Comscore Tracker

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Merasa Kesepian, Bisa Tetap Happy!

Kesepian bukan berarti harus sedih, kan?

Kesepian adalah perasaan normal yang bisa dirasakan oleh manusia biasa. Faktanya, perasaan ini bahkan bisa muncul saat berada dalam situasi ramai sekalipun.

Meskipun normal, perasaan sepi berkepanjangan tentu bisa berdampak buruk bagi kondisi mental dan fisik seseorang. Oleh sebab itu, jangan sampai tenggelam dalam rasa sepi yang terlalu lama. Berikut tips yang bisa dilakukan ketika kesepian melanda. Yuk baca sama-sama!

1. Akui rasa kesepian yang datang

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Merasa Kesepian, Bisa Tetap Happy!ilustrasi perempuan yang sedang melamun (unsplash.com/Artem Maltsev)

Mengakui saat sedang merasa kesepian ternyata lebih baik dari pada menolak perasaan tersebut. Torre dan Lieberman dalam risetnya yang diterbitkan dalam International Society for Research on Emotion tahun 2018 menyebutkan bahwa melabeli perasaan yang sedang dirasakan dapat menurunkan intensitas perasaan tersebut.

Jadi, melabeli perasaan kesepian juga termasuk usaha untuk mengurangi efek buruk dari tekanan yang dirasakan, sehingga diri menjadi lebih tenang dan bisa mengatasi keadaan dengan baik.

2. Berbuat kebaikan

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Merasa Kesepian, Bisa Tetap Happy!ilustrasi menjadi relawan suatu kegiatan (unsplash.com/OCG Saving The Ocean)

Di saat merasa sepi, salah satu hal yang bisa dicoba untuk mengatasinya adalah dengan melakukan kebaikan. Very Well Mind melansir, berbuat sesuatu yang baik bisa membantu seseorang untuk lebih terhubung dengan komunitas sekitarnya, sehingga menimbulkan perasaan yang menenangkan di dalam hati.

Menjadi sukarelawan untuk menolong orang, menyelamatkan hewan, atau membersihkan lingkungan sekitar bisa dijadikan pilihan untuk mengisi rasa kesepian yang melanda. Kebaikan yang kamu salurkan akan bermanfaat bagi dirimu sendiri dan lingkungan sekitarmu.

3. Lakukan hobi

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Merasa Kesepian, Bisa Tetap Happy!ilustrasi seorang wanita sedang melukis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat merasa sepi, salah satu hal yang paling tepat dilakukan adalah menjalankan hobi. Lakukan kegiatan yang kamu sukai untuk mengalihkan fokus dengan cara yang sehat.

Jika kamu tidak punya hobi, jangan ragu untuk mulai mencari satu hobi baru dengan memelajari sesuatu yang mungkin selama ini tidak sempat kamu pelajari, misalnya belajar bahasa asing, merajut, berenang, atau apa pun itu. Dengan melakukan aktivitas kesukaan, rasa sepi akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Perasaan Hampa, Selamat Tinggal Kesepian! 

4. Bertemu dengan kawan lama

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Merasa Kesepian, Bisa Tetap Happy!ilustrasi berkumpul dengan teman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rasa sepi bisa diusir dengan cara menjalin komunikasi dengan kawan lama. Dilansir Very Well Mind, terhubung dengan kawan lama atau saudara yang sudah lama tidak bertemu akan lebih mudah dibanding membuat pertemanan baru karena telah memiliki kesamaan dalam beberapa hal.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menghubungi teman saat merasa sepi. Obrolan menarik seputar nostalgia masa sekolah sepertinya ampuh untuk kembali membangkitkan semangat yang sempat hilang.

5. Baca buku

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Merasa Kesepian, Bisa Tetap Happy!ilustrasi membaca buku (unsplash.com/Fabiola Peñalba)

Mengalihkan perhatian dari rasa kesepian bisa dilakukan dengan cara membaca buku. Banyak pilihan buku yang bisa dibaca, mulai dari buku-buku motivasi hingga buku dengan genre fiksi yang bersifat rekreasi.

Menenggelamkan diri dengan membaca buku secara intens dapat memberikan hiburan tersendiri. Fokus dapat dialihkan ke hal yang lebih positif, sehingga rasa kesepian bisa sedikit terobati.

6. Minta bantuan profesional

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Merasa Kesepian, Bisa Tetap Happy!ilustrasi konsultasi dengan profesional (pexels.com/cottonbro)

Jika seseorang sudah mulai bingung bagaimana cara mengatasi kesepian atau mencari pelarian dengan cara tidak sehat seperti mabuk atau terlalu banyak makan, saatnya meminta bantuan terapis profesional.

Tenaga profesional bisa membantu mencarikan strategi-strategi yang mungkin bisa diterapkan untuk mengatasi kesepian dengan cara yang baik. Akhirnya, diri akan merasa lebih tenang karena solusi untuk masalah yang dihadapi bisa ditemukan.

Kesepian adalah perasaan yang wajar dialami manusia normal. Tidak perlu terlalu khawatir karena perasaan tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara yang telah disebutkan di atas. Jadi, selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Bosan Kesepian, 6 Zodiak Ini Cenderung Ingin Menikah Muda

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya