Comscore Tracker

5 Cara Mudah untuk Bersedekah, Bikin Rezeki Lebih Berkah

Sambil meringankan beban sesama, yuk!

Rezeki adalah sesuatu yang diberikan oleh Tuhan kepada semua makhluk ciptaan-Nya. Sebanyak apapun yang diperoleh, rezeki tersebut harus disyukuri dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, termasuk disedekahkan untuk membantu sesama makhluk Tuhan lainnya.

Bersedekah, tidak peduli berapa jumlahnya, tentu akan memberikan dampak positif bagi yang menerima. Oleh sebab itu, ayo coba mulai rutin berbagi rezeki dengan berbagai cara sederhana berikut ini!

1. Tidak menawar saat membeli dari pedagang kecil

5 Cara Mudah untuk Bersedekah, Bikin Rezeki Lebih Berkahilustrasi pedagang keliling (pexels.com/Hugo Heimendinger)

Ada banyak tempat berbelanja yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan. Meskipun supermarket telah menyediakan berbagai kebutuhan harian yang lengkap, mulai dari urusan pangan hingga papan, tidak ada salahnya untuk sesekali beralih untuk berbelanja kepada para pedagang kecil.

Kamu bisa menemui mereka di pasar atau pinggir jalan. Belilah barang yang mereka jual dan jangan menawar. Uang yang bagimu bernilai kecil, bisa sangat berharga untuk para pedagang kecil tersebut.

2. Berbagi makanan dengan mereka yang membutuhkan

5 Cara Mudah untuk Bersedekah, Bikin Rezeki Lebih Berkahilustrasi donasi makanan (pexels.com/cottonbro)

Salah satu cara mudah untuk berbagi rezeki adalah dengan memberikan makanan kepada orang yang membutuhkan. Kamu bisa memberikannya langsung kepada orang tersebut atau meletakannya di depan rumah agar siapa saja yang membutuhkan bisa mengambil seperlunya.

Jumlah yang kamu bagi pun tidak perlu berlebihan. Sesuaikan dengan kemampuan. Yang paling penting selalu ikhlas dalam memberi.

Baca Juga: 5 Hal Penting Agar Sedekah Tak Sia-Sia, Simak! 

3. Memberi makan hewan yang sedang kelaparan

5 Cara Mudah untuk Bersedekah, Bikin Rezeki Lebih Berkahilustrasi memberi makan anjing peliharaan (pexels.com/Kampus Production)

Selain berbagi kepada sesama manusia, kamu juga bisa membagi kelebihan rezekimu kepada hewan. Sebagai contoh, berikan makanan pada hewan-hewan kelaparan yang ada di sekitar rumahmu.

Jika kamu tidak berani untuk kontak langsung, kamu bisa meletakan makanan tersebut di depan rumah atau di tempat-tempat yang biasa disinggahi hewan tersebut. Percayalah, meskipun tidak bisa berkata-kata, hewan-hewan yang kamu tolong juga akan merasakan bahagia.

4. Sedekah di momen tertentu

5 Cara Mudah untuk Bersedekah, Bikin Rezeki Lebih Berkahilustrasi donasi pakaian layak (pexels.com/Gustavo Fring)

Jika kamu punya uang yang lebih, tidak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian guna disedekahkan. Tidak perlu banyak, cukup disesuaikan dengan kemampuan. Sebisa mungkin lakukan secara rutin, contohnya sedekah setiap hari Jumat, saat menerima gaji, dan sebagainya.

Kamu bisa menyedekahkan uang tersebut melalui kotak amal, memberikannya langsung kepada tetangga yang kurang mampu, atau memberikan kepada orang tua yang sudah tidak bisa bekerja. Selain itu, kamu juga bisa bersedekah secara online melalui beberapa platform sedekah yang telah tersedia.

5. Murah senyum

5 Cara Mudah untuk Bersedekah, Bikin Rezeki Lebih Berkahilustrasi menyapa seseorang (pexels.com/Amina Filkins)

Jika belum memiliki kelebihan rezeki dalam bentuk uang atau barang yang bisa dibagikan, jangan khawatir, kamu masih tetap bisa bersedekah. Bagaimana caranya? Cukup berikan senyum kepada siapa saja yang kamu jumpai. Mudah, bukan?

Senyum adalah bentuk sedekah sederhana yang bisa dilakukan semua orang. Jangan menganggap remeh kekuatan hal tersebut. Satu senyum kecil yang kamu bagikan bisa membuat hari seseorang menjadi lebih cerah. 

Berbagi rezeki bisa dalam berbagai bentuk. Namun, yang paling penting adalah mengutamakan keikhlasan dalam bersedekah agar rezeki jadi berkah dan hati lebih tenang. Yuk, jangan ragu untuk selalu berbagi, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Sedekah Subuh yang Mudah Dilakukan

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya