Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dipahami untuk Melatih Kesabaran Diri

Ingat, mudah emosi sering bikin rugi

Ada banyak hal di luar dugaan yang bisa muncul setiap hari. Apa yang sudah direncanakan bisa berantakan akibat “kejutan” tersebut. Kalau sudah begini, biasanya kamu akan mudah terbakar amarah dan hilang kendali.

Sebaiknya, hilangkan kebiasaan mudah marah ini karena banyak ruginya. Belajarlah untuk sabar, meskipun jauh lebih sulit untuk dilakukan. Namun, kesabaran diri bisa dilatih bila kamu memahami lima hal di bawah ini.

1. Pahami setiap manusia bisa berbuat salah

5 Hal yang Harus Dipahami untuk Melatih Kesabaran Diriilustrasi saling berpelukan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebaik-baiknya manusia, mereka tetap bisa melakukan kesalahan, baik yang disengaja atau tidak. Terkadang memang ada momen di mana sulit untuk menahan amarah, dan mungkin kamu yang harus menerima dampak buruk tersebut.

Namun, jangan terburu-buru naik darah dulu. Redam amarahmu dan tenangkan diri. Pikirkan bahwa mungkin saja orang tersebut tidak sengaja berbuat sesuatu yang buruk. Dengan memiliki pengertian semacam ini, level kesabaranmu sudah naik setingkat lebih tinggi.

2. Tidak ada ujian yang melebihi kemampuan

5 Hal yang Harus Dipahami untuk Melatih Kesabaran Diriilustrasi merenung (pexels.com/Budgeron Bach)

Ketika ditimpa musibah, wajar bagi seseorang untuk merasa sedih, bahkan frustrasi. Pada situasi seperti ini, emosi rentan mengalami naik turun, sehingga mudah marah dan merasa beban yang ditanggung sangatlah berat.

Buat kamu yang sedang mengalami cobaan, pahami bahwa tidak ada beban yang melebihi kekuatanmu. Tuhan sudah mengatur semuanya agar pas dengan kemampuan umat-Nya. Oleh sebab itu, bersabarlah sedikit lagi. Jika kamu tenang dan fokus untuk mencari solusi, maka jalan keluar tersebut akan segera ditemukan.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Kamu Punya Kesabaran Ekstra saat Menghadapi Cobaan

3. Mudah emosi sering berujung penyesalan

5 Hal yang Harus Dipahami untuk Melatih Kesabaran Diriilustrasi merasa frustrasi (pexels.com/Liza Summer)

Rasanya sudah banyak terjadi kasus keributan yang ternyata akarnya berupa kesalahpahaman belaka. Namun, orang yang sudah telanjur tersakiti oleh kata-kata tajam yang keluar akibat kurang sabar bisa jadi tidak tinggal diam dan menuntut penyelesaian masalah dengan cara yang sulit.

Kejadian seperti ini tentu dapat dihindari bila kedua belah pihak punya pengendalian diri yang matang. Sedikit bersabar bisa meminimalisasi terjadinya hal-hal merugikan yang akan menguras waktu dan tenaga.

4. Solusi hanya ditemukan saat kondisi kepala dingin

5 Hal yang Harus Dipahami untuk Melatih Kesabaran Diriilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika sedang dijerat masalah, terkadang kamu tidak sabar untuk memikirkan jalan keluarnya. Akibatnya, kamu menjadi kesal dan frustrasi, sehingga bukannya bisa diselesaikan dengan baik, persoalan tersebut malah semakin rumit.

Ketahuilah, bahwa solusi hanya dapat dicari dalam kondisi kepala dingin. Saat merasa tenang, kamu akan mampu memikirkan sesuatu yang lebih baik, sehingga bisa menemukan jawaban yang tepat untuk menyelesaikan persoalan yang dialami.

5. Kesabaran selalu berbuah manis

5 Hal yang Harus Dipahami untuk Melatih Kesabaran Diriilustrasi tersenyum (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Poin terakhir yang juga sebagai pengingat bagimu bahwa kesabaran selalu membuahkan hasil yang manis. Kalau kamu mau menunggu lebih lama lagi, berusaha lebih keras lagi, dan menjadikan diri lebih baik lagi, maka bukan tidak mungkin sesuatu yang baik akan diperoleh.

Oleh karena itu, berlatihlah untuk bersabar dalam segala sesuatu. Memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi ini akan memberikan jaminan hasil yang tidak mengecewakan.

Kesabaran adalah sesuatu yang penting untuk dimiliki. Dengan bersabar, akan ada banyak hal baik yang terjadi, sehingga hidup terasa lebih damai dan bebas dari bayang-bayang kekhawatiran.

Baca Juga: 5 Alasan Kesabaran adalah Bagian dari Kunci Sukses Meraih Tujuan

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya