Comscore Tracker

Ketika Berbuat Salah, Lakukan 5 Hal Ini supaya Tak Jadi Masalah

Jangan memilih jadi pengecut, ya!

Salah satu bentuk ketidaksempurnaan seorang manusia adalah tidak bisa lepas dari berbuat salah. Kesalahan ini bisa beragam, mulai dari yang kecil hingga yang cukup fatal dan berpotensi merugikan orang lain.

Namun, berbuat salah seharusnya bukan akhir dari segalanya, karena bila segera diatasi. Sebenarnya, situasi bisa diperbaiki atau setidaknya dicegah agar tidak lebih buruk.

Oleh sebab itu, ketika kamu berbuat salah, cobalah melakukan lima hal berikut ini supaya tak jadi masalah berkepanjangan. Dijamin masalah gak akan bertele-tele, deh!

1. Segera meminta maaf

Ketika Berbuat Salah, Lakukan 5 Hal Ini supaya Tak Jadi Masalahilustrasi meminta maaf (pexels.com/Liza Summer)

Sewajarnya orang yang telah berbuat salah, meminta maaf wajib untuk dilakukan. Ini merupakan sebuah bentuk penyesalan yang dalam atas perbuatan tidak menyenangkan dan menyakiti hati.

Oleh sebab itu, meminta maaflah dengan hati yang tulus. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar menyesal dan ingin mengembalikan situasi menjadi normal kembali. Ketika kamu sungguh-sungguh ingin memperbaiki segalanya, tentu orang tersebut akan tersentuh dan bersedia memberikan maaf.

2. Hindari playing victim

Ketika Berbuat Salah, Lakukan 5 Hal Ini supaya Tak Jadi Masalahilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/Budgeron Bach)

Ketika berbuat salah, hati nurani seseorang sebenarnya merasakan sesuatu yang tidak nyaman. Ada rasa takut yang tiba-tiba hadir dan terbesit keinginan untuk tidak mengakui kesalahan karena khawatir akan mendapatkan respons kurang menyenangkan.

Mereka yang pengecut akan memilih untuk playing victim dan mencari orang atau sesuatu yang lain untuk dijadikan kambing hitam, alih-alih menjadi pemberani dan mengaku salah. Ini merupakan perbuatan yang justru memperburuk keadaan.

Bila memang salah, akuilah. Jangan menghindar apalagi malah berperan seolah-olah kamu hanya korban. Kalau kamu berani meminta maaf, itu menunjukkan kualitas dirimu yang sesungguhnya.

3. Berlapang dada menerima kritikan

Ketika Berbuat Salah, Lakukan 5 Hal Ini supaya Tak Jadi Masalahilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/Alena Darmel)

Kesalahan yang kamu buat, baik disengaja maupun tidak, selalu berpotensi memicu rasa kesal atau sakit hati bagi orang yang menderita kerugian. Akibatnya, mereka berusaha untuk melampiaskan emosi negatif tersebut dengan cara menghujat atau mengkritikmu.

Memang menghujat bukanlah perbuatan yang baik, tetapi kamu tidak bisa mengendalikan tindakan orang lain. Bila ini terjadi kepadamu, ada baiknya berlapang dada untuk menerima kenyataan tersebut.

Selama apa yang dikatakannya tidak melampaui batas, kamu cukup pasrah saja karena bagaimana pun juga, kamu yang telah memicunya bertindak demikian.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Seseorang Takut Berbuat Kebaikan, Trauma Dikecewakan?

4. Segera introspeksi diri

Ketika Berbuat Salah, Lakukan 5 Hal Ini supaya Tak Jadi Masalahilustrasi seseorang yang sedang merenung (pexels.com/Ган-Эрдэнэ Булгантамир)

Kesalahan yang telah terjadi memang tidak bisa dihapus lagi. Kamu juga tidak mungkin meminta mereka yang telah dirugikan untuk melupakan apa yang sudah menimpanya.

Namun, jangan jadikan ini sebagai penghambat untuk melanjutkan hidup. Segeralah introspeksi diri, cari tahu mengapa kamu sampai bisa melakukan kesalahan tersebut. Pastikan betul penyebabnya dan ingat selalu, sehingga kamu tidak akan mengulanginya lagi di masa yang akan datang.

5. Lebih berhati-hati dalam bertindak

Ketika Berbuat Salah, Lakukan 5 Hal Ini supaya Tak Jadi Masalahilustrasi orang yang sedang bekerja (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Namun, pada beberapa kesempatan, sebenarnya kamu berpotensi untuk mengendalikan situasi tertentu, sehingga munculnya kesalahan bisa dihindari.

Oleh sebab itu, selalu berhati-hati adalah sebuah kewajiban. Berusahalah agar tidak mengulangi kesalahan, sehingga tidak ada lagi yang dirugikan. Kalau berhasil, hidup akan menjadi lebih tenang dan damai.

Membuat kesalahan adalah bagian dari kehidupan setiap manusia. Namun, segera atasi dengan langkah-langkah yang tepat agar tidak semakin parah. Teruslah berbenah diri dan bertindaklah lebih hati-hati, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Berpikir Benar tentang Permasalahan yang Dihadapi

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya