Comscore Tracker

5 Hal yang Bantu Mudahkan Urusan saat Berada Jauh dari Keluarga

Bebas rasa khawatir meski hidup tanpa orang terkasih

Hidup bersama keluarga tercinta adalah sebuah anugerah yang terindah. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat nanti, kamu harus berpisah dengan mereka. Sebab, harus merantau dalam rangka menuntut ilmu atau urusan pekerjaan.

Menjalani hidup secara mandiri memang tidak mudah. Ada banyak adaptasi yang harus dilakukan agar bisa melakukan banyak aktivitas dengan lancar. Oleh karena itu, selalu ingat lima hal di bawah ini agar berbagai urusanmu bisa diselesaikan berjalan mudah walau jauh dari keluarga.

1. Punya keterampilan memasak

5 Hal yang Bantu Mudahkan Urusan saat Berada Jauh dari Keluargailustrasi seseorang yang sedang memasak (pexels.com/cottonbro)

Perlu dipahami, bahwa memasak adalah salah satu keterampilan dasar yang sebaiknya dimiliki oleh semua orang, tanpa memandang jenis kelamin. Ini akan menjadi bekal penting bila suatu saat berada jauh dari rumah atau keluarga.

Ketika mampu mengolah bahan makanan, terlepas dari bagaimana rasanya, kamu telah berhasil memenuhi satu kebutuhan utama manusia, yaitu makan. Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir kelaparan atau boros karena sering membeli makanan ketika di perantauan.

2. Pandai bersosialisasi

5 Hal yang Bantu Mudahkan Urusan saat Berada Jauh dari Keluargailustrasi bersalaman (pexels.com/Thirdman)

Jauh dari keluarga sering kali membuatmu jadi merasa kehilangan banyak hal. Biasanya ada keluarga yang menemani di kala senang maupun sedih, atau sahabat yang siap diajak berpetualang, kini mereka semua jauh.

Namun, kamu bisa mengobati segala perasaan sepi tersebut jika pandai bersosialisasi. Kamu tidak kesulitan untuk menjalin pertemanan dengan siapa saja, bahkan seperti mendapat keluarga baru.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dilakukan agar Gak Merasa Kesepian Saat di Perantauan

3. Terampil mengelola keuangan

5 Hal yang Bantu Mudahkan Urusan saat Berada Jauh dari Keluargailustrasi mengatur keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Berada di perantauan artinya kamu harus siap untuk menghidupi dirimu sendiri dengan baik dan benar. Salah satu yang harus dikuasai untuk bisa hidup layak adalah terampil mengelola keuangan.

Jika pandai mengatur uang, kamu akan memiliki kesadaran untuk menggunakan uang tersebut secara bijak. Dengan begini, kamu bisa lebih mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari tanpa perlu khawatir.

4. Kreativitas tinggi

5 Hal yang Bantu Mudahkan Urusan saat Berada Jauh dari Keluargailustrasi menanam microgreens (pexels.com/Mikhail Nilov)

Orang yang punya kreativitas tinggi biasanya lebih mudah untuk survive di mana pun mereka berada. Mereka punya banyak akal untuk keluar dari berbagai permasalahan hidup yang mendera.

Oleh karena itu, jadilah orang yang kreatif. Asah pikiranmu agar penuh dengan sumber inspirasi, sehingga bisa mudah dalam menghadapi tantangan sehari-hari meskipun jauh dari keluarga tercinta.

5. Kemampuan menjaga diri

5 Hal yang Bantu Mudahkan Urusan saat Berada Jauh dari Keluargailustrasi berlatih bela diri (pexels.com/Julia Larson)

Satu hal penting yang juga tidak boleh dilupakan agar tetap selamat meskipun berada jauh dari pandangan keluarga adalah dengan pandai menjaga diri. Jagalah kehormatanmu agar tidak terkena banyak masalah.

Selain itu, jagalah keselamatan diri di perantauan. Bila perlu, pelajarilah ilmu bela diri, setidaknya tingkat dasar, agar kamu bisa menghindari berbagai ancaman dari orang-orang yang berniat jahat. Dengan begini, kamu akan selamat dan tidak membuat khawatir keluarga di rumah.

Berada jauh dari keluarga memang bukan sesuatu yang mudah. Diperlukan keteguhan hati dan kemampuan bertahan hidup yang baik agar senantiasa merasa aman dan nyaman. Oleh sebab itu, terapkan berbagai tips di atas agar urusanmu menjadi lancar, sehingga bebas rasa khawatir meski tanpa keluarga yang mendampingi.

Baca Juga: 5 Tantangan Hidup Saat Berada di Perantauan, Pernah Merasakannya?

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya