktu untuk dirimu sendiri. Lakukan apa yang membuatmu bahagia sehingga hati dan pikiran menjadi tenang kembali.

5. Berdoa

5 Cara Mendapatkan Ketenangan dalam Menghadapi Beragam Ujian Hidupilustrasi laki-laki yang sedang menjalankan ibadah salat (pexels.com/Michael Burrows)

Rasa tenang terbaik dapat diperoleh ketika kamu mengadukan segala keluh kesah yang dialami langsung kepada Sang Pencipta. Kamu bebas untuk menyampaikan apa saja yang mungkin tidak bisa dengan leluasa diceritakan kepada orang lain, sekalipun sahabat dekat.

Oleh sebab itu, seringlah memanjatkan doa, terutama saat sedang menghadapi kesulitan. Sampaikan doa tersebut dengan penuh keyakinan akan terkabul karena sejatinya Tuhan selalu mendengarkan apa yang diutarakan hamba-Nya.

Setiap manusia memang akan mengalami beragam ujian hidup yang berbeda. Namun, tidak perlu khawatir berlebihan karena kamu tetap bisa mendapatkan ketenangan dengan cara-cara yang disebutkan di atas. Semangat terus, kawan!

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Membuatmu Merasa Tenang dan Aman meski Menjalani LDR

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya