Comscore Tracker

5 Hal yang Tidak Boleh Lupa Disyukuri dalam Hidup, Kamu Beruntung!

Sesulit apa pun, pasti ada hal kecil yang patut disyukuri

Sebagai manusia biasa, tentu punya sifat-sifat buruk dalam diri, salah satunya suka mengeluh. Biasanya, sifat ini muncul ketika merasa menghadapi sesuatu yang sulit atau pada saat membandingkan diri dengan pencapaian orang lain.

Memang, mengeluh itu boleh, asal tidak berlebihan hingga lupa bersyukur. Padahal, bisa jadi sebenarnya hidupmu baik-baik saja, tetapi karena kamu kurang tenang dalam menghadapi sesuatu, akhirnya seolah-olah segala hal menjadi terlihat rumit.

Nah, supaya rasa syukur tetap terpelihara, yuk, selalu ingat hal-hal berikut ini!

1. Keluarga yang sehat dan bahagia

5 Hal yang Tidak Boleh Lupa Disyukuri dalam Hidup, Kamu Beruntung!ilustrasi keluarga (pexels.com/RODNAE Productions)

Terkadang memang hidup yang dijalani tidak selalu baik. Konflik kecil dengan rekan kerja, masalah ekonomi, studi yang terhambat, apa pun itu bisa menurunkan semangat dan terkadang jadi mengurangi rasa syukur.

Meskipun keadaan terasa sangat sulit, tetapi selama masih punya keluarga yang sehat dan bahagia, rasanya beban pikiran bisa jauh berkurang. Melihat orang-orang tersayang tersenyum dan tertawa, serta memberi dukungan untukmu, itu sudah menjadi obat paling manjur untuk membangkitkan semangat dan memperbanyak rasa syukur.

2. Tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

5 Hal yang Tidak Boleh Lupa Disyukuri dalam Hidup, Kamu Beruntung!ilustrasi pasangan yang sedang berbelanja (pexels.com/Anna Tarazevich)

Tidak bisa dimungkiri bahwa definisi kebahagiaan bagi setiap orang memang berbeda. Ada yang bahagia ketika keluarga berkumpul, ada yang bahagia jika menjadi kaya, atau mungkin bisa bahagia hanya dengan bernostalgia dengan lagu favorit masa remaja.

Namun, apa pun yang telah kamu miliki sekarang adalah hal yang patut untuk direnungkan. Meskipun beberapa impian belum bisa direalisasikan, selama kebutuhan sehari-hari sudah bisa dipenuhi, maka jangan lupa untuk selalu mengucap syukur.

Baca Juga: Meski Keliru, 7 Cara Bersyukur ini Gak Sadar Masih Dilakukan

3. Tidak pusing memikirkan biaya pendidikan

5 Hal yang Tidak Boleh Lupa Disyukuri dalam Hidup, Kamu Beruntung!ilustrasi belajar (pexels.com/RODNAE Productions)

Belajar merupakan aktivitas yang berat. Meskipun bisa dibuat menyenangkan, tetapi ketika berhadapan dengan ilmu yang sulit, tentu otak akan bekerja keras dan tidak jarang harus mengulang-ulang membaca agar benar-benar paham. Proses belajar yang tidak sebentar ini tentu bisa menimbulkan rasa penat yang tidak jarang membuatmu ingin menyerah saja.

Namun, coba ingat lagi. Bisa menimba ilmu di sekolah atau universitas adalah sebuah nikmat yang tidak bisa dirasakan oleh setiap orang. Ketika orangtuamu mampu untuk membiayai pendidikanmu hingga jenjang tertinggi, maka kamu tidak boleh cepat menyerah dan harus selalu bersyukur.

Buat kamu yang saat ini sedang menempuh pendidikan, tetap semangat. Sesulit apa pun ujian yang sedang kamu jalani sekarang, pasti akan menemukan jalan keluar pada akhirnya. Terus berusaha, meski perlahan, maka suatu saat akan mencapai keberhasilan.

4. Punya tabungan yang cukup

5 Hal yang Tidak Boleh Lupa Disyukuri dalam Hidup, Kamu Beruntung!ilustrasi uang tunai (pexels.com/Karolina Grabowska)

Saat ini sedang marak orang pamer kekayaan dan gaya hidup mewah. Sebagai manusia biasa, kamu tentu pernah tergoda untuk membandingkan hidupmu dengan hidup mereka yang sepertinya sangat menyenangkan karena punya tabungan dalam jumlah besar.

Tenang saja, itu sifat manusiawi. Namun, jangan sampai kamu terlena dan lupa berterima kasih atas segala yang telah kamu miliki selama ini. Jika kamu masih punya tabungan dalam jumlah yang cukup, itu sudah bagus. Berusaha saja agar suatu hari nanti bisa menjadi lebih banyak.

5. Bebas dari jeratan utang

5 Hal yang Tidak Boleh Lupa Disyukuri dalam Hidup, Kamu Beruntung!ilustrasi mengatur keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Di luar sana, masih banyak orang yang kesulitan untuk bertahan hidup karena penghasilan yang rendah. Demi bisa tetap makan, mereka harus meminjam uang, bahkan tidak jarang jadi kesulitan membayar dan semakin menderita.

Kamu harus bersyukur jika ternyata kamu tidak memiliki utang sama sekali. Ini menandakan kamu masih mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mewujudkan impian dengan uang yang kamu miliki. Meski hidup sederhana, tetapi tidak punya tanggungan utang, bukankah itu sangat menyenangkan?

Setelah membaca hal-hal di atas, coba renungkan lagi, apakah benar hidupmu semenderita yang kamu bayangkan? Jika ternyata dugaanmu salah, yuk coba lebih sabar dan selalu bersyukur, serta hadapi sesuatu dengan kepala dingin agar hati menjadi lebih tenang.

Baca Juga: 5 Alasan yang Bikin Kamu Sulit Mencintai Diri Sendiri, Lupa Bersyukur

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya