Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Hidup Terasa Berat, Perlu Introspeksi Diri!

Mungkin kamu sendiri yang menciptakan kesulitan itu

Setiap orang tentu menginginkan hidup yang mudah. Bisa merasa damai lahir dan batin, mewujudkan berbagai cita-cita, hingga melakukan apa saja yang dikehendaki adalah hal-hal yang mampu menciptakan rasa bahagia.

Namun, tidak jarang juga dijumpai seseorang yang mengalami perjalanan hidup yang berat, padahal dia tidak kekurangan materi. Kalau ini juga terjadi padamu, maka saatnya melakukan introspeksi diri. Mungkin saja lima hal berikut ini yang membuat hidupmu terasa berat.

1. Sering berasumsi

5 Hal yang Membuat Hidup Terasa Berat, Perlu Introspeksi Diri!ilustrasi berpikir (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Memang sifat orang berbeda-beda. Ada yang suka to the point alias tanpa basa-basi. Ada juga yang merasa tidak enak hati untuk menanyakan sesuatu yang belum dimengerti. Alasannya, bisa karena berbagai hal.

Namun, ketakutan untuk memperjelas sebuah situasi ini justru akan melahirkan orang yang suka berasumsi. Alih-alih mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang dimiliki, justru kamu semakin terjebak dengan berbagai pikiran liar yang bisa menyiksa diri.

Suka berasumsi juga bisa menjadi akar terciptanya fitnah jika kamu membagikan hasil pemikiranmu sendiri yang tidak sesuai fakta tersebut kepada orang lain. Jangan sampai menjadi jahat hanya karena tidak berani mencari kebenaran, ya!

2. Terlalu banyak curiga

5 Hal yang Membuat Hidup Terasa Berat, Perlu Introspeksi Diri!ilustrasi mencurigai seseorang (pexels.com/cottonbro)

Kamu tentu sepakat bahwa orang yang dalam dirinya dipenuhi kecurigaan, hidupnya tidak akan bisa tenang. Bagaimana tidak, seseorang seperti itu tidak bisa percaya pada orang lain, sehingga mau tidak mau harus mengerjakan semua hal sendiri.

Rasa curiga yang terlalu banyak juga dapat mengakibatkan terjadinya perkelahian, terutama jika kecurigaan tersebut kamu utarakan kepada orang lain. Dampak yang muncul tentu hadirnya rasa tidak tenang dalam hidup.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Hidup Terasa Berat, Ambil Jeda dan Rehatlah

3. Takut tersaingi

5 Hal yang Membuat Hidup Terasa Berat, Perlu Introspeksi Diri!ilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kompetisi adalah bagian dari kehidupan. Di suatu titik, kamu memang harus bersaing dengan orang lain, terutama jika memang sedang mengikuti suatu perlombaan. Tujuannya tentu untuk mencari pemenang terbaik.

Sayangnya, tidak semua orang paham bahwa tidak semua hal harus dihadapi dengan persaingan. Salah satu contohnya adalah perihal kekayaan.

Sebagai contoh, kamu takut terlihat lebih miskin dari tetangga yang membeli mobil baru. Kamu pun memutuskan untuk turut membeli mobil baru yang harganya lebih mahal demi “nama baik”. Jika hal seperti ini diteruskan, bukan tidak mungkin kamu akan kewalahan dan kehabisan dana.

4. Kebiasaan berbohong

5 Hal yang Membuat Hidup Terasa Berat, Perlu Introspeksi Diri!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Gustavo Fring)

Kejujuran memang mahal harganya, sehingga tidak semua orang bisa berlaku demikian. Beda dengan bohong yang mudah sekali untuk dilakukan. Namun, banyak yang tidak sadar dengan konsekuensi kebohongan yang sebenarnya jauh lebih menakutkan.

Orang yang terbiasa bohong akan sulit untuk mengatakan kebenaran. Sekali atau dua kali mungkin masih aman. Namun, suatu saat jika kebohongan itu terbongkar, orang tidak akan sudi untuk percaya lagi. Akibatnya, orang akan menjauh dan tidak ada lagi yang mau membantu.

5. Enggan bersyukur

5 Hal yang Membuat Hidup Terasa Berat, Perlu Introspeksi Diri!ilustrasi merenung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hidup yang terasa berat bisa terjadi karena kurangnya mengucap rasa syukur. Kamu selalu merasa kurang atas segala sesuatu yang sudah dimiliki, padahal jumlahnya lebih dari cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Memang tidak ada salahnya memandang keberhasilan orang sebagai motivasi, tapi jangan jadikan itu standar hidupmu. Rezeki sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa, sehingga tidak perlu merasa khawatir. Selama terus berusaha, maka kamu akan menuai banyak berkah.

Menjalani kehidupan memang tidak selalu mudah. Ada kalanya kamu harus jatuh, tersungkur, atau terombang-ambing. Namun, jangan lupa untuk melakukan introspeksi diri karena bisa saja kejadian berat yang dialami adalah buah dari perbuatan buruk yang selalu dilakukan. Semangat berbenah diri, ya!

Baca Juga: Saat Hidup Terasa Berat, 10 Lagu KPop Ini Siap Menyemangatimu

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya