Comscore Tracker

5 Hal Negatif yang Harus Dihindari agar Hidup Tidak Menjadi Kacau

Jalani hari yang lebih tenang dan damai

Hidup ini memang tidak selamanya tentang kebahagiaan. Terkadang, kamu harus menghadapi banyak hal menantang yang sungguh menguras tenaga. Saking kacaunya, segala sesuatu tersebut bisa mengundang rasa frustrasi yang sangat mengganggu.

Namun, sebaiknya kamu perlu mengevaluasi diri karena ternyata beberapa kekacauan dalam hidup timbul akibat perbuatan buruk yang masih sering dilakukan atau malah menjadi kebiasaan. Oleh sebab itu, hindari beberapa hal-hal negatif berikut agar hidupmu jadi lebih tenang dan damai.

1. Gaya hidup boros

5 Hal Negatif yang Harus Dihindari agar Hidup Tidak Menjadi Kacauilustrasi seseorang yang kekurangan uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Manusia memang selalu ingin memiliki banyak hal. Ketika sedang punya banyak uang, rasanya ada saja barang yang hendak dibeli, padahal sebenarnya di luar kebutuhan sehari-hari. Akibatnya, pengeluaran jadi membengkak dan selalu boros sepanjang tahun.

Kalau kebiasaan ini tidak segera dikendalikan, maka ada kemungkinan akan timbul kebiasaan buruk yang lain, yaitu berhutang untuk “mendukung” gaya hidup boros tersebut. Jika hutang sudah menumpuk dan sulit untuk dibayar, barulah terasa kekacauan akibat kecerobohan diri sendiri.

2. Mencampuri urusan orang lain

5 Hal Negatif yang Harus Dihindari agar Hidup Tidak Menjadi Kacauilustrasi mengobrol (pexels.com/Gustavo Fring)

Setiap hari, hidup selalu penuh dengan kejutan. Terkadang situasi bisa begitu baik dan terkendali, tetapi di waktu tertentu yang terjadi malah sebaliknya. Itulah mengapa menjalani hidup milik sendiri saja sudah bisa menyita banyak tenaga.

Oleh sebab itu, jangan kacaukan hidupmu dengan mencampuri urusan orang lain. Selama tidak mengganggumu, tidak perlu ingin tahu apa yang mereka kerjakan. Dengan begini, kamu bisa fokus mengurus hidupmu sendiri, sehingga bisa lebih tenang.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Temukan Motivasi dari Luar Diri, Terus Semangat!

3. Terlalu mudah percaya pada sebuah informasi

5 Hal Negatif yang Harus Dihindari agar Hidup Tidak Menjadi Kacauilustrasi seseorang yang merasa terkejut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ada banyak informasi yang berlalu-lalang dalam kehidupan sehari-hari. Ada yang bisa diperoleh dari teman, orang-orang sekitar, atau mungkin dunia maya. Tentu saja, pasti tidak semua hal yang disampaikan tersebut merupakan fakta.

Oleh karena itu, janganlah terlalu mudah menganggap sebuah informasi adalah valid. Buktikan kebenarannya sebelum memutuskan untuk percaya agar kamu tidak tersesat atau malah mudah diadu domba yang dapat berujung pada kekacauan.

4. Selalu mengikuti hawa nafsu

5 Hal Negatif yang Harus Dihindari agar Hidup Tidak Menjadi Kacauilustrasi makan berlebihan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hawa nafsu tidak ada habisnya hingga kalau kamu terus mengikutinya tanpa kendali. Inilah yang membuat hidupmu dilanda beragam kekacauan tanpa henti.

Penting bagi setiap orang untuk melatih dirinya agar bisa mengendalikan hawa nafsu dengan baik. Bijaklah dalam memilih dan memilah mana yang perlu dilaksanakan dan mana yang sebaiknya ditinggalkan agar kamu bisa menghindari segala kekacauan tersebut.

5. Meninggalkan ibadah

5 Hal Negatif yang Harus Dihindari agar Hidup Tidak Menjadi Kacauilustrasi suasana konser (pexels.com/Teddy Yang)

Sebagai umat beragama, sudah sewajarnya wajib untuk menaati seluruh perintah Tuhan dan menjauhi segala larangan-Nya. Bukan tanpa alasan, segala hal tersebut memiliki banyak tujuan, salah satunya agar manusia memiliki pengendalian diri yang baik.

Jika kamu berani meninggalkan ibadah, artinya kamu juga menjauh dari beragam hal baik yang seharusnya bisa diraih. Lambat laun, satu per satu keburukan akan muncul dan kekacauan tidak terelakkan lagi.

Kalau kamu menginginkan hidup yang tenang dan damai, berusahalah dengan sekuat tenaga karena hal semacam itu tidaklah gratis. Kuatkan dirimu dan hindari beragam hal negatif agar kehidupan berjalan lebih baik hingga terhindar dari kekacauan.

Baca Juga: 5 Jenis Rasa Malas yang Wajib Diterapkan, Bagus untuk Self-Development

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya