Comscore Tracker

5 Kerugian yang Akan Didapat dari Gemar Bergosip, Awas Kena Batunya!

Lebih baik hindari sebelum membuatmu menyesal

Salah satu keburukan yang masih dilakukan banyak orang setiap kali ada kesempatan adalah bergosip. Lucunya, terkadang yang dijadikan bahan gosip adalah orang yang tidak betul-betul dikenal. Mereka hanya senang untuk membicarakan keburukan orang tanpa memikirkan kerugian yang akan muncul.

Sekilas, memang kegiatan yang satu ini layaknya ajang yang sangat seru untuk dilakoni. Namun, bila dipikirkan lebih cermat, ini tidak lebih dari tindakan sia-sia yang punya beragam dampak negatif. Oleh sebab itu, jauhi kegiatan nirfaedah ini karena berpotensi membawamu dalam kerugian sebagai berikut.

1. Menghabiskan waktu dengan percuma

5 Kerugian yang Akan Didapat dari Gemar Bergosip, Awas Kena Batunya!ilustrasi bergosip (pexels.com/Karolina Grabowska)

Saat berkumpul dengan teman, biasanya orang akan cenderung mengobrol dengan seru. Sayangnya, banyak di antara pembicaraan tersebut yang sebenarnya hanya berkutat seputar gosip tentang seseorang yang bahkan terkadang tidak dikenal dengan baik.

Sebenarnya, ini merupakan sebuah tindakan membuang-buang waktu. Lebih baik, kamu mengadakan diskusi tentang hal-hal bermanfaat dari pada hanya membicarakan sesuatu yang tidak bermanfaat dan justru akan menimbulkan kerugian.

2. Bisa menyebar fitnah

5 Kerugian yang Akan Didapat dari Gemar Bergosip, Awas Kena Batunya!ilustrasi bergosip (pexels.com/Keira Burton)

Kabar yang simpang siur seperti gosip adalah sesuatu yang rawan dibelokkan. Fakta yang sebenarnya bisa sangat berbeda dengan informasi yang beredar, sehingga tentu berpotensi menjadi fitnah.

Bila kesalahan berita tersebut meluas akibat kamu yang tidak bisa mengendalikan diri, ini berarti kamu telah berkontribusi dalam menyebar fitnah. Tindakanmu tersebut dapat memperkeruh suasana dan membuat segalanya jadi semakin parah.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Wajib Dihindari saat Menghadapi Teman yang sedang Berduka

3. Berpotensi berurusan dengan hukum

5 Kerugian yang Akan Didapat dari Gemar Bergosip, Awas Kena Batunya!ilustrasi bergosip (pexels.com/SHVETS Production)

Berkaitan dengan poin sebelumnya, bila ternyata gosip yang kamu bicarakan dengan teman-temanmu telah menjadi fitnah, ini bisa berbahaya. Orang yang merasa dirugikan bisa membawa kasus tersebut ke ranah hukum.

Jika sudah begini, tentu kamu juga akan kerepotan. Nama baikmu pun bisa rusak dan tentu mendapatkan beragam kerugian besar lainnya. Sungguh sangat mengerikan.

4. Kamu akan jadi bahan gosip selanjutnya

5 Kerugian yang Akan Didapat dari Gemar Bergosip, Awas Kena Batunya!ilustrasi seseorang yang dijadikan bahan gosip (pexels.com/cottonbro)

Merasa punya kuasa untuk bergosip tentang seseorang tidak menjamin dirimu akan aman. Coba pikirkan lagi, kalau kamu dan teman-teman dekatmu suka membicarakan orang, itu berarti mereka juga bisa menjadikanmu bahan gosip bila ada kesempatan.

Oleh sebab itu, sebaiknya hilangkan kegemaran merugikan tersebut. Cegahlah jangan sampai keburukan itu jadi bumerang yang membuatmu jadi “korban” selanjutnya.

5. Menunjukkan kamu bukan orang yang berkualitas

5 Kerugian yang Akan Didapat dari Gemar Bergosip, Awas Kena Batunya!ilustrasi bergosip (pexels.com/Tim Douglas)

Salah satu cara untuk mengetahui kualitas diri seseorang adalah dengan melihat isi pikirannya. Saat berkumpul dengan orang tersebut, lihat apa saja yang ia utarakan di depan publik. Kalau orang tersebut suka membicarakan hal-hal berbobot, sudah tentu dia punya kualitas yang tidak main-main.

Namun, bila sering mengajak bergosip setiap kali ada kesempatan mengobrol, rasanya kamu bisa menilai sendiri bagaimana kualitasnya. Selain punya pemikiran yang picik, orang seperti itu hanya akan mengacaukan suasana karena membuat risi.

Bergosip adalah tindakan buruk yang sebaiknya dibuang jauh-jauh. Jangan sampai memelihara kebiasaan ini karena suatu saat dapat menjerumuskanmu dalam penyesalan yang dalam. Yuk cari kegiatan yang lebih positif!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Sering Muncul saat Berkumpul dengan Teman

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya